6 Kunci Pembuka Rezeki Menurut Ajaran Islam

0
37
Kunci Pembuka Rezeki

Kunci Pembuka Rezeki – Dalam hidup ini, ada beberapa orang yang diberikan kelapangan rezeki dan ada pula yang mengalami sebaliknya. Lalu adakah kunci pembuka rezeki?

Sering kali kita mendengar keluh kesah dari orang-orang yang merasa bahwa rezekinya sempit. Padahal, pintu-pintu rezeki itu amatlah luas. Hanya saja kita kurang memahami bagaimana cara untuk membukanya.

Nah, Sobat Cahaya Islam, meskipun rezeki adalah rahasia dari Allah SWT dan sudah tertulis di Lauhul Mahfudz sejak sebelum kita lahir. Namun tetap saja kita harus berusaha untuk mendapatkannya.

6 Kunci Pembuka Rezeki Menurut Ajaran Islam

Rezeki bukan hanya berupa uang maupun harta. Sebab ada yang berupa kesehatan, rasa sabar yang melimpah, mudah bersyukur dan ketenangan dalam hidupnya.

Sebab sebaik-baik orang yang memiliki rezeki, adalah mereka yang mampu bersyukur atas nikmat rezeki yang diterimanya. Dengan bersyukur, rezeki pun akan ditambahkan oleh Allah SWT.

Lalu apa saja kunci pembuka pintu rezeki itu? mari simak jawabannya berikut ini.

1.      Istighfar

Sebagaimana Allah SWT  berfirman:

Allah SWT akan membukakan pintu rezeki bagi kita yang senantiasa bertaubat kepadaNya. Yakni dengan cara perbanyak membaca istighfar.

Selain itu, hendaklah kita bertaubat dengan penuh kesungguhan. Menyesali segala kesalahan yang pernah kita perbuat dan berjanji untuk tidak melakukannya kembali.

2.      Bertakwa

Definisi dari ‘takwa’ adalah merasa takut pada kuasa Allah Ta’ala. Kita dipperintahkan untuk selalu mengamalkan apa yang sudah diwajibkan serta menjauhi segala hal yang dilarang olehNya.

Tak hanya itu, takwa juga bisa ditunjukkan dengan sikap qanaah. Yakni menerima dengan penuh rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah padanya.

فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمْسِكُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ أَوْ فَارِقُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ وَأَشْهِدُوا۟ ذَوَىْ عَدْلٍ مِّنكُمْ وَأَقِيمُوا۟ ٱلشَّهَٰدَةَ لِلَّهِ ۚ ذَٰلِكُمْ يُوعَظُ بِهِۦ مَن كَانَ يُؤْمِنُ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا

. وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا

Artinya:

2. “Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.”

3. “Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. At-Thalaq:2-3)

3.      Sedekah

Percaya atau tidak, bahwa bersedekah bisa membuka pintu rezeki bagi seseorang. Allah SWT berjanji akan melipat gandakan bagi siapa yang mau berbagi harta dengan orang lain.

Kunci Pembuka Rezeki

Perlu diingat, sedekah tidak akan menjadikan seseorang jatuh miskin, namun malah sebaliknya. Seseorang tersebut justru akan mendapat rezeki dari arah yang tidak terduga-duga.

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah:261)

4.      Silaturahim

Menyambung tali silaturahim antar saudara seiman atau beda keyakinan juga membawa keberkahan tersendiri dalam hidup seseorang.

Kunci Pembuka Rezeki

Pertama, keutamaannya adalah untuk meluaskan rezeki bagi mereka yang menjaga kerukunan dalam hubungan bersaudara.

Kedua, dia akan mendapatkan umur yang panjang dan penuh dengan barokah dari Allah swt.

5.      Bertawakal

Bertawakal adalah bentuk dari kepasrahan pada segala karunia dan pemberian Allah SWT. Namun harus dilakukan setelah kita berupaya sekuat tenaga sebagai wujud ikhtiar menjemput rezeki dariNya.

Bertawakal juga memudahkan kita dalam berusaha mengais rezeki setiap harinya. Di mana pun kita mencari itu, maka akan Allah buka jalan bagi kita.

6.      Kasih Sayang

Mungkin sudah tidak asing lagi Sobat mendengar istilah ‘Jumat Berkah’. Kegiatan tersebut adalah salah satu contoh dari kasih sayang kita melalui cara berbagi pada sesama.

Dengan tidak memandang siapa pun yang sepatutnya kita tolong. Sebab, semua orang berhak mendapatkan kasih sayang.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai beberapa kunci pembuka rezeki berdasarkan ajaran agama Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY