Jenglot adalah Benda Sihir,  Sihir Merupakan Perkara yang Membinasakan

0
74

Jenglot – Bagi masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan jenglot. Jenglot merupakan sebuah benda seperti boneka yang menyerupai manusia tetapi ukurannya sangat kecil. Bentuknya menyeramkan kadang-kadang memiliki warna mata merah menyala dan rambutnya panjang.

Banyak mitos mengenai jenglot. Menurut cerita yang diyakini oleh masyarakat Indonesia, jenglot merupakan manusia yang mengalami perubahan bentuk dan ukuran tubuh. Seorang manusia berubah menjadi jenglot biasanya karena ia gagal mempraktekkan ilmu sihir bisa menghilang. Bukannya dia bisa menghilang dari satu tempat ke tempat lainnya tetapi ia malah berubah menjadi kecil.

Bagaimanapun menurut Islam, ilmu sihir seperti jenglot merupakan perbuatan syirik. syirik adalah salah satu dosa besar dan tidak akan diampuni oleh Allah. Jadi sobat Islam, hindarilah perkara yang membuat kita dekat dengan kesyirikan atau menyekutukan Allah.

Dalam suatu hadis, Rasulullah bahkan memperingatkan bahwa ada 7 hal yang bisa membinasakan. Salah satu dari hal yang membinasakan tersebut adalah sihir. Sebagai umat Islam yang mengikuti ajaran Rasulullah, hendaknya kita menjauhi perkara yang menurut beliau adalah buruk.

Tukang Sihir yang Menjadi Jenglot Apakah Kafir?

seperti yang kita ketahui sebelumnya, jenglot merupakan manusia yang ukuran tubuhnya mengecil. Itu disebabkan karena manusia tersebut melakukan ritual ilmu sihir dan akhirnya gagal mencapai tujuan dari ilmu sihir tersebut.

Siapapun yang melakukan ilmu sihir disebut sebagai tukang sihir. Pertanyaannya, apakah orang yang melakukan ilmu sihir menjadi kafir? Berdasarkan surat Al Baqarah ayat 102, disebutkan bahwa sihir itu datangnya dari setan.

Apabila seseorang mempelajari ilmu sihir dan mempraktekkannya, maka ia bisa disebut sebagai pengikut setan titik karena setan mengajarkan sihir kepada manusia.

“Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir)…” (QS. Al Baqarah ayat 102)

Setan selalu mengajak manusia untuk mengingkari perintah Allah. setan selalu berusaha keras agar manusia melupakan dan menyekutukan Allah. Salah satu cara yang sangat ampuh ialah memberi kekuatan ilmu sihir kepada manusia.

Dengan begitu manusia merasa bahwa ia mempunyai kekuatan. Ia akan menuruti apapun kemauan setan termasuk melakukan ritual ilmu sihir atau ilmu hitam. Manusia yang menjadi budak setan tidak akan melaksanakan perintah Allah dan akan menyekutukanNya.

Sihir memberi pengaruh buruk bagi diri sendiri dan lingkungan

Sihir merupakan satu perkara yang bisa membinasakan. membinasakan bisa berarti macam-macam seperti memberi pengaruh buruk kepada diri orang yang melakukan sihir, atau orang-orang di sekitarnya.

Allah sendiri memerintahkan kita untuk berlindung kepada-Nya dari sihir. ini menyiratkan bahwa sihir bisa membahayakan bagi manusia titik berikut adalah ayat dalam Alquran yang memerintahkan manusia untuk berlindung kepada Allah dari sihir.

Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki”. (QS.Al-Falaq:1-5)

Cara Agar Terhindar dari Sihir

Banyak cara yang bisa sobat cahaya Islam lakukan agar bisa terhindar dari sihir. Salah satunya adalah selalu menjalankan kewajiban yang Allah perintahkan kepada kita. Selain itu, kita harus selalu tawakal dan berserah diri kepada Allah.

Perkuat iman dan ketauhidan kita untuk mencegah sihir masuk ke dalam diri kita titik a selalu berdzikir dan membaca Alquran bisa mencegah kekuatan sihir jahat ya sewaktu-waktu bisa menyerang kita. Karena bisa jadi sihir datang dari orang-orang yang jahat dan dengki kepada diri kita.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!