Bacaan dan Keutamaan Doa Akhir Tahun

0
60
Doa Akhir Tahun

Doa Akhir Tahun – Sobat Cahaya Islam, kita telah memasuki bulan baru di tahun yang baru, tahun baru Hijriah 1443 dan bulan baru yaitu bulan Muharram. Salah satu amalan yang dapat Sobat Cahaya Islam kerjakan untuk melepas dan menyambut akhir tahun adalah dengan membaca doa awal tahun dan doa akhir tahun.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk membaca doa awal maupun akhir tahun tersebut? Biasanya untuk membaca doa awal tahun umat Muslim berdoa dan membacanya sebelum waktu magrib tiba. Sobat dapat membacanya setelah selesai sholat ashar. Berapa kali kita membacanya? Sobat dapat membacanya sebanyak tiga kali.

Sama halnya doa awal tahun, doa penghujung tahun dapat Sobat baca setelah selesai sholat Magrib dengan jumlahnya sebanyak tiga kali juga. Biasanya pada peringatan akhir tahun (bulan Dzulhijjah) beberapa orang akan membuat bubur Suro. Sesuai tradisi masing-masing daerah.

Dengan membaca doa di akhir tahun, kita berdoa agar ibadah kita setahun yang lalu dapat diterima oleh Allah SWT. Selain amalan bacaan doa melepas akhir tahun di bulan Dzulhijjah, Sobat dapat mengerjakan amalan puasa sunnah. Berpuasa di akhir tahun dan berpuasa untuk awal tahun yang baru.

Bacaan Doa Akhir Tahun

Sebelum membaca doa, usahakan Sobat Cahaya Islam dalam keadaan suci. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya membaca doa ini sekaligus berdoa dan memohon ampunan atas segala dosa yang telah lalu. Sobat dapat menyimak bacaan doa penghujung tahun hijriyah sebagai berikut:

“Ya Allah, amal yang telah Aku lakukan pada tahun ini dari sekian amal yang Engkau cegah diriku darinya, yang Engkau pun tidak meridhainya, yang telah Aku lupakan namun tidak Engkau lupakan, Engkau telah berbuat bijak kepadaku meski sebenarnya mampu untuk menghukumku, Engkau menyeru kepadaku untuk bertobat setelah kenekatanku (bermaksiat) kepada-Mu, ya Allah sungguh Aku memohon ampunan kepadamu dari amal itu, maka ampunilah diriku. Ya Allah, dan amal yang telah Aku lakukan pada tahun itu yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan pahala dan ampunan atasnya, maka terimalah amal itu dariku, dan jangan engkau putus harapanku kepada-Mu, wahai Zat Yang Maha Mulia, wahai Zat Yang Paling Maha engasih dari para kekasih. Semoga Allah Ta’ala melimpahkan shalawat kepada Sayyidina Muhammad sejumlah apa yang ada dalam ilmu Allah selama kerajaan-Nya langgeng.”

Keutamaan Membaca Doa Akhir Tahun

Setelah mengetahui bacaan doa di penghujung tahun, Sobat dapat menyimak apa saja keutamaan yang akan kita peroleh dari membaca doa penghujung tahun. Hal ini merupakan salah satu amalan yang Rasulullah SAW sarankan untuk dikerjakan oleh umatnya. Maka dari itu, usahakan kita mengikuti apa yang Nabi ajarkan.

1.      Diampuni Dosanya

Doa Akhir Tahun

Tahukah Sobat bahwa dengan membaca doa tersebut dengan niat dan kesungguhan, atas izin Allah maka dosa-dosa kita setahun yang lalu akan diampuni. Inilah keistimewaan yang utama dari doa penghujung tahun. Menutup akhir tahun dengan membaca doa agar ibadah kita senantiasa Allah terima.

Sebagaimana seorang hamba yang selalu memohon perlindungan serta ridho dari-Nya, tentu Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah kita lakukan selama setahun yang lalu kita hidup.

2.      Sebagai Muhasabah Diri

Doa Akhir Tahun

Sebelum membaca doa ini, sebaiknya Sobat Cahaya Islam bermuhasabah terlebih dahulu. Mengevaluasi perbuatan tercela apa saja yang telah kita lakukan, baik yang kita lakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja.

Setelah itu, bacalah doa di atas dengan seksama dan penuh kesungguhan. Semata-mata berdoa serta memohon ampunan kepada Allah SWT.

Sebenarnya, muhasabah diri tidak harus Sobat lakukan saat akhir tahun tiba. Namun, dapat Sobat lakukan kapan saja dan di mana saja. Tidak harus menunggu akhir tahun Hijriah.

Demikian tadi bacaan dan keutamaan dari doa akhir tahun yang perlu Sobat ketahui. Semoga kita dapat menjumpai bulan Muharram di tahun baru selanjutnya. Aamiinn.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY