Habib Bahar bin Smith Kembali Ditetapkan Sebagai Tersangka, Bagaimana Sikap Seorang Habib Menurut Islam?

0
20

Habib Bahar bin Smith – Kembali ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan penganiayaan. Pihak kepolisian sendiri belum bisa menjelaskan secara rinci mengenai kasus penganiayaan yang dilakukan oleh Bahar bin Smith ini. Namun kuasa hukum dari Bahar ini menjelaskan bahwasanya sebelumnya Bahar bin Smith terlibat kasus penganiayaan kepada sopir taxi online yang diduga terjadi di Bogor. Hanya saja keduanya sudah melakukan perdamaian dan saat ini Bahar bin Smith kembali ditetapkan sebagai tersangka.

Seorang habib adalah orang yang mana menyandang gelar sebagai keturunan Rasulullah. Sehingga seorang yang mendapat sebutan sebagai Habib ini tentu saja harus memiliki sikap yang baik. Terlebih lagi ia memiliki peran untuk menyampaikan dakwah islam. Melihat banyaknya fenomena mengenai Habib dan juga salah satu kasus yang kontroversial mengenai Habib Bahar ini. Lalu bagaimana seharusnya sikap seorang habib ini menurut islam?

Habib Bahar bin Smith Ditetapkan Sebagai Tersangka, Ini Sikap Seorang Habib Menurut Islam

Habib Bahar bin Smith Ditetapkan Tersangka dan Ini Sikap Habib Menurut Islam

Habib Bahar bin Smith merupakan Habib yang cukup kontroversial dalam ceramah yang dilakukannya. Hal ini dikarenakan ceramah yang disampaikan dianggap tidak mengajarkan keislaman. Ditambah lagi kasus yang beberapa kali menimpa Habib Bahar, salah satunya kasus dugaan penganiayaan terhadap sopir taxi online. Dalam islam, habib adalah seorang yang menyandang gelar sebagai garis keturunan Rasulullah. Itulah kenapa Habib cukup disegani dan bahkan menjadi teladan masyarakat.

ذَٰلِكَ الَّذِي يُبَشِّرُ اللَّهُ عِبَادَهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ۗ قُلْ لَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا إِلَّا الْمَوَدَّةَ فِي الْقُرْبَىٰ ۗ وَمَنْ يَقْتَرِفْ حَسَنَةً نَزِدْ لَهُ فِيهَا حُسْنًا ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ شَكُورٌ

Itulah (karunia) yang (dengan itu) Allah menggembirakan hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh. Katakanlah: “Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahpun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan”. Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikannya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.(1)

Dalam ayat ini dikatakan bahwasanya dianjurkan untuk memberikan kasih sayang dalam kekeluargaan. Seperti halnya dengan Habib yang mana memiliki gelar sebagai keturunan Rasulullah. Dan artinya kaum muslimin pun harus menyayangi dan menghormati seorang Habib. Namun bagaimanakah sikap seorang Habib seharusnya menurut islam?

Memiliki Perilaku Yang Baik Untuk Jadi Teladan

Habib Bahar bin Smith Ditetapkan Tersangka dan Begini Habib Dalam Islam

Seorang yang memiliki gelar dengan sebutan Habib, maka ia juga harus memiliki akhlak dan perilaku yang mencerminkan gelar tersebut. Sebagai seorang Habib maka seharusnya memiliki perilaku yang baik sehingga bisa menjadi teladan yang baik. Apalagi Habib biasanya banyak memiliki pendukung dan juga dihormati karena dianggap sebagai seorang yang ahli dalam ilmu mengenai agama islam.

Menanamkan Nilai-Nilai Islam Dengan Benar

Sobat CahayaIslam, gelar Habib adalah gelar yang banyak diinginkan. Dan tentu saja peran Habib itu sendiri memiliki tanggung jawab dan konsekuensi yang besar. Sebagai seorang yang menyandang gelar sebagai keturunan Rasulullah, maka ia harus pandai menanamkan nilai-nilai islam dalam kehidupan. Begitu juga dengan dakwah yang disampaikan, harus sesuai dengan ajaran islam dan Rasulullah tentu saja.

Habib Bahar bin Smith – yang ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus penganiayaan. Tentu saja menuai banyak kontroversi, terlebih lagi dengan statusnya sebagai seorang Habib. Itulah sobat CahayaIslam, pentingnya memaknai gelar yang dimiliki sebagai seorang Habib dan bagaimana sikap yang harus dimilikinya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Asy-Syura Ayat 23

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY