Penting Bagi Remaja Muslim, Pahami 3 Cara Bersyukur Kepada Allah Ta’ala

0
40
Cara bersyukur kepada Allah

Cara bersyukur kepada Allah – Dalam kehidupan yang serba mudah sekarang, para remaja muslim harus lebih pandai untuk memahami cara bersyukur kepada Allah.

Sebab seringkali kemudahan yang didapatkan hanya dirasa atas kerja keras diri sendiri, bukan dari rezeki Allah. Padahal segala sesuatu di dunia ini terjadi lantaran kehendakNya.

Sobat Cahaya Islam, ada berbagai aktivitas yang dapat dikategorikan sebagai cara bersyukur kepada Allah Ta’ala.

Mengapa Harus Memahami Cara Bersyukur Kepada Allah Ta’ala?

Sebagai umat muslim, khususnya ketika beranjak mencapai usia remaja penting untuk belajar tentang cara bersyukur kepada Allah Ta’ala. Sebab rasa syukur tersebut akan meningkatkan ketaqwaan. Bersyukur sendiri bukan hanya terletak pada seberapa kekayaan, kecerdasan maupun jabatan yang dimiliki.

Rasa syukur bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun kendati hanya perkara sederhana. Sebab sejatinya segala kemudahan yang dimiliki dalam hidup juga ada karena Allah Ta’ala.

Selain itu, dengan bersyukur akan menjadikan seorang hamba sebagai sosok yang tak gampang menyerah dan senantiasa mengejar rahmatNya.

Apalagi di era teknologi seperti sekarang, seringkali manusia mudah menyerah dan membandingkan kehidupannya dengan yang lain. Padahal, jelas kehidupan yang satu dengan yang lainnya itu berbeda.

Maka dari itu, alih – alih bersikap overthinking atas kepemilikan orang lain yang seharusnya bukan buat diri, maka baiknya tingkatkan rasa syukur. Pun hal ini juga bagian dari kontribusi umat sebagai seorang hamba. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 yakni :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

3 Cara Bersyukur Kepada Allah Ta’ala

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar para remaja muslim dapat lebih bersyukur kepada Allah. Diantaranya yakni :

1.    Melakukan Ibadah dengan Maksimal

Hal pertama yang bisa dilakukan yakni dengan senantiasa melakukan ibadah dengan maksimal. Mengoptimalkan ibadah adalah bagian dari bersyukur kepada Allah Ta’ala. Beribadah secara maksimal juga akan membantu diri untuk semakin meningkatkan ketaqwaan dalam diri.

Cara bersyukur kepada Allah

Namun beribadah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Tentu Sobat Cahaya Islam perlu belajar cara agar dapat beribadah secara optimal.

Selain itu, mempelajari bagaimana seharusnya prosedur ibadah adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslimin. Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala yakni dalam surat Al Mujadilah ayat 11 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

2.    Berkawan Sholih

Kemudian, bersyukur kepada Allah juga dapat ditingkatkan dengan senantiasa mencari kawan sholih sebanyak mungkin. Dengan memiliki banyak teman, akan ada beragam kesempatan untuk mendedikasikan diri menjadi sosok terbaik dan seorang muslim yang tangguh.

Cara bersyukur kepada Allah

Selain itu, kawan sholih juga dapat menjadi reminder bagi diri untuk selalu bergegas dalam banyak kebaikan. Pun juga dapat saling menasehati manakala diri maupun teman sedang dalam keterpurukan dan berlepas dari syariat.

Tentu saja, kawan sholih tak hadir dengan sendirinya. Kehadirannya harus diusahakan. Kebersegeraan diri dalam memperbaiki rasa syukur juga bagian dari kewajiban yang Allah perintahkan dalam surat Al Baqarah ayat 148 yakni :

وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اَيْنَ مَا تَكُوْنُوْا يَأْتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيْعًا ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya : Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan cara bersyukur kepada Allah dan beberapa tips yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY