Ingin Ikut Berbagi Takjil Namun Budget Terbatas?

0
2318
bebagi takjil

Bersihkan HartaKami yakin bahwa euphoria bulan Ramadhan tidak akan lepas dari berbagi makanan atau berbagi takjil kepada orang-orang.

Baik yang berpuasa maupun sedekah kepada mereka yang membutuhkan secara umum. Berbicara mengenai takjil, sobat ingin ikut berbagi takjil namun budget terbatas? yuk ikuti tips ini!

Ingin Ikut Berbagi Takjil Namun Budget Terbatas?

Banyak masjid-masjid yang pada bulan ramadhan menyediakan hidangan buka puasa untuk mereka warga sekitar atau anak-anak yang sedang aktif dalam pembelajaran TPA di masjid.

Selain itu, para musyafir yang sedang berkelana yang kebetulan mampir untuk melaksanakan kewajiban shalat maghrib.

Euphoria ini terjadi karena orang-orang muslim yang beriman ingin memaksimalkan panen pahala pada bulan Ramadhan ini.

Karena memang Allah telah menjanjikan akan melipat-gandakan pahala dari amalan-amalan sholeh yang dilakukan dibulan ramadhan ini.

Bayangkan saja bagaimana bersyukurnya orang yang sedang puasa kemudian saat waktu berbuka tiba, kita memberikan hidangan berbuka untuk mereka. Anda ingin ikut serta dalam euphoria berbagi takjil ini bukan? Tidak perlu khawatir bahkan bila budget anda terbatas. Cukup ikuti cara yang akan kami ulas disini, pasti bisa!

Ikut kegiatan komunitas berbagi

Banyak sekali komunitas-komunitas peduli sesama yang bergerak dalam bidang sosial (misalnya komunitas berbagi nasi yang ada diberbagai kota, komunitas peduli difabel dan banyak lagi).

Biasanya sih komunitas berbagi seperti ini akan menyelenggarakan aksi berbagi yang lebih intens pada bulan Ramadhan karena jangkauan kegiatan mereka di bulan Ramadhan menjadi lebih luas.

Sobat Cahayaislam hanya perlu mencari info seputar komunitas-komunitas berbagi tersebut dan kemudian ikut serta dalam kegiatan mereka.

Biasanya memang komunitas berbagi seperti ini memiliki donatur tetap atau mengumpulkan charity dari banyak orang, nah anda bisa ikut menjadi donatur disini. Dan mereka seberapa banyak yang anda donasikan pasti akan mereka terima dengan senang hati.

Patungan bareng bersama pemberi takjil lainnya

Bila sobat Cahayaislam aktif dalam aktifitas masjid, takmir masjid biasanya akan menghubungi beberapa kepala keluarga.

Tujuannya untuk meminta kesediaan dan kesanggupan untuk ikut serta dalam meramaikan Ramadhan yang salah satunya adalah mengambil andil dalam berbagi takjil.

Bila budget anda terbatas, anda tidak perlu menjadi donatur utama yang bergerak sendiri untuk menyanggupi takjil tersebut. Ajaklah kepala keluarga yang lainnya untuk join venture dalam merealisasikan takjil tersebut.

Patungan adalah hal yang sah untuk dilakukan, dan Allah tidak menghitung berdasarkan seberapa banyak yang kita berikan, namun lebih kepada niyat dan keikhlasan kita untuk melakukan hal tersebut.

Menyumbang kecil-kecilan ke Panti Asuhan dan aksi bakti sosial

Berbagi takjil bukan berarti harus berupa makanan jadi yang siap santap. Bisa saja berupa bahan-bahan makanan pokok atau sembako yang bisa diolah menjadi makanan. Anda cukup mencari panti asuhan yang sekiranya membutuhkan dan bersedia menerima sekecil apapun sumbangan anda. Anda bisa membeli sekardus mie atau beberapa kilo beras dan mengantarkannya kepanti asuhan tersebut.

Selain menyumbang ke panti asuhan, anda bisa juga mengadakan bakti sosial kedaerah-daerah yang membutuhkan. Misalnya di daerah yang terkena bencana ataupun yang memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi dengan menyumbang sembako dan hal-hal lainnya.

Bila anda merasa berbagi sembako dan kebutuhan pokok lainnya kurang sreg dengan keinginan atau konsep berbagi takjil dalam benak anda, maka boleh saja kok sobat Cahayaislam datang ke panti asuhan dengan membawa makanan yang sudah di olah jadi untuk makan bersama dengan para saudara-saudari muslim kita yang berada di panti.

Nah kira-kira itulah 3 trik yang bisa anda gunakan untuk menyiasati budget anda yang terbatas untuk ikut serta dalam euphoria berbagi takjil di bulan Ramadhan ini. Semoga dengan niyat anda berbagi takjil tersebut, Allah akan membuka pintu rejeki anda lebih lebar dan luas. Amiin!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY