Irene Sukandar Ambisi Kalahkan Kakak, Sifat Ambisi Bolehkah Dalam Islam?

0
119
Irene Sukandar Ambisi 1

Irene Sukandar ambisi – Irene Sukandar merupakan nama yang sudah tidak asing lagi di dunia catur Indonesia. Ia adalah pemain catur pertama Indonesia yang mendapatkan gelar Grand Master Nasional Wanita Indonesia. Dalam wawancaranya, Irene menceritakan tentang perjalanan kariernya yang dimulai sejak usia 7 tahun. Fakta menarik yang diungkapkannya adalah sejak kecil Irene dan kakak laki-lakinya sudah dikenalkan dengan banyak jenis olahraga oleh sang ayah.

Irene Sukandar Ambisi 1

Ayah Irene sendiri merupakan seorang atlet juga. Akibat dikenalkan berbagai olahraga oleh sang ayah, permainan olahraga catur menjadi sangat akrab dengan Irene dan kakaknya. Hal ini juga sempat membuat Irene berambisi untuk mengalahkan sang kakak dalam permainan catur. Namun karena bakat Irene yang semakin terasah membuat progresnya berkembang dengan cepat. Sifat ambisi sendiri lebih kepada keinginan yang menggebu-nggebu untuk mencapai sesuatu.

Irene Sukandar Ambisi Kalahkan Kakak, Sifat Ambisi Bolehkah Dalam Islam? Ini Penjelasannya

Irene Sukandar Ambisi 2

Irene Sukandar ambisi untuk kalahkan kakak dalam permainan catur. Hal ini membuat Irene akhirnya memiliki progres yang cepat. Sampai akhirnya saat ini menjadi unggul dalam dunia catur Indonesia. Sobat CahayaIslam, setiap orang tentu saja memiliki sifat ambisi akan suatu hal. Namun seringkali ambisi yang berlebihan bisa menjerumuskan kita pada hal-hal yang kurang baik. Ini karena ambisius mendorong kita untuk harus mendapatkan apa yang kita inginkan.

Kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa, dan kamu tidak akan dianiaya sedikitpun.

Dalam pandangan islam sendiri, tidak ada anjuran ataupun larangan terhadap sifat ambisius itu sendiri. Namun tentu saja, memiliki ambisi juga harus dalam batas yang benar. Jangan sampai ambisi akan sesuatu membuat kita menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya. Padahal jika sifat ambisi dikelola dengan benar, maka ini bisa menjadi suatu sikap yang positif lho sobat CahayaIslam. Yuk ketahui sifat ambisi seperti apa yang positif menurut pandangan islam.

Ambisi Yang Mendorong Motivasi Diri

Irene Sukandar Ambisi 3

Sifat ambisi bisa memberikan dampak yang positif, jika dikelola dengan baik dan benar tentu saja. Karena dalam islam, menginginkan sesuatu secara berlebihan juga sifat yang tidak dianjurkan. Maka dari itu, ambisius terhadap sesuatu sebaiknya dijadikan sebagai sesuatu untuk memotivasi diri. Ketika menginginkan sesuatu atau berusaha mencapai sesuatu, maka jadikan hal tersebut motivasi untuk berikhtiar.

Ambisi Terhadap Suatu Kebaikan

Sifat ambisi bisa menjadi sesuatu yang positif jika ini dialihkan pada hal-hal yang positif juga. Ambisius tentu saja diperbolehkan jika untuk suatu kebaikan. Dengan kata lain, menginginkan suatu hal yang baik atau mencapai suatu kebaikan. Dalam islam sendiri, kita diajarkan untuk melakukan hal-hal yang baik dan memperbanyak kebaikan. Itu sebabnya, memiliki ambisi akan suatu kebaikan tentu dianjurkan.

Irene Sukandar ambisi – untuk mengalahkan sang kakak. Hingga akhirnya kini ia justru telah mendapatkan gelar di dunia catur Indonesia. Tentu saja ini merupakan suatu contoh, dimana ambisi yang memberikan motivasi diri bisa menghasilkan suatu pencapaian yang positif.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa’ Ayat 77

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY