Hari Lahirnya Pancasila Diperingati Tanggal 1 Juni, Pancasila dan Agama Islam Saling Berkesinambungan?

0
28
Hari Lahirnya Pancasila 2

Hari lahirnya pancasila – Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari pancasila, karena ini merupakan sejarah terlahirnya pancasila. Namun peringatan ini diharapkan bukan hanya menjadi ajang seremonial saja dan juga nostalgia sejarah. Kelahiran pancasila tersebut diharapkan bisa menjadi momen untuk membumikan pancasila. Diantaranya sebagai dasar dan juga landasan perilaku nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, sebagai warga negara Indonesia maka pancasila bisa menjadi teladan untuk bersikap dalam kehidupan bermasyarakat.

Hari Lahirnya Pancasila 1

Dalam kehidupan bernegara, tentu saja kita berdampingan dengan berbagai suku hingga agama di Indonesia ini. Itu sebabnya, pancasila menjadi pedoman hidup warga Indonesia agar bisa menyatukan berbagai perbedaan yang ada. Dan bukan malah menyingkirkan apa yang berbeda. Dalam islam sendiri, perdamaian adalah salah satu yang dijunjung tinggi. Itu sebabnya, Allah tidak menyukai perselisihan apalagi permusuhan. Dan pancasila berperan untuk menciptakan perdamaian tersebut.

Hari Lahirnya Pancasila Diperingati Tanggal 1 Juni, Pancasila dan Agama Islam Saling Berkesinambungan?

Hari Lahirnya Pancasila 2

Hari lahirnya pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni. Tentu saja ini menjadi hari yang bersejarah bagi masyarakat atau warga negara Indonesia. Namun yang terpenting adalah mengamalkan dasar-dasar pancasila sebagai dasar kehidupan bermasyarakat. Sobat CahayaIslam, agama islam sendiri juga memiliki aturan sama halnya dengan pancasila. Dimana islam juga menjunjung perdamaian dalam kehidupan bermasyarakat ini.

Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia.Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.

Ayat ini mencerminkan bagaimana Allah memerintahkan kaum muslimin untuk membalas kejahatan dengan kebaikan. Sehingga hal tersebut menghasilkan perdamaian diantara kedua kelompok yang saling bermusuhan. Dan tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya pancasila ini juga berkesinambungan lho dengan islam. Aturan yang ada dalam pancasila juga selaras dengan berbagai aturan yang ada dalam islam. Seperti apa?

Perintah Untuk Bersikap Adil

Dalam pancasila terdapat aturan tentang keadilan dan sikap adil. Sama halnya dengan ajaran islam, yang mana menganjurkan kaum muslimin bersikap adil. Baik sesama manusia ataupun pemimpin kepada rakyatnya. Dan sikap tidak adil adalah bentuk dari kezaliman.

Menjunjung Tinggi Perdamaian

Dalam pancasila terdapat salah satu poin tentang persatuan Indonesia. Artinya, diharapkan bahwasanya Indonesia ini dapat bersatu dan hidup damai dalam kesatuan. Seperti yang ada dalam ajaran islam mengenai perdamaian. Islam melarang perselisihan dan juga permusuhan, dan perdamaian sendiri mendatangkan banyak kebaikan.

Kesetaraan Bagi Seluruh Umat

Dalam salah satu poin yang ada dalam pancasila mencerminkan bagaimana keadilan sosial bagi seluruh rakyat harus ditegakkan. Itu artinya tidak ada kesenjangan dalam kehidupan bermasyarakat. Meskipun ada perbedaan ras, suku, agama dan lain sebagainya. Islam juga menegaskan bahwasanya setiap manusia memiliki derajat yang sama. Pembedanya hanyalah iman dan amalannya.

Hari lahirnya pancasila – menjadi hari bersejarah masyarakat Indonesia. Dan ternyata sobat CahayaIslam, pancasila juga mewakili ajaran islam yang ada. Sehingga keduanya memiliki kesinambungan atau saling berkaitan tentu saja.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Fussilat Ayat 34-35

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY