Hari Anak Jadi Momentum Tingkatkan Rasa Peduli Kepada Anak, Begini Sikap Peduli Anak Menurut Kacamata Islam

0
84
Hari Anak Jadi Momentum 1

Hari anak  jadi momentum – HAN atau Hari Anak Nasional kini berlangsung di tengah lonjakan kasus covid-19. Wakil ketua MPR yaitu Lestari Moerdijat meminta agar momentum tersebut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perhatian dan juga kepedulian terhadap anak. Mengingat saat ini juga masih dalam masa pandemi covid-19. Maka Hari Anak ini mungkin bisa menjadi sebuah upaya untuk melindungi dan juga menyelamatkan anak. Hal ini karena anak-anak juga termasuk golongan yang rentan.

Hari Anak Jadi Momentum 1

Peringatan Hari Anak 2021 saat ini mengangkat tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Menurut Rerie sendiri, tema ini cukup relevan dengan kondisi saat ini. Ancaman covid-19 yang kian meresahkan bisa menjadi ancaman bagi kalangan anak-anak. Dalam islam, anak-anak adalah amanah yang sudah semestinya dijaga, dirawat dan juga dilindungi. Sikap peduli kepada anak juga bisa diwujudkan dalam berbagai hal.

Hari Anak Jadi Momentum Tingkatkan Rasa Peduli Kepada Anak, Begini Wujud Sikap Peduli Anak Menurut Islam

Hari Anak Jadi Momentum 2

Hari Anak jadi momentum untuk meningkatkan rasa peduli kepada anak. Terlepas dari itu itu, anak-anak adalah makhluk yang seharusnya mendapatkan kasih sayang dan kepedulian lebih. Sehingga bukan hanya pada Hari Anak saja kita perlu memperhatikan anak-anak. Dalam islam sendiri, anak diartikan sebagai amanah dari Allah SWT. Itu sebabnya, kita perlu memperlakukan dan merawat anak dengan sebaik mungkin.

Surat Al-Kahfi Ayat 46

Ayat ini menjelaskan mengenai harta dan juga anak-anak yang tidak lain adalah perhiasan dunia. Itu berarti anak adalah bagian berharga yang harus dijaga. Dan karena itulah, terdapat kewajiban-kewajiban orang tua terhadap anak. Hari Anak 2021 yang diperingati dengan tema perlindungan anak, mengingat pandemi covid-19 saat ini. Hal ini bisa diwujudkan dalam berbagai tindakan lho sobat CahayaIslam. Apa saja?

Memperhatikan Kesehatan Anak

Salah satu sikap peduli terhadap anak bisa diwujudkan dalam bentuk memperhatikan kesehatan anak. Mulai dari asupan gizi dan juga makanan yang diberikan untuk anak. Dengan begitu, anak juga akan lebih terlindungi dan tidak rentan dengan penyakit. Apalagi saat ini virus corona juga banyak menyerang kalangan anak-anak. Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan kesehatan anak.

Memberikan Kasih Sayang dan Perhatian

Sikap peduli bisa dilakukan dengan berbagai tindakan, diantaranya dengan memberikan kasih sayang dan perhatian yang cukup. Para orang tua mungkin bisa memperhatikan sekaligus meluangkan banyak waktu untuk bersama anak-anak. Dengan begitu, anak tidak akan kekurangan kasih sayang apalagi perhatikan. Perasaan bahagia anak juga berpengaruh lho pada kondisi kesehatan anak.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Untuk melindungi anak terutama dari wabah covid-19 sekarang ini, menjaga kebersihan lingkungan sangat penting. Ini juga ternyata bisa menjadi salah satu bentuk rasa peduli terhadap anak lho sobat CahayaIslam. Dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak, ini bisa membantu untuk menjaga kondisi tubuh anak.

Hari anak jadi momentum – tingkatkan rasa peduli kepada anak saat pandemi sekarang ini. Selain itu, rasa peduli ini juga sebagai cara untuk melindungi anak. Sobat CahayaIslam, sikap peduli terhadap anak bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk tindakan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Kahfi Ayat 46

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY