Ciri Makanan Tidak Sehat, Seperti Apa Menurut Islam?

0
321
Ciri Makanan Tidak Sehat 1

Ciri makanan tidak sehat – Makanan yang sehat merupakan makanan yang memiliki kandungan baik dan dapat memenuhi gizi dalam tubuh. Itu artinya makanan yang tidak sehat adalah sebaliknya. Saat ini, banyak berbagai jenis makanan yang beredar dan dapat dinikmati oleh masyarakat. Namun dengan semakin bervariasi jenis makanan, maka semakin banyak juga makanan yang ternyata ditemukan tidak sehat.

Ciri Makanan Tidak Sehat 1

Makanan yang sehat tentu saja akan berdampak pada kesehatan tubuh. Begitu juga saat kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau kandungannya berbahaya. Kita dapat lihat banyak sekali kasus keracunan makanan yang terjadi terutama di lingkungan sekolah. Lalu bagaimana menurut pandangan islam mengenai makanan yang tidak sehat?

Ciri Makanan Tidak Sehat, Begini Menurut Islam

Ciri Makanan Tidak Sehat 2

Ciri makanan tidak sehat tentu saja perlu kita ketahui untuk menghindari makanan-makanan yang seharusnya tidak baik untuk dikonsumsi. Terlebih dalam islam, kita pun dianjurkan untuk memakan makanan yang baik dan tentu saja tidak membahayakan bagi tubuh. Hal ini tercermin dalam ayat Al Quran mengenai bagaimana islam mengatur tentang makanan dan minuman yang seharusnya dikonsumsi oleh kaum muslimin.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.

Ayat ini telah menganjurkan kaum muslimin untuk makan makanan yang baik dan juga halal. Itu berarti, makanan yang sehat adalah makanan yang dianjurkan. Sementara bagaimana dengan makanan yang tidak sehat? tentu saja ini tidak sesuai dengan anjuran yang telah dituliskan dalam ayat Al Quran. Hanya saja, tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan zaman ternyata memberi pengaruh pada kualitas makanan.

Lalu bagaimana ciri makanan yang tidak sehat dalam islam?

Makanan Yang Tidak Halal

Sebagai seorang muslimin, beberapa makanan akan masuk dalam kategori yang diharamkan atau tidak halal untuk kita konsumsi. Namun tentu saja saat hukum islam menetapkan ini, pasti ada tujuan baik didalamnya. Seperti larangan makan daging babi, ini dikarenakan daging babi dianggap memiliki kandungan yang bisa menjadi sumber penyakit bagi manusia. Adanya cacing pita misalnya.

Kandungan Makanan Berbahaya

Salah satu ciri makanan yang tidak sehat dapat dilihat dari kandungannya. Apakah mengandung kandungan yang berbahaya atau tidak. Jika makanan tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan, tentu saja ini artinya makanan tersebut tidak sehat untuk dikonsumsi. Ini akan bertentangan dalam anjuran islam ya sobat CahayaIslam.

Makanan Yang Didapat Dengan Cara Tidak Baik

Makanan yang kita dapatkan dari cara yang tidak baik atau pengolahan yang tidak benar, maka ini juga termasuk ciri makanan yang nantinya tidak menyehatkan. Misalkan makanan yang didapat dari mengambil hak orang lain, atau makanan yang diolah dengan kebersihan yang tidak terjaga. Ini akan sangat berpengaruh lho.

Ciri makanan tidak sehat – dapat dilihat dari beberapa poin diatas ya sobat CahayaIslam. Bagaimanapun, ajaran islam selalu menganjurkan sesuatu yang tujuannya adalah baik bagi kaum muslimin. Begitu juga dengan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dan yang diharamkan. Maka ini dapat dijadikan dasar untuk memilih makanan mana yang baik serta sehat.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 168

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY