Cara Cegah Virus Corona yang Bisa Dilakukan

Cara Cegah Virus Corona Agar Tidak Mudah Menyebar dan Menular

0
153
cegah virus corona 2

Cara Cegah virus corona-Virus corona menjadi virus yang sangat mengerikan dan menggemparkan saat ini. Virus yang berasal dari China ini kini kabarnya telah menyebar hingga ke 10 negara. 10 negara tersebut antara lain China, Jepang, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam, Nepal, dan juga Perancis. Bru-Baru ini juga banyak kabar bahwa sudah ada salah satu warga Indonesia yang terinfeksi virus korona karena baru saja pulang dari China.

Penyakit ini memang sangat mengerikan. Gejala penyakit ini juga terkesan seperti flu biasa namun apabila sudah parah dapat menyebabkan kematian. Penting bagi kita untuk selalu berusaha untuk menjaga diri agar tidak tertular virus yang sangat berbahaya ini.

Sobat cahaya Islam, melakukan pencegahan adalah yang sangat penting. seperti yang kita tahu mencegah lebih baik dari pada mengobati. Meskipun segala sesuatu dapat terjadi atas kehendak Allah namun kita tetap harus melakukan ihtiar.

Terdapat beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah tips yang dapat dilakukan agar tidak tertular virus corona dari China.

Cara Cegah Virus Corona Jangan Berkunjung ke China

cegah virus corona 4

Tips yang pertama harus dilakukan adalah urungkan niat untuk pergi ke China. Bagi yang berencana untuk ke China baik itu untuk urusan liburan atau pekerjaan sebaiknya di tunda terlebih dahulu hingga virus ini dapat di atasi dengan baik. Pemerintah Indonesia juga hendaknya menjaga masyarakat dari terpapar virus ini dengan menutup sementara akses turis China ke Indonesia karena banyak negara yang sudah melakukan hal tersebut.

Hindari kontak dengan orang yang memiliki gejala pneumonia

Bagi kita mungkin saja tidak terlalu memahami  gejala dari penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Namun karena gejalanya mirip seperti flu yakni demam tinggi, batuk, pilek, dan radang tenggorokan maka sbebaiknya hindari untuk melakukan kontak langsung dengan orang yang mengalami gejala tersebut.

Gunakan masker dengan benar untuk hindari virus corona

cegah virus corona 1

Menggunakan masker adalah salah satu cara cegah virus corona yang juga sangat penting. apabila hendak bepergian apalagi ke tempat yang memang terdapat orang dengan gejala penyakit menular sebaiknya jangan lupa untuk menggunakan masker. Gunakan masker yang tepat dengan warna biru di bagian dalam. Kebanyakan orang keliru dalam menggunakan masker yakni memakai masker dengan warna biru atau bagian yang berwarna di bagian luar.

Tingkatkan daya tahan tubuh

Adaya tahan tubuh yang baik akan membantu diri untuk terhindar dari serangan virus corona dan sebagai cara cegah virus corona. Ada banyak cara yang bisa dilakukan muali dari mengkonsumsi makanan sehat, mengkonsumsi infuse water jahe dan pandan, istirahat cukup dan jaga pola pikir.

Periksakan diri ke Dokter segera jika mengalami gejala

Apabila mengalami gejala flu maka sebaiknya jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter apalagi jika di daerah yang ditinggali sudah ada yang positif terpapar virus corona. Dengan melakukan tindakan yang cepat maka inshaallah penyebaran virus dapat segera dihentikan.

Jaga kebersihan dan konsumsi makanan yang sehat

Kebersihan menjadi kunci agar virus tidak mudah mendekat. Penyakit ini mudah menyebar melalui udara sehingga penting untuk memakai masker yang bersih juga. cuci tangan sebelum makan serta selalu menjaga kebersihan tubuh. Jangan lupa untuk memilih makanan sehat dan hahal. Masyarakat China kebanyakan penganut komunis sehingga makanan yang dikonsumsi kebanyakan makanan sembarangan dan makanan haram. Kita sebagai umat Islam yang beriman tentu mampu membedakan mana makanan yang halal dan mana makanan yang haram.

“Makanlah di antara rezeki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Dan barang siapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya binasalah ia.” (Thoha: 81)

Semoga tips yang disampaikan diatas dapat membantu menghindarkan diri dari terjangkit virus corona. Jangan lupa juga untuk membaca doa dan mendekatkan diri kepada Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!