Hal Yang Perlu Diketahui Kaum Muslimin Sebelum Datangnya Hari Kiamat

0
620

Sobat cahaya islam, kiamat merupakan sebuah peristiwa yang pasti terjadi di alam semesta ini. Baik itu kiamat kecil atau kiamat besar. Menurut definisinya, kiamat kecil merupakan sebuah peristiwa yang hancurnya alam yang tidak dialami oleh seluruh umat manusia. Misalnya saja banjir, meninggal dunia, tanah longsor dan lain sebagainya. Sedangkan kiamat besar merupakan peristiwa hancurnya alam semesta ini. Akan tetapi, sebelum datangnya peristiwa maha dahsyat ini Allah SWT akan memberitahukan tandanya bagi umat manusia. Oleh karena itu, Hal Yang Perlu Diketahui Kaum Muslimin Sebelum Datangnya Hari Kiamat yang akan segera tiba.

Kiamat termasuk salah satu hal ghaib yang tidak seorang pun di dunia mengetahui kapan terjadinya. Bahkan seorang nabi dan rasul tidak mengetahui secara pasti peristiwa menyeramkan ini terjadi di muka bumi. Para utusan Allah SWT tersebut hanya mengetahui tanda – tanda hari kiamat dari berbagai kejadian di muka bumi.

Hal Yang Perlu Diketahui Kaum Muslimin Sebelum Datangnya Hari Kiamat

Tanda Yang Muncul Sebelum Kiamat Terjadi

Dalam kajian islam dijelaskan terjadinya hari kiamat termasuk sebuah peristiwa yang pasti terjadi. Akan tetapi tidak seorang pun mengetahui kapan terjadi. Perkara ini hanya Allah SWT saja yang mengetahui. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT pada Surah Al Qur’an :

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”. [1]

Sebagai umat islam, mempercayai akan hari kiamat termasuk hal yang harus dilakukan. Hal ini disebabkan percaya adanya hari kiamat termasuk dalam rukun iman. Percaya hal ghaib berupa peristiwa kiamat ini tercantum dalam rukun iman yang ke enam. Maka dari itu, sebagai umat islam harus mempercayai akan peristiwa maha dahsyat tersebut. akan tetapi sebuah kiamat baru akan terjadi ketika telah muncul tanda-tandanya. Dalam berbagai kajian islam keagamaan sering disebutkan tentang tanda-tanda hari kiamat akan terjadi.

Sobat cahaya islami, tanda-tanda hari kiamat adalah berbagai macam peristiwa yang menandai akan munculnya hari kiamat. Menurut ajaran agama islam, kiamat pasti terjadi di alam semesta ini. Akan tetapi sebelum kiamat ini muncul, maka di muka bumi akan terjadi berbagai macam peristiwa. Adanya berbagai peristiwa inilah yang melatar belakangi munculnya hari kiamat.

Peristiwa-peristiwa sebelum hari kiamat terjadi di muka bumi :

Matahari terbit dari barat

Tanda-tanda hari kiamat yang pertama yang dijelaskan dalam kajian islam adalah matahari terbit dari sebelah barat. Matahari merupakan sebuah bintang yang sangat besar. Bintang ini berada dekat dengan planet bumi. Apabila kiamat akan terjadi, maka matahari akan muncul dari arah kebalikannya. Bintang yang berukuran besar tersebut akan terbit dari sebelah barat. Jika hal ini terjadi, maka bersiap-siaplah bahwa peristiwa kiamat akan terjadi.

حَدَّثَنِي إِسْحَاقُ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ هَمَّامٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا فَإِذَا طَلَعَتْ وَرَآهَا النَّاسُ آمَنُوا أَجْمَعُونَ وَذَلِكَ حِينَ لَا يَنْفَعُ نَفْسًا إِيمَانُهَا ثُمَّ قَرَأَ الْآيَةَ

Telah menceritakan kepadaku [Ishaq] Telah mengabarkan kepada kami [‘Abdur Razzaq] Telah mengabarkan kepada kami [Ma’mar] dari [Hammam] dari [Abu Hurairah radliallahu ‘anhu] dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak akan terjadi hari kiamat hingga matahari terbit dari sebelah barat. Apabila matahari itu telah terbit dari barat, dan orang-orang melihatnya maka mereka semua segera beriman. Itulah keimanan yang tidak berguna bagi dirinya. Lalu beliau membaca ayat (yang berkenaan dengan hal itu).” [2]

Munculnya kabut

Kajian islam yang kedua yaitu munculnya kabut di seluruh bumi ini menjadi tanda-tanda hari kiamat sudah dekat. Kabut yang disebut dengan nama dukhan akan menyiksa kaum kafir yang tidak taat pada Allah SWT. Sedangkan bagi kau muslimin, kabut ini hanya menyebabkan pilek saja.

وَيَوْمَ تَشَقَّقُ السَّمَاءُ بِالْغَمَامِ وَنُزِّلَ الْمَلَائِكَةُ تَنْزِيلًا

Dan (ingatlah) hari (ketika) langit pecah belah mengeluarkan kabut putih dan diturunkanlah malaikat bergelombang-gelombang. [3]

Munculnya hewan aneh

Kajian islam yang ketiga yaitu ketika hari kiamat sudah dekat, maka dari bumi ini akan muncul sosok hewan yang aneh. Hewan tersebut memiliki bentuk yang tidak lazim. Binatang aneh ini dikenal dengan nama dabbah.

Munculnya Imam Mahdi

Sobat cahaya islami, saat hari kiamat sudah dekat maka muncullah yang namanya imam Mahdi. Imam Mahdi ini akan memimpin kaum muslimin dalam berbagai peperangan melawan kaum kafir. Masa kepemimpinan Imam Mahdi ini dunia akan diliputi oleh keadilan.

Keluarnya Dajjal dan Nabi Isa AS

Tanda – tanda hari kiamat berikutnya adalah keluarnya dajjal dan Nabi Isa AS. Di akhir zaman, dajjal akan muncul ditengah manusia untuk menebarkan fitnah. Makhluk bernama dajjal ini akan mengaku sebagai Tuhan dan ia dikarunia kemampuan menghidupkan orang mati, menurunkan hujan dan lain sebagainya. Setelah dajjal ini muncul, maka nabi Isa AS akan turun ke muka bumi untuk membunuhnya.

[1] Al – A’raf ayat 187

[2] H.R. Bukhori 4270 (shahih)

[3] Q.S. Al furqon 25

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!