Hari Pancasila 1 Juni 2024: Begini Pandangan Islam Tentang Pancasila

0
29
hari Pancasila 1 Juni 2024

Hari Pancasila 1 Juni 2024 – Seluruh rakyat Indonesia tengah memperingati hari Pancasila 1 Juni 2024. Peringatan tersebut dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Biasanya masyarakat memperingati dengan melaksanakan upacara di sekolah masing-masing.

Bukan itu saja, presiden Indonesia yakni Joko Widodo juga menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di tempat yang ditentukan. Tak hanya upacara, BPIP yakni Badan Pembinaan Ideologi Pancasila juga sudah merilis logo dan tema untuk memeriahkan hari ini.

Peringatan Hari Pancasila 1 Juni 2024

Rupanya ada tema tersendiri dalam peringatan hari Pancasila 1 Juni 2024. Tema tersebut adalah Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Adapun tema ini mengajak masyarakat unutk senantiasa melahirkan generasi banga terbaik.

hari Pancasila 1 Juni 2024

Selain itu, tema tersebut juga bermaksud agar masyarakat terus menjaga kesetaraan, persatuan, dan gotong royong. Sementara itu, logo untuk hari Lahir Pancasila 2024 berjudul Pohon Persatuan atau Sandya Taru.

Logo tersebut mencerminkan akan kesetaraan, gotong royong, dan persatuan. Logo ini tercipta dari nilai Pancasila sila ketiga yakni Persatuan Indonesia yang disimbolkan dengan Pohon Beringin.

Seperti pohon yang bermakna sumber kehidupan, Pancasila sendiri lahir sebagai kekuatan bangsa Indonesia. Pancasila menancap di dalam lubuk sanubari sebagai pemersatu bangsa yang abadi, kuat, dan bhinneka.

Pancasila dalam Pandangan Islam

Dalam rangka memperingati hari Pancasila 1 Juni 2024, apakah Sobat mengetahui bagaimana islam memandang Pancasila?  Pancasila sendiri merupakan produk Indonesia asli yang senantiasa mengangkat nilai religi.

Pada awalnya, Pancasila berbentuk Piagam Jakarta dengan nilai-nilai yang lebih spesifik untuk umat islam. Namun diputuskan untuk penghapusan 7 kata dalam Piagam Jakarta demi mengikat tali persaudaraan di antara masyarakat.

Mengingat masyarakat yang ada di Indonesia bukan hanya beragama islam. Lantas apakah Pancasila kemudian bertentangan dengan nilai agama? Jawabannya tentu tidak. Bahkan islam memiliki pandangan tersendiri terhadap Pancasila yakni:

1. Pancasila Termasuk Bagian Ajaran Agama

Sobat, Pancasila merupakan bagian ajaran agama guna menjunjung tinggi nilai perdamaian dan persamaan hak. Bukan tanpa alasan, di dalam Pancasila terdapat nilai-nilai yang mencerminkan ajaran islam.

hari Pancasila 1 Juni 2024

Bisa Sobat lihat dalam sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila tersebut dapat Sobat identifikasikan ke dalam firman Allah yang berbunyi,

 قُلۡ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ‌

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.” (QS. Al-Ikhlas Ayat 1)

Hal itu menandakan bahwa terdapat kesesuaian antara ajaran islam dengan sila pertama Pancasila.

2. Pengamalan Agama dalam Hal Bernegara

Menurut ajaran islam, Pancasila merupakan bentuk pengalaman agama dalam hal bernegara. Hal ini tercermin dalam sila kedua yakni Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Sila tersebut sejalan dengan firman Allah SWT yang berbunyi,

اَلَّا تَطْغَوْا فِى الْمِيْزَانِ ۝٨

agar kamu tidak melampaui batas dalam timbangan itu.” (Ar-Rahman · Ayat 8)

Jika didefinisikan, ayat tersebut menyeru manusia untuk tegakan timbangan dengan keadilan dan melarang berlaku curang. Dengan demikian, mengamalkan nilai dalam Pancasila berarti mengamalkan nilai-nilai yang diajarkan islam.

Sobat Cahaya Islam, itulah pembahasan seputar Pancasila di mata islam. Oleh karenanya, di hari Pancasila 1 Juni 2024 ini, Sobat hendaknya lebih sering mengamalkan Pancasila dalam kehidupan. Dengan begitu, kehidupan bernegara dan beragama Sobat bisa lebih seimbang. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY