Wanita Muslimah Lebih Baik Berada Didalam Rumah

0
45
Wanita Muslimah

Ceramah Agama – Wanita adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah dengan banyak keistimewaan. Kehidupan wanita telah diatur oleh Allah melalui agama islam. Aturan yang ada dalam islam tentang wanita adalah aturan yang terbaik. Bisa dikatakan sebagai aturan terbaik karena aturan tersebut sangat berfungi untuk menjaga kehormatan wanita muslimah.

Wanita Muslimah Lebih Baik Berada Didalam Rumah

Ketika wanita muslimah mengikuti aturan yang telah Allah buat maka kehormatan wanita akan sangat terjaga. Perlu untuk diketahui oleh sobat cahaya islam, penghuni neraka ternyata didominasi oleh wanita.

Bocoran penghuni neraka ini sebaiknya dijadikan sebagai bahan renungan serta bahan untuk mewaspadai hal-hal yang dapat mengantarkan wanita pada neraka. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan wanita masuk neraka. Oleh karena itu, muslimah lebih baik jika di rumah perlu dipahami agar terhindar dari fitnah.

Salah satu perintah Allah kepada wanita muslimah adalah agar wanita tinggal dirumah dan tidak sering keluar rumah. Apabila seorang wanita sering keluar rumah biasanya akan ada banyak fitnah yang terjadi. Wanita jika keluar rumah akan dikelilingi oleh setan sehingga akan mudah untuk digoda dan juga dijadikan sebagai objek pelecehan para lelaki.

“Wanita itu aurat maka bila ia keluar rumah syaitan menyambutnya.” [1]

Ada banyak hikmah yang akan di dapatkan wanita jika tetap berada di dalam rumah. Bahkan bukan hanya untuk wanita sendiri namun juga untuk umat.

Allah telah berfirman:

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيراً

“Dan hendaklah kamu tetap tinggal di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu. Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai ahlul bait, dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.” [2]

Kesalahan wanita saat ini adalah justru sering sekali keluar rumah dengan yang bukan mahram. Ketika keluar rumah wanita sering bersolek, memakai parfum, dan tidak menutup aurat. Hal ini seperti yang dilakukan oleh orang jahiliyah yang tidak memiliki ilmu agama.

Akibat wanita sering keluar rumah dengan melakukan kebiasaan orang jahiliyah adalah ada banyak kejahatan terhadap wanita, banyaknya perzinaan, dan juga yang lainnya. Muslimah lebih utama jika di rumah memang menjadi hal yang harus disadari bahwa perintah tersebut adalah karena Allah sangat menyayangi ciptaanNya.

Lebih utama solat di rumah

Bahkan Allah juga telah memberikan penjelasan bahwa sholat wanita di rumah lebih utama dibandingkan di masjid. Hal ini seperti yang telah dijelaskan oleh Imam Ibnu Katsir rahimahullah  bahwa wanita sebaiknya tetaplah di rumah-rumah serta sebaiknya tidak keluar tanpa kebutuhan. Berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :‘Janganlah kalian melarang istri-istri dan anak-anak kalian dari masjid Allah. Namun, hendaklah mereka keluar dalam keadaan berjilbab.’ Dan dalam riwayat lain disebutkan : ‘Dan rumah mereka adalah lebih baik bagi mereka.” (TafsirAl Qur’an Al Adzim tafsir surat Al Ahzab ayat 33)

Jika seorang muslimah hendak ke masjid atau keluar karena ada urusan pastikan untuk selalu mengenakan jilbab yang menutupi dada dan diusahakan panjang hingga ke bawah pinggang. Jilbab difungsikan sebagai menutup aurat yang sempurna dan bukan hanya sebagai hiasan kepala saja. Namun pada jaman sekarang ini, jilbab justru dijadikan sebagai tren mode dan bahkan ada yang hingga hilang esensi dan fungsinya. Penting bagi muslimah untuk belajar agama dan memahami jika muslimah lebih utama jika di rumah.

Tanggung jawab terbesar wanita adalah rumah tangga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

كلكم راع، وكلكم مسئول عن رعيته، فالأمير راع، وهو مسئول عن رعيته، والرجل راع على أهل بيته، وهو مسئول عنهم، والمرأة راعية على بيت بعلها وولده، وهي مسئولة عنهم، والعبد راع على مال سيده، وهو مسئول عنه، فكلكم راع مسئول عن رعيته

“Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Pemimpin negara adalah pemimpin dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang wanita adalah pemimpin bagi anggota keluarga suaminya serta anak-anaknya dan ia akan ditanya tentang mereka. Seorang budak adalah pemimpin atas harta tuannya dan ia akan ditanya tentang harta tersebut. Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya.” [3]

Wanita yang sudah menikah memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap keluarganya. Seperti dalam sabda Rasulullah SAW tersebut jika istri adalah pemimpin yang mendapatkan amanah untuk menjaga di rumah suami dan di akhirat nanti akan di tanya dan dimintai pertanggung jawabannya.

Wanita solehah akan sangat paham mengenai muslimah lebih utama jika di rumah dan juga berusaha untuk mentaati suaminya. Sobat cahay silam juga sebaiknya lebih banyak belajar mengenai adab yang harus dijaga oleh wnaita agar nantinya terhindar dari fitnah dan bukan menjadi salah satu penghuni neraka.


Catatan Kaki

[1] HR. Tirmidzi 1183, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Irwaul Ghalil 273

[2] Q.S. Al Ahzab (33) ayat 33

[3] H.R. Bukhari 893 dan Muslim 1829

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!