Eiger Ajukan Permintaaan Maaf, Berikut ini Keutamaan dari Perilaku Pemaaf!

0
110

Eiger – Media sosial diramaikan dengan viralnya surat keberatan dari pihak PT Eigerindo Multi  Produk Industri terhadap seorang Youtuber. Hal ini bermula ketika Dyan Widiyanarko mengunggah di akun youtube-nya terkait review produk Eiger.

Konten yang diunggah pun merupakan review sendiri bukan karena dirinya endorse. Selain itu, produk yang direview pun merupakan hasil beli sendiri. CEO PT Eigerindo pun turun tangan dan menjelaskan bahwa pihak internal perusahaan salah dan kurang tepat dalam menyampaikan masukkan pada reviewer.

Untuk mengatasi hal ini, Ronny Lukito selaku CEO mengungkapkan permohonan maaf sebesar-besarnya pada youtuber Dian. Selain itu, pihak PT Eigerindo pun tidak lupa memohon permintaan maaf pada pelanggan Eiger.

Ketika melakukan suatu kesalahan, Islam mengajarkan untuk memohon maaf dengan penuh ketulusan. Lantas, apakah Sobat Cahaya Islam tahu apa keutamaan dari mereka yang pemaaf?

Keutamaan Seorang Muslim yang Pemaaf

Apa yang dilakukan pihak Eiger merupakan hal yang tepat untuk meminta maaf pada Youtuber Dian. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk menciptakan perdamaian dua belah pihak.

Firman Allah swt dalam Al-Quran surat Ali Imran ayat 134:

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (Qs. Ali Imran: 134)”

Dalam meminta maupun memberi maaf terdapat syarat tertentu. Mereka yang memohon permintaan maaf senantiasa menyadari apa kesalahan yang diperbuat. Selain itu, penerima maaf hendaknya benar-benar menghapus goresan luka di dalam hatinya.

Manusia, memang tidak luput dari kesalahan. Ketika menyadarinya, sikap yang bijak yakni memohon maaf. Selain itu, pastikan Sobat Cahaya Islam untuk bisa memberikan maaf secara tulus dan ikhlas.

1.   Akan Dicintai oleh Allah swt

Keutamaan dari perilaku pemaaf yakni akan dicintai oleh allah swt. Siapa saja muslim yang memberikan maaf kepada orang lain dengan penuh ketulusan dan ikhlas akan dicintai Allah swt. Hal ini dijelaskan dalam salah satu hadits Rasulullah saw yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim.

2.   Mendapat Pengampunan dari Allah swt

Selain itu, perilaku memaafkan orang lain akan mendapatkan ampunan dari Allah swt. Oleh karena itu, selaku muslim yang baik hendaknya senantiasa memaafkan orang lain. Allah swt Maha Besar dan Pemurah, ketika hamba-Nya memiliki kelapangan hati untuk memaafkan, ampunan Allah swt pun akan didapatkan.

3.   Ditingkatkan Derajatnya

Sikap pemaaf merupakan bukti dari seseorang yang ingin terhindar dari dendam. Selain itu, jika mereka tidak pendendam akan ditingkatkan derajatnya oleh Allah swt. Hal ini tentu hal yang amat dinginkan setiap umat muslim.

4.   Mendapatkan Ketenangan Batin

Selain itu, perilaku memaafkan terhadap sesame akan mendtangkan ketenangan. Hal ini tentunya hanya dirasakan oleh mereka yang memiliki sifat pemaaf yang ikhlas dan tulus. Memaafkan akan mendatangkan ketenangan jiwa, terhindar dari suatu dendam.

5.   Meningkatkan Kualitas Diri

Perilaku pemaaf merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan kualitas diri. Seorang muslim dengan sikap pemaaf akan terhindar dari berbagai akhlak tercela, speerti iri, dengki, dendam dan sebagainya. Hal ini pun akan menunjukkan kualitas baik dan buruknya seseorang.

6.   Meningkatkan Kemuliaan di Hadapan Allah swt

Selanjutnya, perilaku pemaaf akan senantiasa meningkatkan kemuliaan di hadapan Allah swt. Dalam suatu hadits yang diriwayatkan Imam Muslim Nomor 2558 dijelalaskan bahwa siapa saja yang memiliki sifat pemaaf, maka akan ditambah kemuliaannya di sisi Allah swt.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah ulasan singkat terkait keutamaan dari perilaku memaafkan. Semoga perdamaian senantiasa menghampiri Eiger dan Youtuber Dian. Kesalahpahaman senantiasa muncul dalam kehidupan. Semoga senantiasa diberikan sikap yang bijak untuk menghadapinya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY