3 Cara Unik Bersedekah yang Simpel bin Mudah Dilakukan

0
1341

Bila sobat Cahayaislam ditanyai tentang sebenarnya apa sih esensi dari sedekah itu? Maka apa yang akan sobat gunakan sebagai jawaban? – Apakah memberikan hal yang berlebih dari kita atau memenuhi kewajiban dari perintah Allah dan Rasul akan hal itu? sebenarnya sah-sah saja sih, dan setiap orang memiliki banyak sekali perspektif soal sedekah.

Namun, bersedekah bukan hanya tentang memberikan apa yang kita punya kepada orang lain. Sebenarnya esensi dari sedekah sendiri adalah peka sosial. Sedekah tidak hanya berupa materi yang kita punya, namun bisa berasal dari perbuatan maupun perkataan kita, atau bahkan sikap kita kepada orang lain.

Mengetahui bahwa ada banyak sekali cara kita untuk bersedekah. Tim Cahayaislam kemudian ingin membuat artikel sedekah unik sebagai lanjutan dari artikel kami yang membahas tentang cara sedekah tanpa menghabiskan banyak uang di kesempatan sebelumnya disini. Penasaran seperti apa ide-ide unik untuk bersedekah? simak ulasannya dibawah ini deh:

Inspeksi Mukena dan sarung di Masjid-masjid!

Sebenarnya cara ini lumayan membutuhkan uang sih, tapi ada beberapa alternatif yang bisa sobat Cahayaislam lakukan. Tim Cahayaislam anjurkan untuk melakukan inspeksi pada beberapa masjid-masjid yang ada disekitar lingkungan sobat. Yang perlu sobat lakukan adalah mengecek bagian lemari penyimpanan untuk mengetahui apakah ada mukena dan sarung disitu.

Setelah sobat mengecek inventaris masjid tersebut, ada beberapa cara sedekah yang bisa sobat lakukan: (1) Bila di lemari penyimpanan masjid tersebut tidak memiliki mukena atau sarung, sobat bisa membelikan dan menghibahkan sarung atau mukena untuk masjid tersebut.

(2) Bila ternyata didalam masjid itu sudah ada sarung dan mukena, maka periksa apakah benda-benda tersebut bau apek atau tidak? Bila ternyata bau apek, maka sobat Cahayaislam bisa cucikan mukena/sarung musholla atau masjid yang ada di sekitar lingkungan kita tersebut. Satu pasang mukena dan sarung seminggu juga tidak jadi masalah. atau lebih baik sobat laundry kan saja benda-benda penting tersebut.

(3) Bila ternyata didalam mushola atau masjid tersebut ada mukena dan sarung serta baunya wangi dan tidak apek. Sobat Cahayaislam bisa beli kamper/pengharum baju. Taruh kamper/pewangi baju itu di kumpulan mukena dan sarung di masjid/musholla yang kita singgahi itu.

Apa yang kita lakukan tersebut  pastinya akan berguna untuk masjid tersebut. Orang-orang yang singgah untuk sholat dan membutuhkan sarung atau mukena pastinya akan merasa nyaman untuk menggunakannya karena baunya harum dan bersih. Dan pastinya kita akan mendapat pahala dari Allah karena hal itu.

Jadi takmir masjid setiap sholat jumat?

Maksud tim Cahayaislam bukanlah menyuruh sobat pembaca untuk tinggal di masjid dan jadi takmir sungguhan nih. Melainkan untuk memberikan bantuan pada takmir masjid setiap hari jumat. Tentunya hari jumat masjid akan selalu penuh, karena banyak orang akan melaksanakan ibadah sholat jum’at. Sobat Cahayaislam bisa datang 15 atau 20 menit lebih awal untuk membantu bersih-bersih dan mempersiapkan salat Jum’at di masjid tersebut.

Memang sepertinya agak menghabiskan waktu sih. Mungkin juga cara ini tidak terlalu cocok untuk sobat cahayaislam yang super sibuk. Namun bayangkan saja berapa banyak pahala kita ketika orang-orang yang sholat jumat dimasjid tersebut bisa merasa nyaman dan khidmat dalam melaksanakan ibadah sholat jumat dimasjid yang telah kita bersihkan?

Jadi petugas sampah anorganik oke juga!

Bagaimana ceritanya kok jadi petugas sampah anorganik bisa disebut sedekah? – Tenang sobat Cahayaislam, sobat nggak harus apply kerja di dinas kebersihan kota kok. Cukup Kumpulkan botol minuman plastik/botol bekas shampoo dll yang sudah sobat pakai. Bisa juga ketika membeli minuman dalam kemasan, kalau ada sisa sebaiknya dibawa pulang untuk dikumpulkan. Dan setelah banyak berikan kepada pemulung atau orang yang membutuhkan.

Sobat cahayaislam juga bisa lebih maksimal memanage hal ini dengan cara misalnya mengkoordinasikan penduduk sekitar dalam satu RT misalnya untuk mengumpulkan sampah anorganik mereka untuk kemudian didaur ulang atau dijual kembali. Uang yang terkumpul dari daur ulang dan penjualan sampah anorganik itu diambil beberapa persennya untuk kemudian disedekahkan kepada fakir miskin atau pengadaan benda penting masjid.

Nah, kira-kira itulah 3 cara unik bersedekah yang bisa sobat Cahayaislam lakukan. Selain simpel dan cukup mudah untuk dilakukan sobat tidak bisa lagi alasan tidak bisa bersedekah karena sedekah tidak hanya tentang memberikan uang kepada mereka yang membutuhkan. Semoga bisa dipraktikkan ya sobat Cahayaislam!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!