Vape Haram, Ini Alasan Fatwa PP Muhammadiyah

Vape Haram yang di fatwakan oleh PP Muhammadiyah ini telah melalui kajian yang mendalam

0
194
vape haram 1

Vape haram– PP Muhammadiyah baru saja mengeluarkan fatwa bahwa vape atau rokok elektrik adalah termasuk sebagai sesuatu yang haram. Seperti yang kita tahu bahwa kemajuan teknologi saat ini memang semakin canggih sehingga rokok juga terdapat yang berjenis elektrik.

vape haram 4

Berdasarkan fatwa yang dikeluarkan PP Muhammadiyah, merokok baik itu rokok biasa atau rokok elektrik semuanya haram karena merupakan kegiatan yang merusakan badan dan termasuk kegiatan yang sangat merugikan.

Merokok memang hal yang menyenangkan bagi sebagian orang meskipun sudah banyak himbauan bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang mematikan seperti penyakit jantung, paru-paru, hipertensi, stroke dan berbagai penyakit mematikan lainnya. Bahkan merokok juga dapat menyebabkan kelainan pada janin sehingga janin lahir dalam kondisi cacat atau mengalami masalah.

 Vape haram berdasarkan fatwa PP Muhammadiyah

vape haram 1

Fatwa yang dikeluarkan oleh PP Muhammadiyah tentu saja bukan tanpa alasan. Seperti halnya rokok, bahaya yang dapat ditimbulkan oleh rokok elektrik atau vape ini tidak kalah besar. Telah banyak kasus orang mengalami gangguan kesehatan yang disebabkan oleh vape.

Fatwa tersebut menyebutkan bahwa merokok e-cigarette hukumnya haram sebagaimana rokok konvensional karena merokok e-cigarette termasuk kategori perbuatan mengonsumsi khaba’is (merusak/membahayakan), perbuatan merokok e-cigarette mengandung unsur menjatuhkan diri ke dalam kebinasaan (Q.S. al Baqarah 2:195)

ينَحْسِنِوَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُ

Arab latin: Wa anfiqụ fī sabīlillāhi wa lā tulqụ bi`aidīkum ilat-tahlukati wa aḥsinụ, innallāha yuḥibbul-muḥsinīn

Artinya: Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

Setelah fatwa tersebut dikeluarkan, MUI menyatakan bahwa tidak ingin terlibat dengan fatwa itu. Namun ketua umum MUI Zainut Tauhid mengatakan bahwa beliau menghargai fatwa yang dikeluarkan oleh salah satu ormas terbesar di Indonesia tersebut. Beliau juga mengatakan bahwa fatwa yang telah dikeluarkan oleh Muhammadiyah tentu saja sudah memiliki dalil yang kuat meskipun MUI tidak ikut menguatkan fatwa tersebut.

Trend masyarakat saat ini memang selalu saja berubah. Rokok yang awalnya berbentuk cigarette saat ini sudah ada yang lebih modern dan juga menggunakan peralatan yang lebih canggih. Hingga saat ini semakin banyak orang yang menggunakan vape. Fatwa bahwa vape haram ini nantinya akan menjadi suatu hal yang mampu membatasi penggunaan vape dikalangan anggota Muhammadiyah.

Vape haram karena berbahaya

vape haram 2

Fatwa vape haram memang ada benarnya. Jika dalam bungkus rokok saja telah tertera bahwa rokok membunuhma maka itu artinya jika merokok adalah kegiatan yang sangat sia-sia dan tidak memberikan manfaat. Meskipun vape tidak menggunakan tembakau namun asap yang dihirup sama-sama merusak organ dalam tubuh.

Penggunakan hal-hal yang berbahaya memang sangat diharamkan oleh agama. Allah telah melarang manusia untuk mengkonsumsi atau menggunakan sesuatu yang tidak baik bagi tubuh. Pengguna vape meskipun menganggap vape lebih aman namun pada kenyataannya vape sama bahayanya dengan rokok. Hal ini telah banyak diteliti dan ternyata hasilnya memang vape adalah rokok elektrik yang tetap membahayakan kesehatan.

Allah mengharamkan sesuatu karena Allah sangat mencintai hambaNya. Dalam ayat Al-Quran memang tidak disebutkan mengenai vape secara  gamblang namun merujuk pada cirri dan juga efek yang disebabkan oleh vape maka wajar sekali jika PP Muhammadiyah mengeluarkan fatwa tersebut.

Sobat cahaya Islam, apabila saat ini kita masih berdebat mengenai apakah vape haram atau halal maka memang hal ini dapat saja membingungkan karena setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing. Namun jika dilihat dari perbandingan manfaat dan mudorotnya maka vape memang cenderung lebih banyak mudorotnya.

Daripada kita melakukan kegiatan yang merusak tubuh akan lebih baik jika melakukan kegiatan yang menyenangkan. Ada banyak sunah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang itu justru akan semakin menyehatkan dan juga bahkan bernilai ibadah. Kegiatan menyenangkan yang sangat baik dilakukan oleh muslim diantaranya seperti membuat infuse water qurma, olah raga panahan, berenang, berkuda, berolah raga dan lain sebagainya.

Sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah ada begitu banyak dan semuanya memiliki manfaat yang luar biasa. Vape haram memang hal yang dapat diyakini kebenarannya karena PP Muhammadiyah juga telah melakukan kajian yang mendalam mengenai hal ini. Semoga dengan adanya fatwa ini, kita bisa semakin mencari alternative kegiatan menyenangkan sekaligus menyehatkan selain rokok dan vape.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!