Idan Separo Meninggal Dunia, Ini Tanda-tanda Kematian Menurut Islam

0
30

Idan Separo – Meninggalnya Idan Separo yang memiliki nama asli Achmad Syahidan masih menyisakan duka di tanah air. Bagaimana tidak? Namanya cukup familiar dan sering mengisi film-film bertema komedi. Idan Separo meninggal dikarenakan penyakit diabetesnya. Begitulah kematian, selalu menjemput dengan tiba-tiba dimanapun kita berada dan kapanpun waktunya.

Sobat cahaya islam, islam mengajarkan kita untuk beramal kebaikan sebanyak-banyaknya untuk mempersiapkan diri sebelum kematian datang menjemput kita. Hal itu dikarenakan Allah sudah memastikan bahwa setiap yang hidup pasti akan merasakan kematian. Tidak peduli usia, fisik, dan harta, kematian pasti akan datang menjemputnya.

Idan Separo Meninggal Dunia, Inilah Tanda Kematian Dalam Islam

Kematian merupakan sesuatu hal yang pasti terjadi pada manusia. Kematian kita telah tertulis di lauhul mahfudz, dan tidak ada seorang pun yang dapat mengingkarinya ataupun menghentikannya. Semua manusia yang hidup di dunia ini adalah calon mayit yang akan menjadi penghuni alam kubur. Idan Separo adalah salah satunya. Hal ini senada dengan ayat yang berbunyi:

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Tiap-tiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan serta kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kamilah kamu akan dikembalikan. – (Q.S Al-Anbiya: 35).

Apakah ada tanda-tanda kematian dalam islam?. Tentu saja ada, akan tetapi tanda-tanda ini biasanya hanya dirasakan oleh orang-orang tertentu saja. Berikut ini adalah tanda-tanda kematian dalam islam:

100 Hari Sebelum Kematian

Tanda-tanda ini lazimnya terjadi setelah waktu ashar, yaitu seluruh tubuhnya akan terasa menggigil dari ujung rambut sampai ujung kaki. Orang yang memiliki keimanan yang tinggi biasanya mengetahui bahwa ini adalah isyarat dari Allah tentang ajalnya yang sudah semakin dekat.

40 Hari Sebelum Kematian

Tanda kematian ini muncul pada saat masuk waktu ashar. Bagian pusat dari tubuh kita akan berdenyut yang menandakan daun yang tertulis nama kita dari pohon yang mengambilnya.

Setelah itu, malaikat maut mulai mengawasi kita setiap saat dan sesekali menampakkan dirinya kepada orang yang akan dicabut nyawanya. Seringkali, orang yang melihat malaikat maut merasa kaget atau ketakutan.

7 Hari Sebelum Kematian

Tanda ini muncul ketika waktu ashar telah tiba. Tanda ini biasanya diberikan kepada Allah kepada orang yang diberikan sakit. Salah satu contohnya, ketika orang yang sakit tersebut tidak punya selera makan, tiba-tiba ingin makan sesuatu yang enak dan lezat. Hal ini merupakan salah satu isyarat dari Allah bahwa kematiannya sudah dekat.

3 Hari Sebelum Kematian

Ketika terasa denyutan di tengah dahi kita, yaitu di antara dahi kanan dan dahi kiri. Jika tanda kematian ini kita rasakan, kita dianjurkan berpuasa setelahnya. Hal itu dilakukan agar perut kita tidak mengandung banyak najis untuk mempermudah orang lain ketika memandikan jasad kita.

Selain itu, bola mata hitam kita tidak bersinar lagi. Sedangkan bagi orang yang sakit, hidung akan masuk kedalam secara perlahan-lahan. Selain itu, kedua telinga kita akan layu dan masuk kedalam juga.

1 Hari Sebelum Kematian

Tanda kematian ini terjadi setelah masuknya waktu ashar. Salah satu tandanya, kita akan merasakan denyutan di bagian ubun-ubun yang menandakan kita sudah tidak bisa lagi melihat waktu ashar keesokan harinya.

Itulah lima tanda-tanda kematian dalam islam. Semoga kita semua termasuk dalam catatan orang yang mendapatkan kematian yang khusnul khotimah. Semoga Idan Separo tenang di alam sana dan mendapatkan tempat disisi-Nya. Amiinn…

 

 

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!