Baca Surat Yasin Pada Malam Jumat 1 Muharram, Ini Keistimewaannya!

0
39
Baca Surat Yasin di 1 Muharram

Baca surat yasin – Surat yasin merupakan salah satu surat dalam Al Quran. Surat ini juga sering dibaca oleh kaum muslimin, baik pada acara pengajian ataupun sebagai doa untuk orang yang sudah meninggal. Sehingga pada malam jumat, surat yasin seringkali dibaca seusai melaksanakan sholat. Ini karena banyak keutamaan dari membaca surat ini. Bahkan bisa sebagai doa untuk mengharapkan kesembuhan untuk penyakit, mengharapkan rezeki Allah, menghadapi ujian dan lain sebagainya.

Baca Surat Yasin di 1 Muharram

Bulan Muharram atau tepatnya 1 Muharram 1442 H yang jatuh pada hari ini merupakan bulan yang istimewa bagi seluruh umat muslim. Sehingga ada banyak amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keistimewaan bulan Muharram. Mulai dari puasa asyura, melaksanakan sholat sunnah, bersedekah dan amalan lainnya. Termasuk juga dengan membaca surat Yasin tepat di malam jumat yang jatuh sebagai 1 Muharram.

Baca Surat Yasin Pada Malam Jumat 1 Muharram, Begini Keistimewaannya Dalam Islam

Baca Surat Yasin Pada 1 Muharram dan Keistimewaannya

Baca surat Yasin pada malam jumat ternyata memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Barangsiapa yang membaca yasin di malam hari maka pada pagi hari dosanya akan diampuni. Surat yasin ini biasanya dibaca sebagai penghormatan atau doa untuk orang yang meninggal. Namun tahukah sobat Cahaya Islam, bahwa membaca surat yasin pada malam jumat apalagi tepat pada 1 Muharram ini memiliki keistimewaan.

Jumat Adalah Sebaik-baik Hari

Keistimewaan membaca surat Yasin pada malam jumat, diantaranya adalah Jumat sebagai sebaik-baik hari. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at”. – Shahih muslim (II/585) Kitaabul Jumu’ah

Dari hadist diatas dapat disimpulkan bahwa hari Jum’at adalah hari yang paling baik. Sehingga waktu yang tepat untuk melakukan amalan-amalan dalam rangka menambah pahala. Dan juga keistimewaan dalam melaksanakan ibadah dengan niat atas Allah SWT. Itu sebabnya, membaca yasin pada malam jumat memiliki keistimewaan.

1 Muharram, Bulan Yang Penuh Keistimewaan

Baca Surat Yasin Pada Malam Jumat dan Keistimewaannya Dalam Islam

Membaca surat Yasin pada malam jumat yang jatuh tepat di 1 Muharram tentu saja memiliki banyak keistimewaan. Ini karena Muharram adalah bulan yang dimuliakan oleh Allah dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Sehingga amalan-amalan pada bulan ini akan lebih berkah. Di bulan ini kaum muslimin akan berlomba untuk melakukan kebaikan-kebaikan dan  amalan seperti puasa, sholat sunnah, bersedekah dan amalan lainnya.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Baca surat Yasin – yang dilakukan pada malam jumat tepat di 1 Muharram memiliki keistimewaan. Hari jumat sebagai hari baik dan bulan Muharram yang penuh berkah serta kemuliaan. Sehingga bacaan surat yasin akan mendatangkan banyak manfaat bagi kaum muslim yang membacanya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat At-Taubah Ayat 36

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!