Mulai Sekarang Jangan Remehkan Kebaikan Sekecil Apapun

0
45
jangan remehkan kebaikan sekecil apapun

Jangan remehkan kebaikan sekecil apapun – Sobat Cahaya Islam, jangan remehkan kebaikan sekecil apapun walaupun kebanyakan orang melakukannya. Mereka menganggap sesuatu yang kecil tidak memiliki makna dan manfaat yang besar. Sehingga seringkali sebagian muslim hanya fokus pada kebaikan-kebaikan yang besar dan cenderung abai pada kebaikan-kebaikan yang kecil.

Namun sebenarnya Allah ‘Azza wa Jalla tidaklah demikian. Bagi-Nya setiap kebaikan, kecil ataupun besar, memiliki nilai dan bahkan Allah berikan pahala.

Bagaimana Islam Memandang Kebaikan Kecil?

Salah satu keindahan Islam adalah tidak meremehkan setiap perbuatan baik walaupun kecil. Adapun dalil-dalilnya adalah:

1. Surat Az-Zalzalah ayat 7

Allah Ta’ala berfirman mengenai pahala bagi setiap kebaikan walaupun sangat kecil dalam ayat berikut, “Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan sebesar zarrah niscaya dia akan melihat (balasan)-nya.”

Menurut Ibnu Katsir, makna zarrah adalah semut yang paling kecil. Setiap amal kebaikan yang hanya seberat semut yang terkecil sekalipun, pasti akan ada balasan pahalanya.

2. Hadits tentang jangan remehkan kebaikan sekecil apapun

Sebuah hadits menyampaikan, “Janganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun hanya berbicara dengan saudaramu sambil tersenyum kepadanya. Sesungguhnya hal itu adalah bagian dari amal kebaikan.” (HR Abu Dawud no. 4084 dan At-Tirmidzi no. 2722)

jangan remehkan kebaikan sekecil apapun

3. Hadits tentang jangan meremehkan pemberian tetangga

Rasulullah saw bersabda kepada para shahabiyah, “Wahai wanita muslimah, janganlah meremehkan pemberian tetangganya walaupun hanya kaki kambing.” (HR Bukhari no. 2566 dan Muslim no. 1030)

Jangan Remehkan Kebaikan Sekecil Apapun, Bisa Jadi Ada Hikmah yang Besar Bersamanya

Sobat Cahaya Islam, meremehkan kebaikan kecil bisa jadi akan mendatangkan banyak kerugian dalam hidup di dunia maupun akhirat. Sesungguhnya kebaikan-kebaikan yang tampak kecil dan remeh menyimpan kemaslahatan dan hikmah yang besar di baliknya.

Di dalam setiap kebaikan terkandung hikmah yang besar, termasuk dalam kebaikan-kebaikan kecil yang dipandang remeh oleh manusia. Apa saja hikmah dari amal kebaikan kecil? Silakan Sobat simak uraian berikut ini:

1.     Kebaikan kecil memiliki manfaat yang luas

Salah satu contoh dari amal kecil yang bermanfaat besar adalah menyingkirkan gangguan dari jalan. Setiap harinya banyak sekali orang yang lalu-lalang di jalan-jalan. Jika ada sedikit saja gangguan seperti bocoran oli, paku, atau sekadar pohon yang menghalangi pandangan, dapat mengganggu pengguna jalan dan menyebabkan kecelakaan.

jangan remehkan kebaikan sekecil apapun

Bahkan amalan yang sangat remeh seperti membantu anak kecil menyeberang jalan bisa menyelamatkan umat. Bisa saja anak tersebut setelah dewasa menjadi pemimpin yang membawa kemaslahatan besar bagi umat Islam.

2.     Pahala yang terus mengalir

Dengan demikian, tidaklah aneh jika sebuah amalan kecil bisa menjadikan pelakunya menikmati berbagai pahala yang tak putus-putus di akhirat nanti. Amalan kecil tersebut ternyata memiliki manfaat yang besar, luas, dan berkelanjutan.

3.     Kunci kebaikan yang lebih besar

Membiasakan diri dengan amal kebaikan kecil dan ringan dapat melatih jiwa agar mampu mengemban amanah-amanah besar. Tanpa pernah memulainya dari amalan kecil, seseorang tidak akan memiliki kapabilitas untuk menangani perkara-perkara besar dan rumit.

Demikian, Sobat Cahaya Islam, setiap amalan memiliki potensi untuk memiliki nilai yang besar. Apa yang tampak remeh dan sepele, bisa jadi sebenarnya membawa manfaat dan hikmah yang besar dalam kehidupan. Karenanya jangan remehkan kebaikan sekecil apapun. Sesungguhnya tak ada seorang pun yang tahu amalan mana yang akan membawa pelakunya memasuki Jannah-Nya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY