3 Contoh Boros dalam Islam, Benarkah Termasuk Saudara Setan?

0
487
Contoh Boros dalam Islam

Contoh Boros dalam Islam – Allah SWT telah memberikan rezeki kepada seluruh hambaNya agar tidak kurang dari suatu apapun. Jika pun kebutuhannya sudah terpenuhi, maka selebihnya harus bisa dibelanjakan untuk hal-hal yang bermanfaat.

Jangan boros! Di bawah ini ada beberapa contoh boros dalam Islam yang perlu kita perhatikan. Agar kita tidak menjadi salah satu darinya, sebab orang yang berperilaku boros adalah termasuk dari saudara setan.

Allah mengingatkan kita bahwa tidak boleh menggunakan harta yang kita miliki ini untuk hal-hal yang mudharat: hingga terjadi pemborosan.

Sebagaimana dalam firmanNya pada Surat Al-Isra ayat 27 yang berbunyi :

إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ ۖ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا

Innal mubazziriina kaanuu ikhwaanash shayaatiini wa kaanash shaytaanu li Rabbihii kafuuraa

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.”

Dari ayat di atas kita bisa mengambil kesimpulan yakni Allah SWT mencela orang-orang yang membelanjakan uangnya secara boros dan menomor duakan mengoptimalkannya untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.

Mereka yang suka menghambur-hamburkan harta bendanya, maka dianggap melanggar perintahNya. Hati-hati!

Allah pun menegaskan di ayat tersebut, bahwa mereka yang berperilaku boros adalah saudara dari setan. Perbuatannya sama dengan makhluk Allah yang penuh dosa itu. Naudzubillah min dzalik.

3 Contoh Boros dalam Islam

Nah, Sobat Cahaya Islam, untuk mengetahui lebih mudah bentuk perilaku boros yang bisa merugikan kita sendiri maupun orang lain maka bisa perhatikan beberapa contohnya seperti yang ada di bawah ini:

1.      Membeli Makanan Banyak

Makanan adalah salah satu rezeki yang tidak boleh sampai terbuang sia-sia. Sebisa mungkin ketika makan sesuatu, harus kita habiskan agar tidak mubazir.

Sebab, banyak di luar sana yang jauh dari kata ‘mampu’ untuk memperoleh makanan dengan baik dan layak.

Maka dari itu, apabila kita membeli makanan banyak namun tidak sanggup menghabiskannya itu termasuk perilaku boros yang dibenci oleh Allah SWT.

Sebaiknya membeli atau memasak makanan secukupnya. Jika ada lebih pun, sebaiknya dibagikan kepada tetangga atau orang lain di sekitar kita yang membutuhkannya.

وَالَّذِيْنَ اِذَآ اَنْفَقُوْا لَمْ يُسْرِفُوْا وَلَمْ يَقْتُرُوْا وَكَانَ بَيْنَ ذٰلِكَ قَوَامًا ٦٧

Artinya: “Dan, orang-orang yang apabila berinfak tidak berlebihan dan tidak [pula] kikir. [Infak mereka] adalah pertengahan antara keduanya,” (QS. Al-Furqan [25]:67).

2.      Lupa Memadamkan Listrik

Salah satu hal yang bisa berakibat fatal adalah penggunaan listrik yang berlebihan padahal sudah selesai dipakai. Artinya, mereka tidak mematikannya padahal fungsinya sudah tidak lagi dibutuhkan.

Contoh Boros dalam Islam

Mengingat bumi kini sudah semakin panas, banyak gunung es pun mencair. Maka salah satu upaya kita untuk melindungi bumi ini adalah dengan menghemat listrik dengan sebaik mungkin.

Sebab, jika terjadi kerusakan di bumi, itu adalah karena kesalahan dari ulah manusia sendiri.

3.      Belanja Barang Mewah

Jika kita mencontoh Rasulullah SAW, maka seharusnya kita mau membiasakan diri dengan pola hidup sederhana. Bukan bermewah-mewahan.

Namun sering kali, saat memiliki uang, kita pun lebih memilih untuk menghabiskannya demi mendapat barang mewah impian. Padahal, itu hanya untuk memenuhi keinginan semata, bukan demi mencukupi kebutuhan.

Allah SWT telah mengingatkan kita untuk tidak tampil bermewah-mewahan agar tidak menjadi penyebab orang lain memiliki penyakit hati: seperti iri, dengki, benci, marah dan murka.

Nah, Sobat, demikian di atas merupakan ulasan mengenai contoh boros dalam Islam yang perlu kita perhatikan. Jangan sampai melakukannya karena bisa menjadikan kita saudara setan!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY