Isabella Guzman Bunuh Ibu Kandungnya, Apa Saja Perilaku Durhaka Lainnya Dalam Islam?

0
35

Isabella Guzman – Viral di berbagai media massa, Isabella Guzman membunuh ibu kandungnya sendiri dengan menusuk sang ibu sebanyak 151 kali di bagian wajah dan leher. Namun setelah membunuh ibunya, Isabella Guzman justru tidak dipenjara dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa dikarenakan gangguan kejiwaan.

Sobat cahaya islam, islam mengajarkan kita untuk berbakti kepada orang tua kita terutama ibu. Ibulah yang telah mengandung kita selama Sembilan bulan, melahirkan dan menyapih, hingga kita dewasa seperti sekarang ini. Semua tak lepas dari peran ibu dalam hidup kita.

Perilaku Durhaka Kepada Orang Tua Seperti Yang Dilakukan Isabella Guzman

Ibu dan Bapak adalah orang yang paling berbahagia dan bersyukur kepada Allah ketika kita terlahir ke dunia ini. Dari kerja keras dan semua pengorbanan meraka kita dapat hidup sampai sekarang ini. Oleh karena itu, Allah melarang kita untuk menyakiti orang tua kita. Hal tersebut seperti ayat dibawah ini yang berbunyi:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Artinya: Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia (Q.S. Al-Isra’: 23).

Ada beberapa bentuk sikap durhaka kepada ayah dan ibu, diantaranya:

  1. Membuat Orang Tua Menangis Sedih

Salah satunya seperti kita tidak mengakuinya sebagai orang tua di hadapan teman-teman kita disebabkan orang tua kita yang miskin. Selain itu, kita juga memaksa untuk di berikan sesuatu yang diluar kemampuan orang tua kita. Tentu saja hal tersebut akan membuat orang tua kita menangis sedih walapun mungkin tanpa kita sadari.

  1. Membentak Orang Tua Dengan Nada Yang Keras dan Menyakitkan

Nah, ini pasti pernah kita lakukan entah kita sadari atau tidak. Salah satu contohnya adalah “ ibu!!! Kok kita makannya ikan asin melulu, sih?!!! Bosan tahu!!!”. Kata-kata kita ini dapat menyinggung perasaan orang tua kita yang sudah lelah seharian bekerja keras untuk kita. Cobalah untuk bersyukur dan berpikir positif. Mungkin, hasil dari gaji bapak atau ibu hanya cukup untuk membeli beras dan ikan asin saja.

  1. Memasang Wajah Masam Di Depan Orang Tua

Kebanyakan dari kita biasanya memasang wajah ceria dan bahagia hanya di depan orang lain saja. Akan tetapi, ketika pulang ke rumah sikap dan perilaku kita menjadi kasar dan buruk di hadapan orang tua dan saudara kandung kita.

  1. Menjadikan Orang Tua Di Rumah Seperti Pembantu.

Ini sangat sering terjadi ketika seorang anak justru sudah sukses dan banyak bergaul dengan teman-temannya. Contohnya,” Bu.., tolong urus anakku ya. Aku harus masuk kerja sekarang. Jangan lupa nanti bersih-bersih rumah dan masak karena suamiku sebentar lagi pulang dari tugas dinasnya di luar kota”.

Mungkin didepan kita, ibu akan tersenyum dan mengiyakannya saja. Akan tetapi, siapa tahu ibu kita sebenarnya sangat ingin mengikuti pengajian di masjid bersama para tetangganya atau sekadar ingin meluangkan waktunya untuk mnghafal al-Quran.

  1. Tidak Mau Membantu Meringankan Pekerjaan Orang Tua

Salah satunya, ketika kita disuruh menyapu halaman misalnya. Sering kali kita merasa terbebani dan terkadang dengan berat hati kita lakukan. Padahal, jika kita ikhlas melakukannya, kita akan mendapatkan pahala. Dikarenakan hal tersebut termasuk berbakti kepada orangtua.

Itulah perilaku durhaka seperti yang dilakukan Isabella Guzman. Semoga kita menjadi anak yang berbakti kepada orang tua. Agar kita bisa masuk kedalam surga-Nya. Amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!