Apa Saja Pelajaran yang Dapat Diambil dari Peristiwa Isra Mi’raj?

0
110

Peristiwa Isra Mi’raj – Setiap tanggal 27 bulan Rajab, tahun Hijriyah, semua umat muslim senantiasa memperingati Isra Mi’raj. Sebuah peristiwa agung yang tercatat dalam sejarah dan terkenang oleh setiap umat muslim. Isra Mi’raj sebuah perjalanan mulia yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Banyak pelajaran berharga yang dapat dipetik.

Sobat Cahaya Islam, seperti yang diketahui, peristiwa Isra Mi’raj merupakan sebuah perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ditemani malaikat Jibril yakni dari Masjidil Haram (Makkah) menuju Masjidil Aqsha. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan menuju Sidratul Muntaha untuk menghadap Allah SWT.

Pelajaran yang Dapat Diambil dari Peristiwa Isra Mi’raj

Seperti yang disinggung sebelumya, Isra Mi’raj merupakan peristiwa yang amat penting untuk setiap umat Islam. Bahkan, hal ini pun termaktub dalam ayat suci Al-Qur’an.

 Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala dalam surat Isra’ ayat 1:  

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ   

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjid Aqsho yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. Al-Isra: 1)”.

 Di balik peristiwa yang agung ini melekat sebuah hikmah dan pelajaran berharga yang bisa diambil. Lalu, apa saja pelajaran tersebut? Yuk simak informasinya!

1. Mukjizat untuk Rasulullah SAW

Sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an, hadits serta ijma para ulama, peristiwa Isra Mi’raj merupakan salah satu mukjizat Rasulullah SAW. Tercatat dalam sejarah, perjalanan tersebut merupakan perjalanan pertama seorang manusia di dunia menuju luar angkasa yang tentunya kembali ke bumi dengan selamat.

 2. Bukti Kecintaan Allah SWT

Selanjutnya, Isra Mi’raj menjadi salah satu bukti kecintaan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Di tengah peristiwa menyedihkan yang menimpanya, yakni wafatnya istri tercinta, Khadijah. Selain itu, paman tercintanya pun wafat yang senantiasa melindungi Nabi dari kekejaman kaum Quraisy. Dengan melakukan Isra Mi’raj, Nabi SAW melihat secara langsung betapa Maha Besar Allah SWT, sehingga semakin mantap untuk menyebarkan agama Islam.

3. Kedudukan Dua Masjid Umat Islam yang Sangat Penting

Peristiwa Isra Mi’raj menyebutkan dua masjid yang amat penting yakni Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha. Hal ini sebagai salah satu tanda kedudukan dua masjid tersebut amatlah penting dan suci. Dengan segenap kemampuan, setiap muslim yang ada di dunia ini senantiasa menjaga keagungannya.

4. Kewajiban Shalat Fardhu

Selain itu, Isra Mi’raj menjadi salah satu awal munculnya kewajiban mendirikan shalat fardhu. Perintah ini turun di malam Mi’raj sebagai bukti betapa pentingnya menegakkan rukun Islam kedua ini. Sebagai salah satu bukti ketaatan terhadap Allah SWT dan mengikuti jejak Rasulullah SAW, maka shalat fardhu hendaknya tidak ditinggalkan.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah ulasan singkat terkait pelajaran yang  dapat diambil dari peristiwa Isra Mi’raj. Tentunya masih banyak hikmah lainnya yang amat berharga untuk setiap umat Islam. Semoga senantiasa diberikan Rahmat dan lindungan-Nya dalam setiap langkah yang dilakukan. Aamiin! 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY