Novel Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi dan Pandangan Islam Mengenai Perjuangan Cinta

0
19

Novel Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi – Film yang diangkat dari dari novel Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi sudah tersedia di Netflix mulai 15 Oktober. Film garapan Lasja F Susatyo tersebut mengisahkan tentang cinta segitiga antara Nara yang diperankan Aurora Ribero, Kevin oleh Jefri Nichol dan Juned oleh Axel Matthew.

Persahabatan Kevin dan Nara terjalin sejak kecil. Di balik persahabatannya, diam-diam Kevin jatuh cinta pada Nara dan berusaha keras untuk mengungkapkan isi hatinya. Perasaan itu terbawa hingga beranjak remaja. Kevin yang sudah duduk di bangku kuliah masih belum berani untuk menyatakan cintanya.

Sampai suatu hari Nara bertemu dengan Juned yang ia sukai. Sejak itulah Kevin terbelenggu dengan perasaanya, keberaniannya menyatakan cinta pada Nara semakin patah.

Sobat Cahaya Islam cinta merupakan perasaan yang diciptakan Allah SWT kepada manusia. Cinta akan membawa seseorang untuk melakukan hal apa saja.

Namun dalam Islam cinta yang jauh lebih tinggi adalah cinta kepada Allah SWT, bukan hanya mencintai pada mahluk CiptaanNya saja. Sehingga perasaan cinta harus dijaga agar tidak membawa kita pada hal yang tidak baik.

Novel Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi dan Hukum Memperjuangkan Cinta Menurut Islam

Cinta sejati menurut Islam adalah perasaan yang timbul untuk dan karena Allah SWT untuk menjadikan sebagai jalan ibadah sebagaimana dalam hadit dan ayat di bawah ini

عُونَ أَهْوَآءَهُمْ ۚ وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّنِ ٱتَّبَعَ هَوَىٰهُ بِغَيْرِ هُدًى مِّنَ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَهْدِى ٱلْقَوْمَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Maka jika mereka tidak menjawab (tantanganmu) ketahuilah bahwa sesungguhnya mereka hanyalah mengikuti hawa nafsu mereka (belaka). Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Allah sedikitpun. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. (QS Al Qashash:50)

Cara Memperjuangkan Cinta Dalam Islam

1. Memperjuangkan dengan Jujur

Untuk memperjuangkan cinta kita harus  mengatakan sesuai dengan keadaanya. Misalnya mengenai kondisi diri dan niatnya. Jangan sampai cinta hanyalah niat untuk tujuan tertentu atau mengejar sesuatu yang bersifat duniawi.

2. Menjaga Pandangan

Banyak hadist yang membahas ini. Mencintai lawan jenis yang belum muhrimnya tidak boleh dilakukan secara berlebihan meski mempunyai perasaan yang lebih dekat. Memandang lawan jenis merupakan bentuk zina yang harus dihindari.

3. Niat Karena Allah

Jangan mencintai karena hawa nasfu atau tujuan tertentu karena nantinya akan dihinakan oleh Allah SWT dan mengakibatkan penyesalan. Keutamaan mencintai sesama mahluk harus diniatkan sebagai ibadah kepadaNya.

4. Menikahinya

Jalan terbaik untuk memperjuangkan cinta ialah menikah. Islam tidak melarang perempuan atau laki-laki mana yang lebih dulu melamar karena hal itu lebih baik daripada zina.

5. Mendekat Kepada Allah

Dalam memperjuangkan cinta jangan lupa untuk melibatkan Allah dalam setiap urusannya. Mendekatlah dan memperbanyak amal kebaikan serta memohon petunjuk kepadaNya.

Sobat Cahaya Islam memperjuangkan cinta bukanlah hal yang mudah sebagaimana dalam novel Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi. Untuk itu sebagai umat muslim sudah seharusnya kita melibatkan segala urusan kepadaNya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!