Ketahui Niat Sholat Witir dan Manfaatnya

0
546
niat sholat witir

Niat Sholat Witir – Menjelang bulan puasa, tak ada salahnya menambah pahala dengan sholat sunah sepertis shalat witir. Jika Sobat Cahaya Islam ingin mendapat pahala dengan sholat sunnah tersebut, maka penting untuk mengetahui niat sholat witir.

Dengan niat sholat yang benar, maka pahala akan terus mengalir tak akan berhenti. Bukan itu saja, Sobat Cahaya Islam pun semakin dekat dengan Allah dan termasuk muslim yang taat.

Bacaan Niat Sholat Witir

Sebagai informasi, sholat witir adalah sholat sunah yang bisa umat islam lakukan sesudah sholat tarawih. Para kaum muslimin bisa melaksanakan shplat witir di malam hari tepatnya antara sholat isya sampai subuh.

Biasanya umat islam melaksanakan sholat witir sesudah sholat malam seperti sholat tarawih dan sholat tahajud. Para umat islam bisa melaksanakan sholat witir dengan jumlah rakaat ganjil mulai dari satu, tiga, lima rakaat, dan seterusnya.

Oleh sebab itulah, penting bagi para umat islam melaksanakan sholat witir terutama di malam bulan suci Ramadhan. Setelah itu, rutin dan konsistenlah dalam melaksanakan sholat witir setelah bulan Ramadhan agar senantiasa mendapatkan pahala berlimpah di sisi Allah SWT.

Untuk bacaan niat sholat witir, silahkan Sobat Cahaya Islam simak di  bawah ini:

Usholli sunnatan minal witri rak’atan mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

Artinya:

“Aku niat shalat sunnah witir satu rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah ta’ala.”

Ibadah Sholat Witir Penting dalam Islam

Dengan membaca niat sholat witir, maka Sobat Cahaya Islam akan memantapkan hati untuk melaksanakan ibadah tersebut. Apalagi, sholat witir memiliki banyak keutamaan tersenddiri bagi orang yang melaksanakan ibadah itu.

Sebagai informasi, sebenarnya sholat witir bertujuan agar bisa mengimbangi ibadah sholat maghrib. Apabila holat siang itu penutupnya adalah sholat maghrib dengan rakaat ganjil, maka akhiran bagi sholat malam yaitu sholat sunnah witir.

Kedua sholat itu sama-sama ganjil, yang membedakan yaitu sholat siang adalah Maghrib yang hukumnya wajib, sedangkan sholat witir hukumnya sunnah.

Karena itulah, sholat witir sebenarnya merupakan ibadah yang penting. Bahkan para ulama terdahulu hampir tak ada yang meninggalkan ibadah sholat witir.

Manfaat Menjalankan Ibadah Sholat Witir

Sobat Cahaya Islam, cukup banyak manfaat dari orang yang melaksanakan ibadah sholat witir. Apalagi ini merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW yang akan mendatangkan fahillah sangat banyak.

Beberapa manfaat dari ibadah sholat witir antara lain:

1.      Penyempurna Ibadah Sholat Malam

Manfaat dari ibadah sholat witir yang pertama yaitu penyempurna sholat malam. Sholat witir juga dikenal sebagai penutup dari ibadah sholat malam.

Di samping itu, baik juga untuk melaksanakan sholat witir sebelum tirur atau sesudah bangun tidur. Tanpa melaksanakan shlolat witir, maka tak sempurna sholat malam ataupun qiyamul lail seorang manusia.

Ini tertuang dalam sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

اِجْعَلُوْا آخِرَ صَلاَتِكُم ْباِللّيْلِ وِتْرًا

“Jadikanlah akhir shalat kalian di malam hari dengan shalat witir.” (HR. Bukhari 998 dan Muslim 749).

2.      Amalan Bagi Para Ahli Al Quran

Ahli Al Quran dari kalangan sahabat nabi yaitu mereka yang menghafal Al Quran dan berkomitmen untuk mengamailkannya. Karena itulah bagi Sobat Cahaya Islam yang ingin termasuk ke dalam golongan tersebut bisa menyempurnakan amalan dengan melaksanakan sholat witir.

Hal ini tertuang dalam HR Abu Dawud Nomor 1416 yang berbunyi:

“Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan shalat Witir, maka shalat Witirlah, wahai para ahli al-Qur-an.”

3.      Dicintai Allah SWT

niat sholat witir

Allah sangat suka dengan yang ganjil karena Allah ialah satu seperti rakaat sholat witir. Sebagai informasi, sholat witir adalah ibadah yang Allah SWT cintai, seperti dalam hadist yang berbunyi:

يَا أَهْلَ الْقُرْآنِ أَوْتِرُوْا فَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ

“Wahai Ahlul Qur’an, shalat Witirlah kalian karena sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla itu witir (Maha Esa) dan mencintai orang-orang yang melakukan shalat Witir.”

Diriwayatkan oleh an-Nasa-i (III/228-229), at-Tirmidzi (no. 453)

Itulah informasi tentang niat sholat witir dan keutamaannya bagi Sobat Cahaya Islam yang rutin menjalankannya. Karena itu, konsistenlah terhadap sholat witir supaya mendapatkan semua keutamaan tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY