Tips Menjaga Kesehatan Mental: Kembali Kepada Allah

0
159
Tips Menjaga Kesehatan Mental dengan Kembali Kepada Allah

Menjaga Kesehatan Mental – Tahu gak sih sobat cahayaislam bahwa sebuah study yang oleh Professor dari Universitas Harvard bernama Tyler VanderWeele lakukan telah menemukan bahwa pendekatan diri kepada Tuhan (Dalam bentuk peribadahan apapun) ternyata memiliki korelasi tinggi pada kesehatan mental manusia? Penelitian ini diambil dari sekitar 2500 orang dewasa dengan melakukan semacam kegiatan terapi dengan pendekatan religi.

Siapa sangka hasilnya cukup menakjubkan! Fakta bahwa lebih dari 88 % responded mengatakan setuju bahwa hal itu memberikan dampak baik kepada kesehatan mental mereka. Jadi pada artikel kali ini kita akan mengangkat satu tips sangat powerful dalam menjaga kesehatan mental kita, yakni dengan kembali kepada Allah dan mendekat lebih dekat kepadaNya.

Menjaga Kesehatan Mental dengan Ketaatan Ibadah dan Tawakal Percaya pada Rencana Allah

Pada kenyataannya, Melaksanakan ibadah dengan konsisten, seperti shalat, membaca Al-Quran, berdzikir, dan berdoa, dapat memberikan ketenangan dan kedamaian batin. Ibadah ini membantu seseorang untuk memfokuskan pikiran dan hati pada hubungan dengan Allah, serta merasa dekat dengan-Nya. Secara otomatis bila hal itu konsisten, mental kita sebagai seorang muslim insha Allah terjaga dengan baik.

Selain itu, beribadah tentu tidak afdol jika manusia tidak mengusahakan hidupnya ke arah yang lebih baik. Dalam hal ini, Memiliki keyakinan yang kuat bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup adalah bagian dari rencana Allah yang sempurna, dapat membantu mengurangi kekhawatiran dan kecemasan. Mempercayai keputusan-Nya, menerima takdir, dan berusaha melakukan yang terbaik dalam segala situasi dapat memberikan ketenangan batin.

Menemukan Rasa Tenteram dengan Mengistirahatkan Diri dan Pendalaman Tadabbur Tafakkur

Seringkali, mental health yang kacau. Berangkat dari management waktu dan diri yang kurang baik. Islam mengajarkan bahwa menjaga keseimbangan antara aktivitas dunia dan ibadah adalah penting. Mengambil istirahat yang cukup, menjaga pola makan yang sehat, berolahraga, dan melakukan aktivitas yang menenangkan seperti membaca buku Islami atau menikmati alam dapat membantu menjaga kesehatan mental secara keseluruhan.

Disamping itu, Islam juga mengajarkan tentang Khidmat. Kita bisa Merenungkan dan merenungi ayat-ayat Al-Quran dan tanda-tanda kebesaran Allah dalam alam semesta adalah cara yang baik untuk menguatkan ikatan dengan-Nya. Mengambil waktu untuk merenungkan tentang keajaiban ciptaan-Nya dan mengingat kebesaran-Nya dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres.

***

Seorang bijak pernah memberikan sebuah petuh baik kepada kita. Jikalau engkau merasa sulit dan tersesat pada harus mulai darimana kamu memperbaiki diri dalam kehidupan ini. Maka, kamu bisa memulai dari bagaimana kualitas sujudmu. Hal ini sejalan kan dengan apa yang sudah kita bahas pada kesempatan kali ini.

Kembali kepada pelukan Allah sebagai hambaNya yang beriman dan bertaqwa, adalah sebuah jalan terbaik yang anda bisa lakukan. Ketika segala hal dalam hidup mulai terasa berat untuk dipikul dan mental diri anda mulai terlemahkan. Mari Menjaga kesehatan mental kita semua, Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY