April Mop, Tradisi yang Tidak Sesuai Dengan Syariat Islam

0
58
April Mop

April Mop – April Mop jatuh pada 1 April, dimana setiap orang boleh menipu. Baik kepada teman, tetangga, atau bahkan orang tua. Dengan syarat orang yang menjadi target tidak boleh marah.

Peringatan ini disebut juga sebagai hari kesenangan. Menipu atau berbohong yang dilakukan pada peringatan ini bertujuan untuk bercanda atau pun iseng. Bahkan ada pula yang dirugikan untuk mendapat kepuasan tersebut.

Berbohong bukanlah perbuatan yang bisa dijadikan lelucon. Terlebih lagi dalam agama Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin. Dalam ajaran islam dilarang melakukan perbuatan kidzib atau dusta.

Sebab perbuatan tersebut tidak disukai oleh Allah SWT. Berbohong juga sangat merugikan orang lain. Baik perasaan, fisik, atau pun materi.

Terlebih lagi perayaan ini merupakan sejarah kelam bagi umat muslim. Dimana pada zaman dulu seluruh umat muslim di Spanyol di bantai oleh tentara Salib. Sebelum di bantai umat muslim di bohongi terlebih dahulu.

Perbuatan bohong menjadi penyakit yang melekat di masyarakat di sepanjang zaman. Bohong merupakan awal bagi kerendahan dan kejahatan. Berikut ini dalil tentang berbohong dalam islam.

April Mop dan Hukumnya dalam Islam

Melakukan kebohongan meskipun bertujuan menghibur atau demi kebaikan, sangat tidak Allah SWT sukai. Agama islam melarang umatnya untuk berbuat dusta. Sebagaimana dengan surah Al-Israa ayat 36.

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan di minta pertanggungan jawabnya” (Al-Isra:36).

Di balik perayaan ini juga terdapat sejarah kelam bagi umat muslim. Sebab pada zaman dahulu seluruh umat muslim di Spanyol d ibantai usai di bohongi pasukan salib. Untuk itu kebohongan sangat berbahaya dalam islam.

Sesungguhnya kejujuran itu menuntun kepada Al-Birr (kebaikan), sedangkan kebaikan itu mengantarkan ke dlm surga. Sesungguhnya seseorang senantiasa bersikap jujur hingga ia di catat di sisi Allah Ta’ala sebagai orang yang jujur. Dan sesungguhnya Al-Kadzib (kebohongan) itu mengarahkan pada kejahatan, sedangkan kejahatan itu menjerumuskan ke dlm Neraka. Sungguh seseorang senantiasa berbohong hingga di catat sebagai pendusta.” (HR. Bukhari (10/423)).

April Mop

Hukum Berbohong dalam Islam

Berbohong merupakan dosa yang sangat besar, namun seringkali di anggap remeh. Sementara orang yang jujur akan Allah janjikan rumah di pertengahan surga. Orang yang jujur juga akan di sandingkan dengan orang-orang yang mati syahid.

Namun tidak semua perbuatan bohong di haramkan. Terkadang bohong bersifat mubah jika di tujukan untuk mendamaikan pertikaian. Namun bagaimana dengan berbohong tanpa tujuan atau merugikan orang lain? ini hukumnya.

1. Haram

Berbohong menjadi haram jika tidak ada manfaat dan tujuan yang baik. Apalagi jika kebohongan tersebut merugikan orang lain. Rasulullah SAW saja menganjurkan umatnya untuk tidak berbohong, meskipun dalam keadaan bercanda.

April Mop

2. Makruh

Berbohong menjadi makruh jika dilakukan untuk menyatukan perdamaian. Misalnya untuk memperbaiki konflik teman, keluara atau pun rekan kerja. Kebohongan tersebut memiliki manfaat yang baik.

3. Sunnah

Kebohongan yang satu ini di anggap sunnah jika d ilakukan untuk membela agama. Namun tetap dengan cara yang posotif. Misalnya berbohong sebagai strategi perang di jalan Allah.

4. Wajib

Berbohong di anggap wajib jika di tujukan untuk membantu sesama umat muslim. Misalnya membela seorang muslim yang teraniaya. Kita perlu tahu bahwa kebohongan yang di buat benar-benar membela orang yang teraniaya.

5. Mubah’

Berbohong menjadi mubah jika di tujukan untuk meredakan pertikaian. Kita tidak boleh berdiam diri jika saudara kita sedang bertikai. Kita wajib mendamaikannya. Saat itu berbohong di perbolehkan dan mubah.

Demikianlah hukum berbohong dalam islam. Peringatan April Mop tentu bukan syariat islam. Dan umat islam yang merayakannya hukumnya haram dan berdosa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY