Hari Olahraga Nasional 2020, Sejarah dan Cara Muslim Mengisinya  

0
22

Hari Olahraga Nasional 2020 – Tepat tanggal cantik, sembilan bulan sembilan yakni September. Mungkin bagi sebagian orang tidak menyadarinya bahkan justru yang teringat yakni diskon besar-besaran yang diadakan pihak Shoppe, aplikasi belanja.

Terlihat jelas peran media sosial yang mengakibatkan promosi, sehingga barang tentu ingat khalayak umum dengan waktu diskon besar-besaran, alhasil budaya konsumtif khususnya di Indonesia termasuk tinggi. Berbeda dengan hari besar, seperti Hari Olahraga Nasional 2020 mungkin hanya akan tayang di media, kurun waktu sebentar.

Sobat Cahaya Islam, olahraga sebagai upaya ikhtiar untuk menjaga kesehatan tubuh. Agar jasmani tetap sehat dan dapat menjadi sarana penunjang untuk beribadah kepada Allah SWT. Ingat, bukanlah ketika sakit, ibadah pun tidak maksimal? Terganggu? Itulah pentingnya olahraga.

Sejarah dan Cara Muslim Mengisi Hari Olahraga Nasional 2020

Sejarah Hari Olahraga Nasional

Awalnya di tahun 1948, Indonesia tidak diperkenankan untuk mengikuti Olimpiade Olahraga Dunia yang diadakan di London Inggris, sebab kedaulatan Indonesia pada waktu itu belum sepenuhnya diakui oleh dunia.

Maka dari itu, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) mengadakan kompetisi dalam negeri yang dikenal dengan Pekan Olahraga Nasional (PON). PON I diselenggarakan pada tanggal 9-12 September 1948 di Surakarta (Solo)

Ditetapkanlah setiap tanggal 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional dengan tujuan untuk meningkatkan rasa sportivitas di Indonesia.

Cara Mengisi Hari Olahraga Nasional

Hari besar ini di tahun 2020 bertepatan dengan masa pandemi covid-19. Meski begitu, sobat Cahaya Islam masih dapat memperingatinya dengan mengisi beberapa poin sebagai berikut.

  1. Mengingat Pentingnya Olahraga

Olahraga itu penting untuk siapa saja yang mau tubuhnya sehat terhindar dari berbagai penyakit, langkah ini seiring dengan menjaga pola makan yang baik. Ibarat perusahaan olahraga menjadi mesin yang mengolah produk menjadi lebih baik.

  1. Berolahraga Santai dan Aman

Santai, olahraga tidak melulu harus di GOR, lapangan, atau gym. Kita dapat berolahraga di sekitar rumah misalnya, lari-lari kecil mengelilingi kompleks perumahan, atau sekadar lompat tali di sekitar rumah pun olahraga.

Dalam memilih olahraga disesuaikan dengan kemampuan  diri, tidak diperkenankan melakukan olahraga yang berat dikhawatirkan bila fisik tidak kuat justru bisa menimbulkan bahaya dan cedera yang tidak diinginkan.

Adapun, bila ingin menjalani sunah nabi sekaligus, ada beberapa olahraga yang dianjurkan oleh rasulullah. Antara lain, renang, lari, panahan, berkuda, olahraga geluti (taekwondo, pencak silat, bela diri), dan lain sebagainya.

  1. Tetap Menaati Protokol Kesehatan

Mengingat sedang berada di masa pandemi, kita perlu menaati segala protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona. Tetap memakai masker saat olahraga di luar rumah. Tidak lupa sering cuci tangan bila selesai olahraga, dan yang penting tetap jaga jarak (social distancing).

Menaati protokol kesehatan sama halnya menaati peraturan pemerintah. Islam memerintahkan umatnya untuk menaati perintah Allah, rasulullah, ulama, serta ulil amri. Ulil amri di Indonesia disebut dengan pemimpin bisa artikan sebagai pemerintah.

Berikut perintah menaati ulil amri dalam Al-Qur’an surah An-nisa ayat 59.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ ۖ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (QS. An-Nisa: 59)

Itu sejarah dan cara seorang muslim mengisi Hari Olahraga Nasional 2020 di tengah pandemi. Semoga kita bisa senantiasa berolahraga dan memperoleh manfaat untuk kesehatan sebagai sarana beribadah kepada Allah SWT. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!