Akankah Mudik Lebaran 2021 Menjadi Ajang Silaturahmi? Inilah Anjuran Silaturahmi dalam Islam!

0
43
Mudik Lebaran 2021

Mudik Lebaran 2021 – Rapat yang digelar pada hari Jumat, tanggal 26 Maret 2021 menghasilkan sebuah keputusan yang cukup mengecewakan yang terkait Mudik Lebaran 2021.

Pasalnya, di tahun 2021 ini mudik akan ditiadakan, keputusan ini berlaku bagi setiap ASN, POLRI, TNI, BUMN, karyawan Swasta hingga berabagi lapisan masyarakat umum.

Hal ini dilakukan guna meminimalisir penyebaran virus COVID-19 yang belum pasti kapan berakhir. Selain itu, larangan mudik sebagai salah satu langkah guna memaksimalkan proses vaksinasi.

 Sobat Cahaya Islam, mudik menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Hal ini dikarenakan bisa berkumpul dan meningkatkan tali silaturahmi bersama keluarga yang berada di kota yang berbeda.

Islam menganjurkan untuk senantiasa menjaga silaturahmi. Meskipun, kini hal tersebut sulit dilakukan secara langsung (face to face). Alternatif lainnya yang bisa digunakan yakni memanfaatkan kecanggihan teknologi, seperti melalui media sosial yang beragam.

Anjuran Silaturahmi dalam Islam

Silaturahmi merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan umat muslim, terutama di lingkungan terdekatnya. Jalinan silaturahmi bisa dilakukan secara sederhana, yakni mulai dengan orang tua, saudara hingga tetangga yang berada di lingkungan sekitar.

Namun, silaturahmi pun sulit untuk dilakukan dikarenakan berbagai sebab tertentu, seperti halnya yang terjadi saat ini. Di tengah pandemic yang semakin merebak dan tak kunjung usai, menjadikan semua orang harus berjaga jarak. Meskipun demikian, silaturahmi bisa dilakukan dengan cara lainnya, sehingga tetap terjaga erat.

1.   Perintah Menjalin Silaturahmi

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Bukhari, dijelaskan terkait perintah untuk menjalin silaturahmi. Di dalamnya disiratkan bahwa setiap muslim hendaknya menjalin silaturahmi dengan orang tua dan saudara. Hal inilah yang menjadi dasar dianjurkannya untuk menjaga silturahmi sesama umat muslim.

Silaturahmi dijalin guna mewujudkan hubungan yang baik antara muslim yang satu dengan muslim yang lainnya. Hal ini hendanya menjadi pondasi untuk membangun persaudaraan yang kokoh. Selain itu, pastikan untuk menghindari berbagai gangguan yang dapat merusak tali persaudaraan yang telah diikat.

Mudik Lebaran 2021

2.   Ancaman Bagi Mereka yang Memutuskan Tali Silaturahmi

Mengingat pentingnya menjaga silaturahmi, terdapat ancaman bagi siapa saja yang memutuskan tali silaturhami. Hal ini sebagai salah satu dosa yang hendaknya dihindari, karena Allah SWT senantiasa memberikan balasan yang setimpal bagi siapa saja yang memutuskan tali silaturahmi. Menjaga silaturahmi amat dianjurkan dalam Islam.

Firman Allah SWTdalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 1:

   يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا (١)

Artinya: Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

3.   Silaturahmi Senantiasa Mendatangkan Manfaat yang Berharga

Jalinan silaturahmi yang dijaga dengan baik senantiasa mendatangkan manfaat yang amat berharga. Allah SWT senantiasa memakmurkan hamba-Nya yang menjaga silaturami. Selain itu, akan dipanjangkan umurnya, sebagaimana penjelasan yang terdapat dalam suatu hadits yang diriwayatkan imam Bukhari.

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Siapa saja yang senang diberi lebih banyak kemakmuran (wealth) dan umur panjang, maka dia harus menjalin hubungan baik dengan orangtua dan saudaranya.” (HR Bukhari).

Demikianlah Sobat Cahaya Islam, ulasan singkat terkait anjuran menjaga silaturahmi dalam Islam. Meskipun terdapat larangan Mudik Lebaran 2021, Sobat Cahaya Islam masih bisa memanfaatkan media sosial untuk bertegur sapa dan saling mendoakan. Mari bersama-sama mendoakan bumi ini agar segera sehat dan bebas dari pandemic yang belum pasti kapan berakhirnya. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY