Kehilangan Sosok Dermawan Habib Hasan Mulachela, Inilah Keutamaan dari Sifat Dermawan!

0
53

Habib Hasan Mulachela – Berita duka datang dari sosok dermawan Solo yakni Habib Hasan Mulachela. Beliau dikabarkan meninggal pada hari Jumat pagi tanggal 12 Maret 2021 di Jakarta. Kabar duka ini disampaikan langsung oleh putri Almarhum. Hal ini tentunya menjadi salah satu kabar yang amat menyedihkan baik bagi keluarga atau pun orang terdekat.

Sikap dermawan yang dimiliki Habib Hasan Mulachela senantiasa mengakar dalam ingatan setiap orang yang mengenalnya. Beliau kerap kali memberikan sembako atau pun uang kepada warga yang membutuhkan. Kepergiannya tentu menjadi berita duka yang amat mendalam.

Kedermawanan merupakan salah satu sifat terpuji yang hendaknya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini merupakan salah satu sikap yang diajarkan dalam Islam. Lantas, sikap dermawan tidak hanya sekedar membantu orang lain, melainkan banyak keutamaan lainnya yang bisa didapatkan.

Keutamaan Sifat Dermawan

Sobat Cahaya Islam, menanamkan sifat dermawan dalam diri adalah suatu keharusan. Hal ini hendaknya diajarkan sedini mungkin, mulai masih kanak-kanak. Seorang muslim yang dermawan akan dicintai oleh Allah SWT. Banyak keutamaan lainnya yang bisa didapatkan. Di antara keutamaan tersebut yakni sebagai berikut:

1. Lebih Dekat dengan Allah SWT

Keutamaan yang bisa diraih dengan bersikap dermawan yakni akan lebih dekat dengan Allah SWT. Selain itu, lebih dekat dengan syurga-Nya begitu pun lebih dekat dengan sesama. Hal ini dijelaskan dalam salah satu hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi. Maka dari itu, menanamkan sikap dermawan dalam kehidupan sehari-hari amatlah penting.

2. Pemadam Dosa

Sikap dermawan mampu menjadi pemadam Dosa, bak air yang memadamkan api. Sebaliknya, sikap hasad amatlah buruk, bak api yang membakar kayu. Setiap manusia tidak luput dari dosa, untuk memadamkannya, maka cobalah dengan banyak melakukan kedermawanan. Namun, hal ini senantiasa dibarengi dengan ketulusan dan keikhlasan.

3. Hartanya Akan Dilipatgandakan

Selanjutnya, siapa saja yang bersifat dermawan, maka akan dilipatgandakan hartanya. Hal ini bukanlah janji buaian semata. Hal ini merupakan janji Allah SWT yang termaktub dalam ayat suci Al-Qur’an yakni dalam ayat berikut:

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

 “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki), dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Baqarah: 245)”

4. Menjadikan Hati Lebih Bahagia dan Damai

Tanpa dipungkiri, membantu sesama bisa mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi pelaku dermawan. Rasa bahagia dan damai adalah hal yang amat didambakan setiap orang. Hal ini bisa didapatkan dengan menerapkan sikap dermawan dalam kehidupan. Mulailah dengan hal kecil yakni memberi dengan semampunya dan yang paling penting harus disertai keikhlasan.

5. Menyadari Betapa Pentingnya Bersyukur

Membantu sesama yang sedang membutuhkan akan meningkatkan kesadaran, betapa pentingnya untuk bersyukur kepada Allah SWT. Setiap nikmat baik kesehatan, hingga materi yang Allah SWT berikan, tidak semua orang bisa merasakannya. Hal ini akan menjadi pengingat betapa besarnya nikmat yang telah Allah SWT berikan.

Sifat dermawan menjadi salah satu hal yang amat penting diterapkan dalam kehidupan. Hal ini bisa memberikan beragam keutamaan, seperti yang telah disebutkan di atas. Selain itu, perilaku dermawan sebagaimana yang dilakukan Habib Hasan Mulachela bisa menjadi inspirasi positif bagi setiap orang.

Sobat Cahaya Islam, itulah ulasan singkat terkait keutamaan dari sifat dermawan. Semoga senantiasa diberikan hidayah serta keistiqomahan untuk menebar kebaikan dalam kehidupan dunia yang tidak abadi ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY