Amalan Sunnah Hari Raya, Apa Saja?

0
76
Amalan Sunnah Hari Raya

Amalan Sunnah Hari Raya – Bagi seorang muslim, merayakan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha bukan sekedar bersenang-senang dan berbahagia. Lebih dari itu, hari raya merupakan momen menguatkan hubungan dengan Tuhan. Oleh karena itu, hendaknya seorang muslim mengetahui beberapa amalan sunnah untuk bisa ia kerjakan saat hari raya.

4 Amalan Sunnah Hari Raya

Setidaknya, ada 5 hal yang dapat kita lakukan di hari raya dan bernilai ibadah:

1. Mandi Sebelum Shalat ‘Ied

Sebelum berangkat shalat ‘ied, para ulama sepakat bahwa sunnah hukumnya untuk mandi terlebih dahulu. Tentu saja, ini bukan perkara sulit bagi Masyarakat Indonesia dan sudah menjadi kebiasaan setiap orang.

2. Memakai Baju Terbaik dan Parfum

Selain itu, hendaknya seorang muslim merayakan hari raya dengan baju terbaiknya serta menggunakan wangi-wangian. Hal ini berdasarkan hadits:

أَمَرَنَا رَسُولُ اللأَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى الْعِيدَيْنِ أَنْ نَلْبِسَ أَجْوَدَ مَا نَجِدُهِ صلى الله عليه وسلم فِى الْعِيدَيْنِ أَنْ نَلْبِسَ أَجْوَدَ مَا نَجِدُ

“Rasulullah memerintahkan kami pada 2 hari raya untuk memakai pakaian dan wangi-wangian terbaik yang kami punya.” (1)

Maksudnya, jika mampu untuk membeli pakaian baru, maka memakai pakaian baru dan memakai parfun di hari raya termasuk menjalankan sunnah Rasul. Namun, jika tidak memungkinkan untuk membeli baju baru, maka cukup memakai baju Terbaik yang dimiliki.

3. Makan Sebelum Berangkat Shalat ‘Idul Fitri

Untuk Idul Fitri, sunnah makan terlebih dahulu. Sementara pada Idul Adha, sunnahnya adalah tidak makan dan minum terlebih dahulu, sebagaimana hadits:

 كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم لاَ يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَطْعَمَ وَلاَ يَطْعَمُ يَوْمَ الأَضْحَى حَتَّى يُصَلِّيَ

“Tidaklah Rasulullah keluar (untuk shalat ‘Ied) pada Idul Fitri sampai beliau makan dulu, dan tidaklah pada Idul Adha sampai beliau shalat ‘Ied dulu.

Jadi, hendaknya seorang muslim makan atau minum terlebih dahulu sebelum shalat Idul Fitri, meski hanya dengan seteguk air putih. Dan sebaliknya, hendaknya jangan makan atau minum dulu sebelum berangkat shalat Idul Adha.

4. Shalat ‘Ied

Selanjutnya, shalat ‘ied itu sendiri termasuk salah satu ibadah sunnah pada hari raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha.

Itulah beberapa amalan sunnah yang bisa sobat Cahaya Islam lakukan saat hari raya. Namun, yang lebih penting dari itu adalah berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya dan istiqomah menjalankan perintah Allah serta menjauhi larangan-Nya.


Referensi:

(1) H.R. Al-Hakim dalam Al Musadrak No 7560

(2) Mishkat al-Masabi 1433

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY