Cobaan Adalah Tanda Cinta Allah kepada HambaNya

0
42
Cobaan Adalah Tanda Cinta Allah kepada HambaNya

Kajian islam – Acap kali ketika ujian, cobaan atau musibah datang dalam kehidupan kita. Kita sebagai muslim yang beriman kepadaNya akan bertanya – tanya. Sebenarnya apa sih maksud Allah memberikan ujian dan cobaan ini kepada kita? Pada dasarnya kita akan selalu mencoba untuk mencari hikmah yang bisa kita pelajari dari peristiwa yang menimpa kita dalam hidup ini karena Cobaan Adalah Tanda Cinta Allah kepada HambaNya

Cobaan Adalah Tanda Cinta Allah kepada HambaNya

Namun satu hal yang bisa dipastikan dari sebuah cobaan yang hadir dalam hidup kita, yakni: Allah itu maha baik dan menginginkan kebaikan untuk kita.  Lewat cobaan dan ujian? Tentu saja itu salah satu jalannya.

Orang yang diinginkan kebaikan atasnya akan di beri Cobaan olehNya

Tidak peduli sepelik apapun permasalahan yang kita hadapi. Bagaimanapun sulitnya perkara yang ada dihadapan kita. Yakinlah bahwa dengan itu, Allah sedang menginginkan kebaikan untuk kita. Hal ini diamini oleh Rasulullah lewat sabdanya yang diriwayatkan oleh Bukhori 5645.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي صَعْصَعَةَ، أَنَّهُ قَالَ سَمِعْتُ سَعِيدَ بْنَ يَسَارٍ أَبَا الْحُبَابِ، يَقُولُ سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ، يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُصِبْ مِنْهُ ‏”

Rasulullah dalam hadits ini bersabda bahwasanya Siapapun yang memang dikehendaki oleh Allah anugerah untuk menjadi orang yang baik, maka niscaya akan dikirimkan padanya Cobaan dalam hidup. [1]

Ini merupakan sebuah Pertanda baik untuk kita yang terkena cobaan hidup. Janganlah menganggap cobaan hidup itu sebagai beban yang membuat kita menderita. Alangkah baiknya kita berfikir positif dan yakin bahwa Allah sedang membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Selalu ada Hikmah yang bisa kita petik dari Sebuah Ujian Hidup

Orang yang hebat ialah orang yang bisa senantiasa menemukan cara bersyukur pada hal hal yang terjadi dalam hidupnya. Tak peduli seberapa rumit hal itu. Menjadi pribadi hebat yang bisa memetik buah hikmah dari cobaan dan ujian dari Allah lah yang menentukan apakah kita benar benar diinginkan oleh Allah mendapatkan anugerah kebaikan dariNya.

يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ

 “Allah menganugerahkan hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).” [2]

***

Nah, kira kira itu sih sedikit ulasan kebaikan yang semoga bisa memberikan manfaat penuh untuk sobat cahayaislam semuanya. Yang penting adalah keyakinan dan pikiran positif kita kepada Allah apapun yang terjadi dalam hidup kita. – Semoga bermanfaat untuk kita semua ya.


Catatan Kaki

[1] H.R. Sahih Bukhori No. 5645. referensi dalam bahasa inggris Vol. 7, Buku 70, Hadis 548

[2] Q.S. Al-Baqarah (2) ayat 269

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!