Terkait Anjuran Pakai Baju Baru Lebaran, Ini Hikmahnya

0
69
Hikmah Anjuran Memakai Baju Baru Lebaran

Baju Baru Lebaran – Menjelang lebaran (Idul Fitri), umat muslim biasanya membeli baju baru untuk mereka pakai di hari raya. Ini sudah menjadi tradisi di Indonesia. Bahkan, tak jarang sebuah keluarga membuat seragam baju baru agar terlihat lebih serasi dan harmonis. Memakai baju baru ini selaras dengan anjuran dari Rasulullah. Lalu, apa hikmah terkait adanya anjuran tersebut?

Anjuran Memakai Baju Terbaik Saat Hari Raya

Anjuran tentang memakai baju baru di hari raya ada dalam sebuah hadits Riwayat Al Hakim dari Ali bin Abi Thalib berikut ini:

أَمَرَنَا رَسُولُ اللأَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى الْعِيدَيْنِ أَنْ نَلْبِسَ أَجْوَدَ مَا نَجِدُهِ صلى الله عليه وسلم فِى الْعِيدَيْنِ أَنْ نَلْبِسَ أَجْوَدَ مَا نَجِدُ

“Rasulullah memerintahkan kami pada dua hari raya agar memakai pakaian terbaik yang kami temukan.” (1)

Berkaitan dengan hadits ini, Imam Ibnul Qayyim mengatakan bahwa Rasulullah memakai pakaian terbaiknya saat keluar di dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha). Bahkan, Rasulullah punya sepasang pakaian yang khusus beliau pakai saat hari raya dan hari Jumat.

Makna Anjuran Memakai Baju Terbaik Saat Hari Raya

Berdasarkan anjuran dalam hadits di atas, tak ada salahnya jika muncul tradisi membeli baju baru menjelang hari raya. Kemudian, para ulama juga memaknai anjuran memakai baju terbaik ini dengan membeli baju baru jika mampu.

Syekh Ahmad bin Ghunaim An-Nafrawi mengatakan bahwa maksud baju terbaik yang disunnahkan dalam hari raya ialah baju baru, meski warnanya hitam. Memang, Rasulullah menyukai baju berwarna putih. Namun, tak ada salahnya jika seseorang memakai baju baru atau baju terbaiknya yang berwarna selain putih.

Namun, anjuran memakai baju Terbaik atau baju baru pada hari raya bukanlah sebuah keharusan. Artinya, tidak mengapa jika seseorang memakai baju lama atau baju yang sehari-hari ia pakai. Kemudian, ada sunnah-sunnah lain dalam hari raya seperti memakai wangi-wangian.

Hikmah Anjuran Memakai Baju Baru Lebaran

Sebenarnya, apa hikmah di balik anjuran ini? Setidaknya, ada 3 hal yang perlu sobat Cahaya Islam ketahui. Pertama, memakai baju baru saat hari raya merupakan wujud Syukur atas nikmat-nikmat yang Allah berikan kepada kita, khususnya umat muslim.

Kedua, memakai baju baru pada hari raya juga berarti mengagungkan haru raya tersebut. Ketiga, tujuan memakai baju baru pada hari raya adalah untuk mengagungkan para malaikat yang hadir pada hari raya tersebut.

Dalam kitab At-Tahrir wat Tanwir, Muhammad Thahir bin ‘Asyur mengatakan bahwa di antara ekspresi Syukur kepada Allah ialah memakai baju Terbaik (baju baru) pada hari raya Idul Fitri. Jadi, titik penekanannya adalah untuk bersyukur, bukan malah untuk pamer di hadapan orang lain.


Referensi:

(1) H.R. Al Hakim dalam Al Mustadrak No 7560

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY