Berpuasa Syawal: Jangan Diskip & Dapatkan Pahala Layaknya Puasa 1 Tahun

0
379
Puasa Syawal Jangan Diskip & Dapatkan Pahala Layaknya Puasa 1 Tahun

Berpuasa Syawal – Euphoria bulan Ramadan telah berlalu. Umat islam kini merayakan sebuah kemenangan sejati atas berhasilnya kerja keras selama satu bulan. Mengharapkan awal yang suci dan ampunan ilahi. Dengan usainya bulan suci, niyatkan dalam hati soal konsistensi.

Untuk seorang muslim sejati yang senantiasa menyongsong hari kedepan setelah menempa diri di bulan Ramadan, tentu saja kita harus lebih bisa menggunakan momentum. Melihat dan menimbang peribadatan kita. Tahu pahalanya dan dengan senang hati mengeksekusinya. Nah, bakda Ramadan, di bulan syawal ada sebuah ibadah lain yang memiliki pula pahala yang menakjubkan. Yakni Puasa Syawal:

Berpuasa Syawal Berpahala sama Seperti Puasa 1 Tahun Penuh

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، حَدَّثَنَا بَقِيَّةُ، حَدَّثَنَا صَدَقَةُ بْنُ خَالِدٍ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ الْحَارِثِ الذِّمَارِيُّ، قَالَ سَمِعْتُ أَبَا أَسْمَاءَ الرَّحَبِيَّ، عَنْ ثَوْبَانَ، مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ أَنَّهُ قَالَ: ‏”‏ مَنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ كَانَ تَمَامَ السَّنَةِ

Dalam hadits riwayat ibnu Majjah 1715 diatas menjelaskan secara gamblang bahwa pahala untuk seseorang muslim yang berpuasa 6 hari setelah bulan Ramadan (Syawal). Maka baginya pahala layaknya puasa selama 1 tahun penuh.

***

Para alim ulama menjelaskan bahwasanya, Puasa Sunnah Syawal itu sendiri adalah pelengkap puasa Ramadan. Bahwa seseorang mendapatkan 10 x lipat pahala untuk satu kebaikan. Dimana kita sudah penuh puasa ramadan 30 hari yang mana setara dengan 300 hari (30 x 10) / 10 bulan. Kemudian disempurnakan lagi dengan puasa syawal 6 hari: 60 hari / 2 bulan. Jadi maksudnya pahala layaknya 1 tahun adalah demikian penjelasannya.

Bagaimana Tuntunan Melaksanakan Puasa Sunnah Syawal ini?

Banyak pertanyaan seputar puasa syawal ini. Apakah melakukannya harus berurutan selama 6 hari penuh? ataukah bisa selang seling maupun dicicil 3 hari duluan lalu rehat sejenak dan kemudian melanjutkan lagi?

Alim ulama secara mufakat tidak mewajibkan puasa ini harus langsung 6 hari berturut – turut. Yang menjadi parameternya adalah puasa ini harus dilakukan selama bulan Syawal.

***

Nah, sobat cahayaislam. Sebagai komitmen kita orang beriman tentang istiqomah dan terus beribadah kepada Allah dengan baik setelah Ramadan. Alangkah baiknya ibadah puasa sunnah yang satu ini tidak di skip ya! Selain pahalanya yang besar, kita juga bisa tetap terus istiqomah dalam beribadah kedepannya. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY