Film Edge of Tomorrow: Pelajaran Hidup

0
638
Edge of tomorrow

cahayaislam.id – Film Edge of Tomorrow yang rilis pada tahun 2014 silam ini merupakan suatu karya tentang fiksi ilmiah yang diadaptasi dari novel ringan Jepang yang berjudul All You Need is Kill.

Dibintangi oleh sejumlah aktor papan atas, mulai dari Tom Cruise hingga Emily Blunt, di mana latar belakang yang diambil adalah suatu masa depan di mana ras alien berhasil menginvasi bumi serta mengacaukan militer di dunia.

Awalnya, Mayor William Cage, diperankan Tom Cruise, dikirim untuk merampungkan sebuah misi yang dilancarkan United Defense Force (UDF) di Paris, Prancis.

UDF mempunyai rencana untuk melakukan invasi di sebuah kota yang telah lebih dulu berhasil dikuasai oleh ribuan dari alien yang disebut “mimics”.

Tak lama akhirnya ditemukan suatu teknologi terbaru untuk membantu perang tersebut demi bisa mengalahkan para alien. Di samping itu juga muncul sosok wanita tangguh yang dinilai akan memberi harapan kemenangan bagi pihak manusia.

Cage sendiri, pada mulanya adalah seorang penakut karena tidak memiliki dasar pendidikan militer apapun sebelumnya, namun dia diuntungkan pada hari pertama ikut berperang saat berhasil membunuh seekor alpha.

Dari darah alpha tersebut, Cage mendapati tubuhnya memiliki kekuatan yang berguna untuk memanipulasi waktu di mana bisa mengulang hari saat dirinya mati.

Pelajaran dari Film Edge of Tomorrow

Ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dari cerita pada film Edge of Tomorrow, salah satunya adalah pantang menyerah.

Nah, Sobat Cahaya Islam, melalui film ini, Sobat bisa menyimpulkan bahwa yang diperlukan agar bisa menjadi seorang ahli dalam suatu hal adalah dengan cara terus berusaha dan tidak mudah lengah.

Seperti yang dilakukan Cage, dia belajar dari kesalahan-kesalahan dan melalui tahap demi tahap yang dilakukan si amatiran itu hingga berhasil menjadi seorang expert.

Jika dilihat dari pandangan agama Islam, pantang menyerah juga sering disebutkan untuk menjadi pengingat bagi seluruh umat Muslim.

Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi :

وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجۡعَل لَّهُ ۥ مَخۡرَجً۬ا (٢) وَيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُ‌ۚ وَمَن يَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسۡبُهُ ۥۤ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَـٰلِغُ أَمۡرِهِۦ‌ۚ قَدۡ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىۡءٍ۬ قَدۡرً۬ا (٣)

Artinya: “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya diberi-Nya kelapangan dan diberi-Nya rezeki yang tidak diduga-duga. Siapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya dijamin-Nya, sesungguhnya Allah sangat tegas dalam perintah-Nya dan Dialah yang mentakdirkan segala sesuatu.” (QS. At-Thalaq : 2-3)

Memang, rasa putus asa kerap muncul di dalam pikiran dan tentunya membuat kita ingin menyerah terhadap sesuatu yang sedang kita hadapi karena seolah tidak ada titik ujung penyelesaiannya.

Padahal, masalah yang ada dalam setiap usaha adalah untuk membuat kita menjadi semakin tangguh dan mendekatkan pada hasil yang diharapkan.

Alasan Umat Muslim Dilarang Putus Asa

Selain itu, sebagai umat Islam yang mempercayai kuasa Allah SWT maka kita dilarang untuk berputus asa. Apa alasannya?

Kemungkinan yang Terjadi

Tidak ada yang mustahil di dunia ini, selama kita mau berusaha mencoba dan tak kenal putus asa maka Allah SWT pasti akan membantu kita dengan cara mengijabah segala harapan.

Edge of tomorrow

Nilai Perjuangan

Dengan kerja keras dan berjuang sekuat tenaga maka kesuksesan pun akan semakin dekat, meskipun tidak mudah dan penuh terjal namun kontribusi manusia yang pantang menyerah pasti memiliki peluang meraih keberhasilan.

Edge of tomorrow

Demikian di atas adalah ulasan mengenai tanggapan agama Islam terhadap pelajaran yang bisa diambil dari film Edge of Tomorrow.

Semoga artikel ini bermanfaat!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY