Donor Kornea Mata Ramai Diperbincangkan, Bagaimana Hukumnya Dalam Islam?

0
54
Donor Kornea Mata Ramai Diperbincangkan

Donor kornea mata – Baru-baru ini media sosial ramai memperbincangkan tentang donor kornea mata. Hal ini karena adanya postingan dari salah satu pengguna twitter yang mendaftar sebagai pendonor mata. Dan seketika postingan tersebut menjadi viral. Di dunia medis sendiri donor kornea mata bukanlah hal yang mengejutkan. Biasanya ini diperlukan jika ada pasien dalam kondisi yang mendesak dan membutuhkan donor mata. Donor mata pun bisa dilakukan jika pendonor telah meninggal dunia.

Donor Kornea Mata Ramai Diperbincangkan

Kita mungkin sudah seringkali mendengar mengenai donor mata ataupun organ lainnya. Ada situasi dimana seorang pasien mengalami gangguan fungsi organ tertentu, seperti mata misalnya. Dan membutuhkan donor mata untuk itu. Hanya saja, kita sebagai seorang muslim juga perlu mengetahui apakah ini bertentangan dengan syariat islam atau tidak. Bolehkah seseorang mendonorkan mata ataupun organ lainnya menurut pandangan islam?

Donor Kornea Mata Ramai Diperbincangkan, Begini Hukum Mendonorkan Organ Tubuh Dalam Islam

Donor Kornea Mata Ramai Diperbincangkan dan Begini Hukumnya Dalam Islam

Donor kornea mata baru-baru ini menjadi perbincangan di media sosial. Ini terjadi setelah adanya postingan dari salah satu pengguna twitter yang mendaftar sebagai pendonor mata. Namun sobat CahayaIslam, kita juga harus mengetahui apakah dalam islam ini diperbolehkan atau tidak. Apalagi pada dasarnya manusia tidak memiliki hak dengan bagian tubuhnya. Melainkan Allah SWT.

Ingatlah, sesungguhnya kepunyaan Allah semua yang ada di langit dan semua yang ada di bumi. Dan orang-orang yang menyeru sekutu-sekutu selain Allah, tidaklah mengikuti (suatu keyakinan). Mereka tidak mengikuti kecuali prasangka belaka, dan mereka hanyalah menduga-duga.(1)

Dalam ayat ini dijelaskan bahwasanya segala sesuatu yang ada di langit dan bumi adalah milik Allah SWT. Itu artinya, manusia pun adalah kepunyaan Allah. Lalu apa hukumnya mendonorkan mata atau organ tubuh lainnya dalam islam? Disini terdapat beberapa pendapat, salah satunya diperbolehkan. Ini jika dalam kondisi yang terdesak atau sudah tidak ada upaya medis yang lain. Dan tentu saja selama tidak menyebabkan mudharat, serta harus dengan izin keluarga.

Namun sebagian lagi berpendapat bahwa mendonorkan mata atau organ tubuh lainnya tidak diperbolehkan. Apa alasannya?

Ini Alasan Dilarangnya Donor Mata Atau Organ Tubuh Lainnya!

Donor Kornea Mata Ramai Diperbincangkan dan Hukumnya Menurut Islam

Sebagian berpendapat bahwa donor mata atau organ tubuh lainnya tidak diperbolehkan. Ini karena ada dua alasan yang mendasarinya.

Pertama, jika seseorang telah meninggal ini dianggap hilanglah hak miliknya atas apapun. Baik harta hingga organ tubuhnya. Dan lagi tubuh manusia adalah hak milih Allah SWT. Itu sebabnya, sebagian berpendapat bahwa hukum donor mata atau organ lainnya adalah dilarang.

Kedua, mayat atau jenazah memiliki kehormatan. Itu sebabnya tidak boleh menganiaya jenazah, seperti mencongkel mata atau membedah tubuh jenazah bukan untuk suatu kemaslahatan. Maka proses donor mata atau organ lainnya yang mengharuskan melakukan pembedahan jenazah dianggap menyalahi prinsip penghormatan jenazah.

Donor kornea mata – menjadi perbincangan viral di media sosial. Sementara itu sobat CahayaIslam, donor mata atau organ tubuh lainnya terdapat beberapa pendapat mengenai bagaimana hukumnya dalam islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Yunus Ayat 66

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY