Akhlak Sayyi’ah Adalah: Simak Contohnya dalam kehidupan Sehari-Hari

0
74
akhlak sayyi’ah adalah

Akhlak sayyi’ah adalah – Menghindari akhlak sayyi’ah adalah hal yang perlu Sobat Cahaya Islami pahami dalam menjalani kehidupan yang lebih baik lagi. Dalam kehidupan sehari-hari perlu menerapkan sikap terpuji. Hal tersebut yang menunjukkan bahwa akhlak terpuji akan membawa kehidupan yang lebih baik, sedangkan akhlak tercela akan membuat kaum muslim merugi. 

Dalil Akhlak Sayyi’ah Adalah

Akhlak sayyi’ah adalah tingkah laku pada manusia dan cenderung melekat pada bentuk yang tidak menyenangkan. Akhlak tercela ini akan menciptakan perbuatan jahat, tidak menyenangkan atau buruk. Selain itu, akhlak tercela ini juga dipandang sebagai tabiat atau watak yang terwujud pada sikap tidak sopan, kurang ajar dan tidak pantas.

Berikut ini dalil akhlak tercela yang ada dalam Alquran dan hadis:

1.  Surah Luqman 

وَاِذْ قَالَ لُقْمٰنُ لِابْنِهٖ وَهُوَ يَعِظُهٗ يٰبُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللّٰهِ ۗاِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ

Salah satu contoh perbuatan akhlak tercela termaktub dalam Surah Luqman ayat 13. Ayat tersebut memberi contoh perilaku mempersekutukan Allah dan menjadi kezaliman besar. 

2.     HR Bukhari 

أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَهْلِ النَّارِ قَالُوا بَلَى قَالَ كُلُّ عُتُلٍّ جَوَّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ

HR Bukhari nomor 4918 menjelaskan bahwa penduduk neraka merupakan orang-orang yang keras, kasar, tamak dan rakus. 

3.     HR Muslim

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ

حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً قَالَ إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

Dalil tentang contoh akhlak tercela yaitu pada HR Muslim nomor 91. Hadis tersebut menjelaskan bahwa jika ada kesombongan sebiji sawi dalam hati seorang muslim, maka tidak akan bisa masuk surga. Sifat sombong merupakan perbuatan menolak kebenaran dan meremehkan orang lain. 

Contoh Akhlak Sayyi’ah

Memahami dalil yang menerangkan akhlak sayyi’ah adalah hal yang wajib demi bisa menghindari perbuatan tersebut. Berikut ini beberapa contoh perbuatan akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari:

1. Musyrik

Musyrik merupakan perbuatan yang mempersekutukan selain kepada Allah. Contoh perbuatan musyrik yaitu menyembah berhala karena bertentangan dengan tauhid. Surah Luqman Ayat 13 mengatur tentang perbuatan musyrik yang harus dihindari oleh Sobat Cahaya Islam.

2. Takabur

Takabur merupakan sikap menyombongkan diri serta tidak mengakui kekuasaan Allah. Penyebab seseorang menjadi takabur yaitu karena memiliki kedudukan tinggi, kekayaan atau rupa yang tampan dan cantik. Salah satu ayat Alquran yang menerangkan sifat takabur manusia yaitu surah An-Nahl ayat 29.

akhlak sayyi’ah adalah

3. Murtad

Akhlak tercela yang harus dihindari selanjutnya yaitu murtad. Perbuatan murtad merupakan sikap mengganti keyakinan dan beralih keyakinan dari agama Islam. Orang yang murtad akan mendapatkan hukuman di akhirat kelak sebagaimana dijelaskan pada surat Al Baqarah ayat 217.

4. Munafik

Akhlak sayii’ah adalah perbuatan tercela yang harus dihindari, contohnya perbuatan munafik. Munafik merupakan sikap yang menampilkan diri berpura-pura atau tidak tulus mengikuti ajaran Allah. Sikap ini juga termasuk sifat berkhianat. Khianat dapat juga diartikan sebagai perbuatan menipu dan menurunkan martabat diri sendiri.

Perbuatan munafik dijelaskan pada Surah At Taubah ayat 67.

5. Mudah Marah

Sikap mudah marah atau Al Ghadhab merupakan kondisi emosi yang tidak bisa dikontrol, sehingga mengakibatkan Perilaku tidak menyenangkan orang lain.

Memahami akhlak sayyi’ah adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim. Hal tersebut bertujuan agar bisa menghindari perbuatan tercela. Sebab, perbuatan tercela akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. Penjelasan perbuatan tercela ditunjang dengan beberapa dalil baik dalam Alquran maupun hadis. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY