Joseph Paul Menistakan Agama Islam! Simak Faktor Penyebab Islam Dinistakan

0
36
joseph paul

Joseph Paul Menistakan Agama Islam!

Joseph Paul Beberapa tahun belakangan, kaum muslimin dibuat geram terdapat penistaan terhadap agama Islam seperti yang dilakukan Joseph Paul. Tindakannya melalui video yang tersebar banyak di media mengaku bahwasannya dia adalah Nabi ke -26. Tentu saja hal ini tidak dibenarkan. Hingga sampai saat ini, kasusnya masih diproses secara hukum.

Sobat Cahaya Islam, menistakan agama adalah hak yang dilarang dalam Islam seperti apa yang dilakukan oleh Joseph Paul Zhang. Tentu, hal ini akan menjadikan umat Islam marah karena ada unsur penghinaan terhadap kenabian terakhir Rasulullah SAW. Bahkan hal ini juga dapat menjadi sumber perpecahan antar bangsa. Tindakan tegas para aparat hukum diminta untuk lebih ketat lagi.

Apa yang Menyebabkan terjadinya Penistaan Agama yang dilakukan Joseph Paul Zhang?

Tidak diklarifikasi secara pasti apa tindakan Joseph Paul untuk menistakan agama Islam. Bisa jadi terdapat ketidaktahuan sama sekali terkait agama Islam dan kenabian Rasulullah SAW. Hal yang sangat disayangkan memang. Justeu di era kecanggihan teknologi seperti ini, masih ada orang yang belum mengetahui keistimewaan Islam.

Namun, posisi sebagai seorang youtubernya juga meragukan jika tidak tahu. Walaupun konten youtubenya sangat biasa sekali, tentu dibutuhkan informasi yang melandasinya bukan? Karena suatu channel seperti YouTube akan sangat tak berfaedah jika tak berisikan informasi.

Faktor Penyebab Penistaan Agama Oleh Joseph Paul

Joseph Paul Zhang merupakan salah satu dari sekian orang yang melakukan penistaan terhadap agama Islam. Tak dipungkiri memang, keberadaan teknologi yang kering sekarang dapat dengan mudah menginformasikan hal baik maupun buruk. [Norrahma 1] 

Namun, seharusnya pemanfaatan teknologi ini juga perlu digunakan dalam ranah agama. Indonesia sendiri adalah negara hukum dan hal berbau SARA akan dilanjuti. Hanya saja hal tersebut belum menjadi peraturan yang mengakar bagi warga negara Indonesia.

Apa Saja Faktornya?

Maraknya penistaan agama tentu diakibatkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa faktor yang mendukung pesatnya penistaan agama!

1. Pemahaman Sesat

Adanya kesesatan dalam memaknai sebuah agama dapat menjadi pemicu penistaan agama Islam terjadi. Khazanah Islam yang teramat luas dijadikan sebuah alasan jika terdapat salah kata dalam penyampaian. Alih – alih meminta maaf, justru malah mengkambinghitamkan ajaranNya bukan? Tentu hal ini tidak dibenarkan.

Sebab Indonesia negara hukum, kasus demikian bisa saja dilaporkan ke pihak berwajib. Hanya saja terkadang, kasus ini dibiarkan berlalu begitu saja oleh masyarakat bahkan acuh. Padahal pembiaran seperti ini justru memicu keberanian para penista untuk melakukan lagi.

2. Kurangnya Persatuan

Selain pemahaman yang sehat, tak adanya persatuan antar umat beragama menjadikan mereka saling tuduh menuduh. Jangankan umat beragama, sesama muslim saja terkadang suka berseteru. Fakta seperti ini sering ditemui bukan? Maka dari itu, perlu adanya urgensitas untuk menanamkan rasa persatuan diri.

Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan Allah dalam firmanNya yakni :

وَإِنَّ هَذِهِ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَأَنَا رَبُّكُمْ فَاتَّقُونِ

“Sesungguhnya agama ini adalah agama yang satu, dan Aku adalah Tuhanmu, maka bertakwalah kepada-Ku.” (QS. Al Mu’minun: 52

Perbedaan adalah hal yang wajar. Namun, di dalam Islam ada batasan yang harus dijaga dalam melihat perbedaan. Jika penistaan tersebut masih ditoleransi, makan akan sangat fatal akibatnya.

Nah Sobat Cahaya Islam, itu tadi beberapa faktor yang memungkinkan menjadi penyebab kasus seperti Joseph Paul terus bergulir. Diperlukan sinergitas antar tokoh agama dan aparat penegak hukum.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY