Tujuan Memberi Nama Nabi Pada Sang Buah Hati

0
46
Tujuan Memberi Nama -nama Nabi

Tujuan Memberi Nama Nabi – Dibalik sebuah nama ada harapan san doa bagi sang buah hati. Maka banyak sekali umat Muslim yang memilih nama-nama nabi untuk anaknya. Apakah tujuan memberi nama-nama nabi?

Ada nabi Isa, Yusuf, Sulaiman, Ibrahim, Yunus, bahkan Nabi Muhammad. Seringnya kita mendengar bahwa nama nabi kita yang mulia dipakai untuk menamai buah hatinya.

Iya, benar, Muhammad adalah nama yang paling banyak digunakan dan biasanya terletak di depan maupun belakang.

إنَّكِ قَدْ حَمَلْتِ بِسَيِّدِ هَذِهِ الْأُمَّةِ، فَإِذَا وَقَعَ إلَى الْأَرْضِ فَقُولِي: أُعِيذُهُ بِالْوَاحِدِ، مِنْ شَرِّ كُلِّ حَاسِدٍ، ثُمَّ سَمِّيهِ مُحَمَّدًا

“Sesungguhnya kau sedang mengandung pemimpin umat ini. Maka, ketika ia terlahir ke dunia, ucapkanlah: “aku memohon perlindungan untuknya kepada Tuhan yang Maha Esa, dari kejahatan setiap orang yang hasud, dan namai ia ‘Muhammad’.” (Ibnu Hisyam, al-Sirah al-Nabawiyyah, Beirut: Darul Kutub al-A’rabiy, 1990,juz 1, hlm 180)

فَعُبّرَتْ له بِمَولود يكون من صلبه يتبعه أهل المشرق والمغرب, ويحمده أهل السّماء والأرض، فلِذلك سَمّاه محَمَّدًا

“Maka ditafsirkan mimpi itu dengan dilahirkannya seorang (anak) dari tulang punggungnya yang akan diikuti oleh manusia dari Timur dan Barat. Penduduk langit dan bumi akan memujinya. Karena itu, Abdul Muttalib menamainya Muhammad.” (Imam al-Muhaddits Abu al-Qasim al-Suhaili, al-Radul al-Unuf wa ma’ahu al-Sîrah al-Nabawiyyah li Ibni Hisyâm, Beirut: Dar al-Hadits, 2008, juz 1, h. 309-310)

Sebenarnya ini merupakan satu fenomena yang terbilang sangat bagus karena ada banyak hikmah dari itu.

Tujuan Memberi Nama Nabi Pada Sang Buah Hati

Kita tahu, bahwa memberikan nama terbaik bagi sang anak itu termasuk suatu perkara yang dianjurkan dalam Islam.

Dari sekian banyaknya nama yang ada, nama nabi dan Rasul adalah yang paling tepat serta sempurna untuk dijadikan pilihan.

Setiap orang tua yang memberikan nama-nama nabi untuk anaknya tidak mungkin tanpa sebab dan tujuan. Adapun yang bisa diperoleh dari itu adalah sebagai berikut:

1.      Berakhlak Seperti Nabi

Yang pertama, dengan memberikan nama-nama nabi pada sang anak maka artinya kita berharap bahwa kelak mereka dapat berakhlak sebagaimana para nabi.

Tak hanya itu, bahkan kita berdoa agar mereka juga memiliki keimanan serta ketaqwaan pada Allah SWT. Sama halnya seperti nama nabi yang disematkan pada anaknya tersebut.

2.      Memiliki Keberkahan Hidup

Tujuan Memberi Nama -nama Nabi

Semua nabi yang menjadi pilihan Allah SWT hidupnya selalu dilimpahi keberkahan. Maka sebagai orang tua hanya menginginkan agar hidup anaknya juga penuh berkah dan kebahagiaan.

Bukan keberkahan saja, melainkan juga dilapangkan rezekinya.

Sebagaimana pernah dijelaskan dalam sebuah kitab Mughnil Muhtaj. Di mana dalam satu rumah apabila ada yang bernama ‘Muhammad’ maka seisi rumah tersebut akan mendapatkan rezeki yang baik.

Tentu ini menjadi keinginan setiap orang tua. Yakni agar anak-anaknya memperoleh hidup yang terbaik entah itu di dunia maupun di akhirat.

3.      Mendapatkan Surga

Selanjutnya, tujuan dari menamai anak dengan nama ‘Muhammad’ juga sebagai doa. Supaya kelak anaknya mendapatkan panggilan untuk masuk ke dalam surga karena ada kemuliaan di dalam namanya tersebut.

Pada hari kiamat nanti, akan ada sebuah pengumuman yang mana mereka bernama ‘Muhammad’ untuk segera bangun dan masuk menuju surga. Sebab dia dianggap telah memuliakan Nabi SAW. MasyaAllah.

4.      Membawa Orang Tua ke Surga

Tujuan Memberi Nama -nama Nabi

Yang terakhir, bukan hanya nama dari anak tersebut saja yang akan masuk surga. Melainkan juga kedua orang tua yang telah menyematkan nama itu kepadanya.

Dengan memberi nama mulia ‘Muhammad’ pada sang buah hati, InsyaAllah anak itu akan menuntun orang tuanya untuk bisa sampai ke surga.

Nah, Sobat, itulah beberapa keutamaan dari menamai anak-anak dengan nama mulia milik para nabi.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai tujuan memberi nama-nama nabi pada sang buah hati.

Semoga anak yang diberikan nama ‘Muhammad’ bisa mendapatkan syafaat serta selalu mengikuti setiap ajaran yang telah disampaikan oleh Beliau. Aamiin Allahumma Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY