Gudang Shopee Terbakar Di Jakarta Utara, Ini Keutamaan Sabar Terhadap Musibah dalam Islam

0
37
Gudang Shopee terbakar

Gudang Shopee terbakar – Salah satu gudang milik shopee yang berlokasi di Jakarta Utara kebakaran pada hari rabu kemarin. Awal mula gudang shopee terbakar berasal dari gudang plastik yang berada dekat dengan gudang shopee. Plastik merupakan benda yang mudah terbakar, akibatnya api dengan cepat menjalar ke gudang-gudang sekitarnya.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kita untuk selalu sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah. Sebab, kita sebagai manusia selama masih hidup pasti akan diberikan ujian. Oleh karena itu, kita diperintahkan Allah untuk menjadikan sabar dan sholat sebagai penolong kita. Hal ini sebagaimana ayat yang berbunyi:

 أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِين

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”. (Q.S. Al-Baqarah: 153).

 Di dalam suatu ujian yang Allah beri kepada kita pasti ada maksud dan hikmah yang tersembunyi dibaliknya. Namun, seringkali orang-orang tidak paham dan menyalahkan Allah karena beratnya musibah yang Allah berikan. Padahal, jika mereka bersabar, mereka akan mendapatkan beberapa keutamaan. Lalu, apa sajakah keutamaan sabar?

Keutamaan Sabar Terhadap Musibah dalam Islam Seperti Cobaan Gudang Shopee Terbakar

Setiap orang pasti mempunyai masalah atau ujian terberat dalam hidupnya meskipun tidak sama dengan kita. Allah sudah memperhitungkan kemampuan seseorang sebelum memberikan ujian padanya. Jadi, kita tidak perlu menyalahkan Allah. Kita hanya membutuhkan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi itu semua.

Gudang Shopee terbakar

Mengapa harus sabar ketika mendapat ujian? Sebab, sabar merupakan salah satu bentuk cara pengendalian diri yang baik ketika mendapatkan masalah. Sabar dapat menjadi cermin kekokohan jiwa seseorang yang memilikinya. Selain itu, sabar juga mempunyai beberapa keutamaan, yaitu diantaranya:

1. Dekat Dengan Allah

Orang-orang yang sabar akan selalu senantiasa dekat dengan Allah. Sebab, orang-orang yang sabar akan senantiasa bersama dengan Allah. Mereka akan menjadikan Allah sebagai satu-satunya penolong dan tempat meminta disaat mereka sedang tertimpa suatu masalah. Selain itu, Allah akan selalu menjaga dan memelihara orang-orang yang sabar sebagaimana janji-Nya.

Gudang Shopee terbakar

Ujian yang diberikan Allah kepada manusia ada bermacam-macam, salah satu contohnya seperti gudang shopee terbakar. Orang-orang yang sabar tidak akan mengeluh ketika menerima musibah atau ujian. Mereka berusaha menyelesaikan masalah mereka dan selebihnya mereka pasrahkan kepada Allah.

2. Sumber Pahala

Didalam Al Qur’an dikatakan bahwa sabar dapat menjadi pahala  yang tiada batas. Selain itu, orang-orang yang sabar juga akan diberikan balasan yang baik karena sudah mampu bersabar dengan masalah yang Allah berikan kepada mereka. Gudang shopee terbakar merupakan salah satu bentuk ujian dari Allah untuk menguji mereka.

Apabila yang diuji mampu bersabar, maka bisa jadi Allah memberikan balasan dan memberikan yang lebih baik daripada itu. Sedangkan, bila mereka tidak mampu bersabar, maka bisa jadi Allah akan memberi sesuatu yang lebih buruk daripada itu.

3. Dicintai Oleh Allah

Orang-orang yang sabar akan dicintai oleh Allah disebabkan mereka sudah bersabar dengan ujian yang Allah timpakan padanya. Jika Allah sudah mencintainya, maka Allah akan selalu menjaganya dan memeliharanya. Bahkan, jika dia dimusuhi seseorang, Allah jugalah yang akan membelanya.

Itulah keutamaan sabar terhadap musibah dalam Islam seperti cobaan gudang shopee terbakar. Semoga kita termasuk dalam orang-orang yang sabar ketika diuji oleh Allah, amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY