Yuk Hijrah! Esensi dari Pakaian Syar’i dan Karakter Wanita Muslimah

0
43
yuk hijrah

Yuk Hijrah – Kamu telah sampai di titik dimana kamu bertanya pada diri sendiri: Mau sampai kapan kayak gini? Apakah harus nunggu malaikat pencabut nyawa datang baru mau berubah? – mungkin itu menandakan benih benih keimanan mulai tumbuh berkembang di dalam hati sanubari sobat cahayaislam semua. Yuk Hijrah! berikut ini Esensi dari Pakaian Syar’i dan Karakter Wanita Muslimah yang perlu sobat pahami.

Yuk Hijrah! Esensi dari Pakaian Syar’i dan Karakter Wanita Muslimah

Perlahan tapi pasti, pemikiran itu kemudian merambah pada keinginan kita untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Hijrah mungkin merupakan jawaban yang cocok sekali untuk situasi ini. Namun sobat cahayaislam harus berhati – hati dan tidak asal dalam memutuskan dan melakukan hijrah ini. Salah – salah hijrah yang dilakukan hanya sebatas lisan dan pikiran, tidak merasuk ke dalam hati yang terdalam.

Hijrah bukan tentang secara tiba tiba ganti cara berpakaian jadi keislam – islaman

Bukan berarti statement ini menyatakan bahwa berpakaian islami itu salah lho (Jangan salah paham, hehe). Berpakaian yang menutup aurat dan seperti yang diajarkan oleh Rasulullah dan para ahli agama terdahulu dan mencontohnya merupakan hal yang sangat baik.

Alih alih mengadopsi cara berpakaian keislam islaman secara mentahan saja. Kamu yang sedang ingin hijrah wajib tahu terlebih dahulu esensi cara berpakaian dalam syariat islam.

Karakter diri dan perilaku adalah inti dari Hijab dan pakaian Syar’i

وَقُل لِّلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلاَيُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلاَّمَاظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

Seperti yang telah di firmankan oleh Allah dalam surat An Nuur ayat 31 diatas kita bisa menarik satu kesimpulan yang menarik sih. Bahwasanya agar wanita menundukkan pandangan dan tidak menunjukkan perhiasan mereka kecuali yang terlihat (Menutup aurat). [1]

Menundukkan pandangan disini dinilai lebih kepada karakter yang santun dari seorang wanita muslimah. Dibalik kerudung dan busana syar’i yang dikenakan haruslah ada karakter baik yang diajarkan Rasulullah. Inilah sebenarnya yang sangat penting untuk dipahami oleh sobat cahayaislam yang sedang dalam rangka proses Hijrah.

Islam tidak datang pada kita untuk kemudian mengubah kebudayaan kita menjadi budaya timur tengah / arab – Gus Dur (K.H Abdurrahman Wahid)

Hal ini cukup krusial lho. Karena kami banyak melihat orang orang yang mengaku “Hijrah” dengan hanya serta merta mengganti busana mereka yang nampak keislam – islaman pada akhirnya tidak bertahan lama dan malah kembali ke kebiasaan lama, yakni berpakaian seksi dan terbuka. Hal ini dikarenakan memang mereka tidak bisa memahami dan meresapi sebenarnya tujuan dari perintah berpakaian syar’i itu sendiri.

***

Nah, kira kira itulah sedikit apa yang bisa kami bagi kepada sobat cahayaislam semuanya. Untuk itu marilah kita sama sama berbenah diri agar apa yang kita kenakan pada tubuh kita memang benar benar sejalan dengan akhlak dan karakter kita sebagai wanita muslimah yang di rahmati dan diridhoi oleh Allah. – Semoga bermanfaat


Catatan Kaki

[1] Q.S. An Nuur (24) ayat 31

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!