Bandung Lautan Api dan Jihad Pada Zaman Nabi

0
43
Bandung Lautan Api

Bandung Lautan Api – Bandung Lautan Api diperingati setiap tanggal 23 Maret. Tepat pada 75 tahun lalu peristiwa ini terjadi, yakni perlawanan rakyat Indonesia kepada para penjajah.

Bandung termasuk salah satu kota bersejarah dalam era penjajahan Belanda hingga Jepang. Pada masa penjajahan Bandung dipilih oleh pemerintah Hindia-Belanda untuk dijadikan Ibukota Hindia-Belanda, sebab kawasannya yang strategis.

Saat itu dibangunlah beberapa gedung penting, seperti Gedung sate yang digunakan sebagai kantor gubernur jenderal, kantor pos, paberik senjata hingga kantor pertambangan.

Tidak hanya itu, semua kekuatan tentara di Indonesia, terutama di Jakarta dan Surabaya dipindahkan ke Bandung. Salah satu bukti nyatanya ialah Pangkal Angkatan Laut (Lanal Bandung). Namun pemerintah Hindia-Belanda menyerah saat mempertahankan Bandung saat Jepang               

Sobat Cahaya Islam semangat bangsa Indonesia pada masa lalu patut dicontoh saat ini. Para ulama sepakat bahwa orang yang berjuang melawan penjajahan untuk mempertahankan tanah airnya adalah jihad.

Bandung Lautan Api dan Keterkaitannya dengan Jihad

Para ulama bersepakat bahwa perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan pada masa lalu termasuk dalam kategori jihad. Sebab Islam mengajarkan bahwa manusia dilahirkan dalam keadaan merdeka, dan Islam anti perbudakan.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أُولَٰئِكَ يَرْجُونَ رَحْمَتَ اللَّهِ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-Baqarah:218)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاءَ لِلَّهِ وَلَوْ عَلَىٰ أَنْفُسِكُمْ أَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ ۚ إِنْ يَكُنْ غَنِيًّا أَوْ فَقِيرًا فَاللَّهُ أَوْلَىٰ بِهِمَا ۖ فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوَىٰ أَنْ تَعْدِلُوا ۚ وَإِنْ تَلْوُوا أَوْ تُعْرِضُوا فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرًا

Allah Swt berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu.” (Qs. al-Nisa [4]: 135).

Keutaman Jihad Dalam Islam

Berjihad tidak hanya ikut berperang. Melawan peredaran narkoba pun termasuk dalam jihad pada masa sekarang. Berikut ini adalah keutamaan jihad dalam Islam.

1. Perintah Allah

Jihad merupakan salah satu perintah Allah SWT. Ketentuntuannya pun sudah tercantum dalam Al Quran, salah satunya dalam QS Al-Baqarah ayat 193.

Bandung Lautan Api

2. Memberikan Pertolongan pada Orang Lain

Berjihad tidak hanya tentang hablum minallah namun juga hablum minannas. Dengan berjihad kita juga sekaligus menjadi penolong bagi orang yang membutuhkan.

3. Pahala yang Berlipat

Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat bagi umat yang melakukan jihad. Hal ini juga sudah tercantum dalam ayat Al Quran.

4. Dijanjikan Surga

Tidak hanya pahala yang berlipat. Allah SWT juga menjanjikan surga bagi orang yang melakukan jihad.

Bandung Lautan Api

5. Mendapatkan Rezeki Meski Telah Wafat

Allah akan memberikan rezeki yang berlimpah bagi orang yang berjihad. Bahkan ketika orang tersebut telah wafat.

Demikianlah keutamaan berjihad, maka wajar jika sebuah umat mencintai tanah airnya dan jihad membela negaranya. Dan jihad merupakan bentuk pengamalan ayat-ayat di atas. Peristiwa Bandung Lautan Api juga merupakan salah satu bentuk masyarakat yang membela tanah airnya, semoga semangat para pendahulu itu akan terus berkobar saat ini hingga nanti.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY