Penumpang Selamat Sriwijaya Air, Bentuk Pertolongan Allah SWT Kepada Hamba-Nya

0
19

Penumpang Selamat Sriwijaya Air – Kecelakaan penerbangan yang terjadi pada pesawat Sriwijaya masih menjadi pembicaraan yang hangat. Berita duka yang mengejutkan ini tentunya mengundang banyak perhatian. Tidak sedikit dari jajaran TNI, Tim SAR mengerahkan segenap usahanya untuk menemukan para korban. Penumpang Selamat Sriwijaya Air merupakan salah satu karunia yang amat besar dari Sang Maha Kuasa.

Pertolongan Allah swt kepada hamba-Nya memiliki bentuk yang beragam. Di antara bentuk yang disuguhkan ada yang tersaji secara konkret dan ada juga yang abstrak. Semua pertolongan yang diberikan merupakan salah satu bukti kecintaan Allah swt kepada hamba-ya. Lantas, seperti apa saja bentuk pertolongan Allah swt dan kepada siapa pertolongan itu ditujukan? Yuk simak informasinya!

Bentuk Pertolongan Allah SWT Serta Manusia  yang Mendapatkan Pertolongan-Nya

Setiap pertolongan Allah SWT akan diberikan kepada manusia-manusia terpilih. Berita adanya Penumpang Selamat Sriwijaya Air menjadi salah satu bukti bahwa pertolongan Allah swt terhadap hamba-Nya itu ada. Di antara manusia yang akan mendapatkan pertolongan Allah swt, yakni para nabi dan Rasul pilihan.

Manusia pilihan lainnya yakni mereka yang bertakwa. Sobat Cahaya Islam tentu sudah mengetahui sebelumnya, ciri mereka yang bertakwa. Salah satunya yakni dengan melaksanakan perintah Allah swt dan menjauhi larangannya. Selain itu, orang yang beriman akan senantiasa mendapatkan berbagai perhiasan dari Allah swt yang tersaji dalam beragam bentuk kebaikan.

Sebagaimana Firman Allah swt dalam Al-Quran surat A-A’raf ayat 32:

قُلْ مَنْ حَرَّمَ زِينَةَ اللَّهِ الَّتِي أَخْرَجَ لِعِبَادِهِ وَالطَّيِّبَاتِ مِنَ الرِّزْقِ ۚ قُلْ هِيَ لِلَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا خَالِصَةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۗ كَذَٰلِكَ نُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Katakanlah: “Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan) rezeki yang baik?” Katakanlah: “Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat”. Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui.

Selain itu, manusia pilihan lainnya yakni orang yang senantiasa berdoa untuk kebaikan dunia dan akhirat. Ada pula manusia yang senantiasa menolong anak yatim serta menebar kebaikan kepada sesama manusia. Allah swt juga memberikan pertolongan kepada setiap hambanya yang berhijrah di jalan-Nya.

Seperti yang disinggung sebelumnya, pertolongan yang Allah swt berikan kepada hamba-Nya memiliki bentuk yang beragam. Setiap bentuk pertolongannya merupakan bukti kecintaan Allah swt. Di antara bentuk pertolongan yang diberikan yakni sebagai berikut.

1.   Berbentuk Konkret

Pertolongan yang diberikan Allah swt bisa berbentuk konkret/nyata atau lahiriah. Semisal, pertolongannya dalam bentuk kemenangan dalam melawan para musuh yang menghadang. Hal ini merupakan salah satu bentuk pertolongan Allah swt secara lahiriah/ nyata.

2.   Berbentuk Abstrak

Selanjutnya, pertolongan Allah swt dalam bentuk abstrak yakni secara batiniah. Pertolongan ini biasanya berupa terbuktinya kebenaran secara nyata, mendapatkan suatu kehormatan serta adanya hidayah. Pertolongan dalam bentuk ini amat penting, karena sebagai penegakkan serta mendapatkan hidayah yang sulit didapatkan.

Nah, itulah ulasan singkat terkait bentuk pertolongan Allah swt kepada setiap hamba-Nya. Penumpang Selamat Sriwijaya Air menjadi salah satu bentuk pertolongan-Nya yang patut disyukuri dengan penuh sukacita. Sobat Cahaya Islam mari untuk terus berlomba menjadi insan yang beriman dan bertakwa, sehingga termasuk ke dalam golongan yang akan mendapatkan pertolongan Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY