Desta Merasa Cemas Dengan Tayangan Televisi Yang Tidak Mendidik, Bagaimana Menurut Pandangan Islam?

0
675
Desta Merasa Cemas 1

Desta merasa cemas – Presenter Desta sebelumnya selalu menolak ajakan untuk tampil sebagai di berbagai acara podcast atau talkshow. Namun akhirnya kemudian bersedia untuk hadir dalam podcast Deddy Corbuzier. Salah satu alasan Desta bersedia untuk datang ke podcast Deddy ini dikarenakan sang magician ini sempat hampir meninggal dunia. Sehingga itu membuat Desta akhirnya luluh untuk tidak menolak hadir undangan podcast atau talk show.

Desta Merasa Cemas 2

Dalam podcast Deddy Corbuzier, Desta menyampaikan keresahannya terhadap acara televisi di masa sekarang ini. Hal ini karena acara televisi semakin banyak menampilkan kebohongan, keributan dan hal-hal yang tidak mendidik. Sementara seharusnya acara televisi diharapkan bisa mencerdaskan bangsa. Namun kenyataannya justru tidak seperti yang diharapkan. Padahal media seperti televisi cukup-memberikan pengaruh besar lho karena menjadi tontonan rutin masyarakat.

Desta Merasa Cemas Dengan Tayangan Televisi Yang Tidak Mendidik, Begini Menurut Pandangan Islam

Desta Merasa Cemas 1

Desta merasa cemas dengan tayangan televisi yang dianggap tidak mencerdaskan bangsa. Dalam hal ini, tayangan televisi memiliki peran yang cukup besar dalam kehidupan. Apalagi sosial media atau media seperti televisi menjadi konsumsi hampir semua kalangan masyarakat saat ini. Namun tentu saja sebagai seorang muslim harus bisa menyaring tayangan di televisi ataupun media sosial dengan bijak.

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.

Dalam ayat ini dijelaskan bagaimana kaum muslimin nantinya akan dimintai pertanggung jawaban atas pendengaran, penglihatan dan juga hati. Itu artinya, dalam menonton tayangan di televisi juga harus dengan bijak. Bagaimanapun, tidak semua tayangan di televisi atau media sosial bisa memberikan manfaat. Banyak juga yang justru memberikan pengaruh buruk atau kerugian.

Lalu bagaimana pandangan islam tentang hal ini?

Bijak Dalam Menyaring Informasi atau Tayangan

Banyaknya tayangan televisi sekarang ini membuat kaum muslimin harus semakin bijak tentu saja dalam menyaring informasi atau tontonan yang ada di televisi. Hal ini agar kita tidak terjerumus ke dalam kebohongan atau berita-berita yang tidak bisa dipastikan kebenarannya. Bukan hanya merugikan untuk diri sendiri, ini juga bisa menjadi penyebab dosa lho. Apalagi jika tayangan-tayang televisi justru menjadi salah satu pemicu ujaran kebencian misalnya.

Banyaknya Fitnah Dunia

Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya tayangan televisi juga banyak terdapat fitnah. Jika kita tidak pandai dalam menyaring apa yang ditonton, maka ini bisa menjadi salah satu penyebab terjerumusnya dalam kemaksiatan. Sebagai seorang muslim, kita harus berpegang pada dasar-dasar ajaran islam. Ini agar apa yang kita tangkap, baik dalam tayangan televisi bisa dipertimbangkan dengan ajaran islam yang ada.

Desta merasa cemas – dengan tayangan televisi yang dianggap tidak mencerdaskan anak bangsa. Ini merupakan bukti bahwa tayangan televisi juga mengandung banyak mudharat. Itu sebabnya sobat CahayaIslam, kita harus bijak dalam memilih tayangan televisi. Ini agar kita tidak terjerumus dalam kemaksiatan ataupun fitnah dunia. Apalagi tayangan pada televisi atau media sosial cukup besar memberikan pengaruh dalam kehidupan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY