Imam Membaca Ayat Sajdah, Apa yang Harus Makmum Lakukan?

0
366
Imam-Membaca-Ayat-Sajdah

Imam Membaca Ayat Sajdah – Dalam Al-Qur’an, ada beberapa ayat sajdah. Jika seseorang membacanya, maka sunnah untuk melakukan sujud tilawah, baik bagi yang membaca maupun yang mendengarnya. Tapi, bagaimana jika yang membaca ayat sajdah itu adalah seorang imam yang sedang memimpin shalat berjamaah? Apakah tetap harus melakukan sujud tilawah?

Kesunnahan Membaca Ayat Sajdah

Ketika shalat berjamaah, seorang imam boleh membaca ayat sajdah. Salah satu waktu yang disunnahkan untuk melakukannya adalah ketika shalat subuh di hari Jum’at. Pasalnya, ini termasuk salah satu kebiasaan Rasulullah ketika mengimami shalat sebagaimana hadits dari Abu Hurairah berikut ini:

كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ يَقْرَأُ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ يَوْمَ الْجُمْعَةِ: الم تَنْزِيلُ السَّجْدَةَ، وهَلْ أَتَى عَلَى الْإِنْسَانِ

“Rasulullah membaca ‘Alif lam mim tanzil surat As-Sajdah (rakaat pertama) dan ‘Hal ata ‘alal insani (Surat Al-Insan, rakaat kedua).” (1)

Dalam kitab Hasyiyatul Baijuri, Syekh Ibrahim Al-Bajuri menjelaskan bahwa sunnah membaca ayat sajdah di waktu subuh hari Jumat karena termasuk waktu yang dianjurkan untuk memperbanyak sujud kepada Allah.

Jika Imam Membaca Ayat Sajdah, Apakah Makmum Harus Sujud Tilawah?

Jika seseorang yang sedang shalat sendirian membaca ayat sajdah, mungkin tidak jadi masalah karena ia bisa melakukan sujud tilawah dengan leluasa. Tapi, bagaimana jika itu terjadi saat shalat berjamaah? Dalam shalat, imam boleh membaca ayat apa saja dalam Al-Qur’an, termasuk ayat sajdah.

Jika setelah membaca ayat-ayat sajdah kemudian imam melakukan sujud tilawah, maka makmum harus mengikutinya. Pasalnya, makmum harus mengikuti imam, termasuk dalam perkara sunnah. Jika tidak, maka batal shalatnya makmum.

Begitu juga sebaliknya, jika seorang imam tidak melakukan sujud tilawah setelah membaca ayat-ayat sajdah, maka makmum juga harus mengikutinya, yakni tidak melakukan sujud tilawah. Justru, makmum akan batal shalatnya jika berinisiatif sendiri untuk sujud tilawah.

Hukum Membaca Ayat Sajdah Saat Mengimami Shalat

Menurut Syekh Ibrahim Al-Baijuri, tidak disunnahkan bagi imam shalat untuk membaca ayat-ayat sajdah jika bertujuan untuk sujud tilawah. Namun, bukan berarti hal ini makruh. Jika tujuan membaca ayat sajdah adalah untuk sujud tilawah, maka shalatnya batal kecuali di hari Jumat di mana sebaliknya kita memperbanyak sujud.

Namun, tidak semua makmum tahu bahwa sunnah melakukan sujud tilawah jika mendengar ayat sajdah. Oleh karena itu, sebaliknya imam memberitahu para jamaah dulu agar makmum bisa mengikuti imam untuk sujud tilawah dengan tertib dan rapi.


Referensi:

(1) Sunan Ibn Majah 822

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY