Camat Kelapa Gading Meninggal Karena COVID 19, Ini Ganjaran Bagi Orang yang Mati Syahid

0
31

Camat Kelapa Gading – M. Hermawan yang menjabat menjadi camat kelapa gading akhirnya harus menghembuskan nafas terakhirnya di RSPI Sulianto Santoso. Beliau meninggal pada sabtu kemarin pada pukul 11.50 pagi. Meninggalnya camat kelapa gading dikarenakan terkena virus corona atau yang biasa dipanggil COVID 19.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kepada kita tentang indahnya mati syahid. Ketika seseorang mati syahid, dia akan langsung masuk surga. Mengapa? Karena itulah yang telah dijanjikan Allah kepada mereka yang mati syahid.

Hal tersebut sebagaimana ayat yang berbunyi:

فَرِحِينَ بِمَآ ءَاتَىٰهُمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ وَيَسْتَبْشِرُونَ بِٱلَّذِينَ لَمْ يَلْحَقُوا۟ بِهِم مِّنْ خَلْفِهِمْ أَلَّا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Artinya: Mereka dalam keadaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikan-Nya kepada mereka, dan mereka bergirang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal di belakang yang belum menyusul mereka, bahwa tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati (Q. S. Ali Imran: 170).

Adapun orang-orang yang mati syahid diantaranya adalah berperang di jalan Allah, orang yang meninggal ketika menuntut ilmu, ibu yang meninggal setelah meninggal, serta orang yang meninggal karena sakit. Lalu, apakah seseorang yang meninggal karena terkena virus corona dapat dikategorikan sebagai orang yang mati syahid?

Ganjaran Bagi Orang yang Mati Syahid Seperti Camat Kelapa Gading

Sungguh beruntung orang-orang yang mati syahid. Hal itu dikarenakan mereka mendapatkan keutamaan dan kemuliaan yang besar dari Allah. Mati syahid merupakan cita-cita orang islam. Mengapa? Karena orang-orang yang mati syahid bisa masuk surga tanpa adanya hisab di hari peradilan nantinya.

Ada tiga jenis mati syahid dalam islam, diantaranya adalah:

  1. Mati Syahid Di Dunia Saja

Terjadinya mati syahid jenis ini pada seseorang dikarenakan ketika seseorang berperang di jalan Allah misalnya, dia hanya menginginkan ghanimah (harta rampasan perang). Oleh sebab niatnya tersebut, apabila dia meninggal dalam peperangan maka dia hanya syahid di dunianya saja. Artinya dia tidak mati syahid di akhirat.

  1. Mati Syahid yang Hanya Dihitung Di Akhirat

Mati syahid jenis ini terjadi pada seseorang yang matinya dikarenakan tenggelam di lautan dan kecelakaan. Dia tidak memiliki niat untuk membunuh dirinya sama sekali. Dia berusaha menolong dirinya sendiri juga tidak mampu. Sehingga dimasukkan sebagai syahid.

  1. Mati Syahid Di Dunia dan Di Akhirat

Orang yang meninggal dengan jenis mati syahid seperti ini, dia adalah orang yang sungguh-sungguh dalam membela agama Allah. Sehingga ketika dia meninggal dalam keadaan membela agama-Nya, maka dia dikategorikan orang yang mati syahid di dunia dan ahirat.

Lalu, apakah meninggal dikarenakan COVID 19 dapat dikategorikan sebagai mati syahid? Hal tersebut tergantung pada alasan mengapa orang tersebut tidak mematuhi pemerintah untuk tetap di dalam rumah saja mengingat situasi dan kondisi saat ini tidak memungkinkan untuk berada di luar.

Pertama, jika orang tersebut tertular virus dan meninggal karena dia harus melayani masyarakat atau harus keluar untuk melihat bagaimana kondisi mayarakatnya, dia mati syahid. Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh camat kelapa gading yang harus melayani masyarakat meskipun sedang ada virus corona.

Kedua, dia harus bekerja demi kehidupan keluarganya. Apabila dia terkena virus corona dan meninggal, dia mati syahid. Dikarenakan dia bekerja agar keluarganya makan dari rezeki yang halal, bukan rezeki yang haram.

Ketiga, dia keluar bersama teman-temannya untuk jalan-jalan rekreasi keluar kota. Nah.., orang yang seperti ini jika meninggal karena virus corona, maka bukan mati syahid yang dia dapatkan tetapi mati sangit. Mengapa mati sangit? Hal tersebut dikarenakan dia mendatangkan bahaya untuk dirinya sendiri dan orang lain walaupun dia sudah mengetahui apa akibat dari perbuatannya.

Adapun ganjaran bagi orang-orang yang mati syahid, diantaranya adalah:

  1. Dia bisa memberi syafaat bagi 70 anggota keluarganya
  2. Masuk ke dalam surga tanpa adanya hisab
  3. Mendapatkan ampunan dari Allah atas dosa-dosanya selama di dunia
  4. Tidak diberi azab kubur

Itulah ganjaran bagi orang yang mati syahid seperti camat kelapa gading. Semoga kita kelak juga mendapatkan mati syahid meskipun bukan karena tertular oleh COVID 19. Amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!