5 Keistimewaan Bagi Pemilik Sifat Istighfar

0
872
Pemilik Sifat Istighfar

cahayaislam.id – Artikel kali ini akan membahas mengenai keistimewaan yang diberikan Allah kepada pemilik sifat istighfar, apa saja?

Salah satu cara untuk memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa-dosa yang telah ia perbuat adalah dengan mengucapkan kalimat istighfar.

Astahgfirullahaladziim, apabila seseorang melafalkannya dengan penuh penghayatan dan kesungguhan hati tentunya memiliki keistimewaan tersendiri baginya.

Amalan membaca istighfar pun merupakan perintah dari Allah supaya seluruh umat Islam memahami bahwa Allah memiliki sifat yang Maha Mengampuni.

Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak mengerti pada pemahaman kalimat istighfar ketika bertaubat.

Padahal sebagaimana manusia yang tak pernah luput dari salah dan dosa harusnya mengucapkan istighfar dibiasakan setiap hari tanpa jeda.

Yang memungkinkan hal tersebut bisa saja karena banyak yang belum mengetahui bahwa membaca istighfar itu mempunyai beberapa keutamaan.

Lantas, apa saja keutamaannya tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

5 Keistimewaan Bagi Pemilik Sifat Istighfar, Anda Wajib Tahu!

Siapa pun bisa menjadi pemilik sifat istighfar, di mana ia mau mengucapkan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya berupa pahala dan ampunan, namun ada keistimewaan bagi orang yang rajin membaca kalimat istighfar.

Anda perlu mengetahuinya agar bersemangat dan tergugah hatinya untuk melakukannya dengan tulus.

5 Keistimewaan Istighfar dalam Kehidupan Manusia

1.     Senantiasa Mengingat Allah

Allah akan mengampuni manusia, namun hanya kepada yang taat dan muslim.

Pemilik Sifat Istighfar

Sedangkan orang-orang yang ingkar dan musyrik tentu tidak berhak mendapatkan ampunan dari Allah sebab mereka tidak pernah menganggapNya sebagai Tuhan dan enggan mengikuti aturanNya.

Maka dengan membaca istighfar orang islam akan senantiasa taat dan tidak sekali pun terlepas ingatannya dari Allah semata.

2.     Takut Berbuat Dosa

Orang yang terbiasa membaca istighfar, ia pasti takut dirinya terjerumus pada perbuatan dosa dan maksiat.

Pemilik Sifat Istighfar

Karena itu ia selalu memohon ampun pada Allah atas perbuatan khilaf yang telah dilakukan meskipun dalam kondisi tidak sengaja.

Orang demikian sangat takut pada ancaman siksa Allah di yaumul akhir nanti.

3.     Hati Menjadi Tenang

Dengan senantiasa memohon ampunan Allah, hati orang itu pasti akan terasa lebih tenang.

Karena memiliki keyakinan bahwa Allah Maha Pemaaf serta Maha Penyayang.

4.     Mudah Memberikan Maaf

Dengan mengetahui akan sifat Allah yang Al-Ghafuur, Al-Ghafaar dan Al-Afuuw maka seseorang akan mudah memaafkan kesalahan orang lain.

Jika Allah saja selalu membuka pintu maaf dan taubat untuk hambanya, apalagi manusia yang hanya sebagai hamba pastinya tidak patut berlaku dendam.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنَّ مِنْ اَزْوَاجِكُمْ وَاَوْلَادِكُمْ عَدُوًّا لَّكُمْ فَاحْذَرُوْهُمْۚ وَاِنْ تَعْفُوْا وَتَصْفَحُوْا وَتَغْفِرُوْا فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

“Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu maafkan dan kamu santuni serta ampuni (mereka), maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. At-Tagabun : 14)

5.     Tidak Mudah Sombong

Orang yang selalu beristighfar akan jauh dari sifat sombong, karena ia akan malu berbuat demikian bila mengingat Allah tidak mampu ditandingi oleh kesombongan makhlukNya.

Selain itu, sifat sombong adalah hal yang dibenci oleh Allah, sehingga ia tidak akan berani melakukan sesuatu yang akan mendatangkan kemurkaan Allah terhadapnya.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai keistimewaan untuk pemilik sifat istighfar, di mana ia senantiasa mengamalkan kalimat permohonan ampunan tersebut dalam setiap kesehariannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY