Tips Mengolah Kurma sebagai Menu Berbuka Puasa

0
682
tips mengolah kurma

cahayaislam.id – Pada saat bulan puasa, buah kurma sering kita jumpai sebagai salah satu santapan berbuka. Lantas bagaimana tips mengolah kurma yang enak, legit namun mudah dibuat?

Bukan hanya berbuka, kurma juga merupakan satu sajian khas yang selalu dikonsumsi pada waktu sahur. Selain kaya nutrisi, kandungan pada buah ini juga sangat bagus bagi kebutuhan tubuh.

Buah ini bahkan sering disebut buah nabi dan juga ada berbagai jenisnya. Mulai dari kurma barhi, halawy, khadrawy, deglet noor, medjool dan thoory. Kurma juga bisa menjadi sumber energi karena ada kandungan fruktosa dan dekstrosa.

وَجَعَلۡنَا فِيۡهَا جَنّٰتٍ مِّنۡ نَّخِيۡلٍ وَّاَعۡنَابٍ وَّفَجَّرۡنَا فِيۡهَا مِنَ الۡعُيُوۡنِۙ

“Dan Kami jadikan padanya di bumi itu kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air,” (QS. Yaasin:34)

Tips Mengolah Kurma sebagai Menu Berbuka Puasa

Sobat Cahaya Islam, pada umumnya, buah ini selalu dimakan langsung. Namun jika Sobat merasa bosan maka ada beberapa cara untuk menyajikannya agar terasa lebih enak dan lezat. Lantas seperti apa? Demikian ulasannya.

1.      Wedang Kurma

Sajian yang satu ini sangat cocok disantap saat cuaca dingin dan disertai hujan. Cara membuatnya pun cukup sederhana.

Yakni, campur kurma dengan teh dan beberapa aneka rempah, lalu rebus bersamaan hingga mendidih. Kemudian tambahkan susu kental manis dan gula merah. Saring dan sajikan di cangkir dalam kondisi hangat.

2.      Susu Kurma

Susu kurma adalah salah satu jenis olahan buah kurma yang memiliki peminat cukup tinggi. Bahkan sempat naik daun dan menjadi minuman yang cukup popular.

tips mengolah kurma

Susu kurma dibuat dengan cara menambahkan madu dan kacang almond. Tak kalah nikmat juga apabila diberi tambahan topping jelly atau cincau. Minuman ini sangat enak apabila dikonsumsi dalam keadaan dingin, jadi jangan lupa untuk menyimpannya terlebih dahulu dalam kulkas, ya.

3.      Jus Kurma

Kurma yang rasanya manis sangat cocok dijadikan jus dengan menambahkan beberapa jenis buah lainnya. Tentunya akan lebih nikmat jika dibuat dengan menggunakan infused water kurma, sehingga Sobat tidak perlu lagi menambahkan gula ke dalamnya.

4.      Kurma Keju

Apakah Sobat sudah sering mendengar nama hidangan yang satu ini?

Cara membuatnya sangat mudah, yakni dengan cara membelah kurma menjadi dua lalu menambahkan isian keju di tengahnya. Hal ini bisa dijadikan salah satu alternatif bagi penyuka makanan asin, sebab kurma yang manis dipadukan dengan keju yang asin rasanya sangat nikmat.

5.      Pisang Goreng Kurma

Hidangan yang satu ini juga sangat disukai oleh berbagai kalangan. Membuatnya pun cukup sederhana, yakni pisang dipipihkan lebih dahulu, lalu beri potongan kurma tanpa biji di dalamnya. Baluri dengan tepung lalu goreng hingga warnanya menjadi keemasan.

6.      Martabak Manis Kurma

Kurma terkadang rasanya memang mirip dengan kismis. Salah satunya adalah yang jenis ajwa. Sehingga sangat cocok apabila dijadikan sebagai topping atau isian martabak manis.

7.      Pudding Kurma

Selain dijadikan minuman dan makanan ringan, kurma juga sangat enak apabila disulap menjadi makanan yang menyegarkan. Misalnya, pudding.

tips mengolah kurma

Sobat bisa membuatnya dengan siraman saus yoghurt yang rasanya manis namun sedikit asam. Pastinya menjadi salah satu opsi menarik sebagai takjil bersama keluarga, bukan?

Demikian di atas adalah ulasan mengenai tips mengolah kurma sebagai menu berbuka puasa dengan pilihan yang sangat variatif.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY