Apa Itu Varikokel? Berikut Ini Penjelasannya

0
136
apa itu varikokel

Apa Itu Varikokel – Sobat yang membuka artikel ini, pasti sedang bertanya-tanya apa itu varikokel. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan membahasnya untuk Sobat Cahaya Islam.

Karena penyakit ini, cukup serius dan lumayan berbahaya. Sobat perlu mewaspadai penyakit ini dan melakukan pencegahan yang tepat. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Varikokel? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Varikokel?

Varikokel merupakan pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah vena, lebih tepatnya pada kantung dzakar. Hal ini bisa mengurangi kualitas sperma bahkan mengakibatkan testis menyusut, parahnya lagi bisa mengakibatkan kemandulan.

Jika testis dalam keadaan normal, biasanya pembuluh darah yang mengantarkan darah dari testis ke penis tidak akan bisa diraba. Tapi pada penderita Varikokel, pembuluh darah akan bengkak.

apa itu varikokel

Tampilan skrotum jadi tampak mengandung banyak cacing. Sekilas tampilannya akan terlihat seperti varises yang terjadi pada tungkai. Umumnya varikokel ini, tidak menimbulkan gejala yang spesifik dan juga tidak berbahaya.

Tapi bisa menimbulkan rasa sakit dan kemunculannya tidak bisa diprediksi. Meski tidak berbahaya, tapi pada beberapa kasus yang terjadi akan menghambat perkembangan testis dan kemandulan.

Lalu, bagaimana cara pengobatan Varikokel?

Karena Varikokel menyebabkan rasa nyeri, biasanya dokter memberikan pereda nyeri. Dokter juga bisa memberikan saran untuk pasien, agar menggunakan celana penyangga testis utuk meredakan tekanan.

Sedangkan penderita varikokel dengan rasa nyeri yang hebat, dokter melakukan tindakan ini;

1.       Embolisasi

Merupakan cara yang dilakukan dengan memasukan selang, agar bisa menjangkau varikokel melalui leher atau selangkangan. Tidak hanya itu dokter juga akan memasukan zat yang mampu memblokir vena, penyebab varikokel.

2.       Operasi

Untuk varikokel yang parah, dokter juga bisa melakukan operasi. Dokter akan mengikat pembuluh darah agar bisa menghambat aliran darah menuju ke pembuluh tersebut. Dengan cara seperti ini, darah akan mengalir ketempat yang seharusnya.

apa itu varikokel

 Operasi dapat dilakukan dengan bedah terbuka, atau mengggunakan tekhnik sayatan menggunakan alat khusus, minimal laparoskop. Untuk pemulihannya bisa mencapai 1-2 hari saja dan pasien harus menghindari kegiatan-kegiatan berat.

Kesehatan memang sangat penting. Sedikit saja tubuh merasa sakit akan berakibat pada diri kita. Untuk itu kita perlu menjaga kesehatan tubuh saat ini, karena dalam kondisi sakit Allah akan mencabut beberapa nikmat.

Islam sangat memerhatikan kesehatan, bahkan Allah menyebutkannya dalam Al-Qur’an. Seperti yang terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 195.

“Dan infakkanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuatbaiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”(QS. Al-Baqarah: 195)

Orang-orang yang dimaksud menjatuhkan diri dalam kebinasaan, adalah mereka yang tidak menjaga kesehatan tubuh. Itu disebabkan karena mereka tidak mau menjaga dan merawat apa yang telah Allah berikan.

Kemudian dalam surah Al-Mudatsir ayat 4.

“dan bersihkanlah pakaianmu”(QS. Al-Mudatsir: 4)

Sudah jelas dalam ayat ini, Allah memerintahkan manusia untuk menjaga kebersihan baju yang berpengaruh pada kesehatan tubuh manusia. Dengan melihat firman-Nya secara langsung dapat disimpulkan kesehatan dan kebersihan itu sangat penting.

Perhatian-perhatian islam terhadap kesehatan, menyadarkan kita sebagai umat muslim. Bahwa islam adalah agama yang bersih dan membersihkan. Sekian artikel tentang apa itu varikokel ini dibuat, semoga memberi manfaat dan menambah wawasan bagi Sobat Cahaya Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY