Wanita Hebat Zaman Rasulullah Ini Patut Jadi Teladan Muslimah

0
1366
Wanita Hebat Zaman Rasulullah

Wanita Hebat Zaman Rasulullah – Zaman Rasulullah adalah kebangkitan agama islam yang pertama. Tidak heran pada zaman ini banyak sahabat-sahabat Rasulullah yang memiliki keimanan sangat tinggi. Tidak terkecuali dari kalangan-kalangan wanita hebat zaman Rasulullah.

Pada zaman itu, para sahabat rela melakukan apa saja untuk membuktikan keimannya. Tidak jarang mereka mempertaruhkan nyawa, sebagai bukti penghambaannya pada Allah dan mempercayai utusan Allah.

Kalangan para wanita juga tidak mau kalah dengan sahabat laki-laki untuk membuktikannya. Sampai-sampai sikapnya patut dijadikan teladan bagi umat islam, khususnya para muslimah. Lalu, siapa saja kah wanita hebat zaman Rasulullah? Kita akan membahasnya lebih lengkap di bawah ini.

Wanita Hebat Zaman Rasulullah

1.       Khadijah binti Khuwalid

Wanita Hebat Zaman Rasulullah

Siapa yang tidak kenal dengan sosok muslimah satu ini. Beliau merupakan cinta pertama sekaligus istri pertama Rasulullah. Beliau lahir dari kalangan keluarga yang kaya raya, sangat dihormati dan terpandang di suku Qurays.

Ayahnya, Khuwalid memberikan pendidikan yang cukup kepada putrinya sehingga Khadijah menjadi pengusaha yang kaya raya pada zamannya.

Ali RA berkata; “Aku mendengar Nabi SAW bersabda, sebaik-baik wanita di dunia dalam masanya adalah Maryam binti Imran dan sebaik-baik wanita dalam masanya adalah Khadijah RA.” HR Bukhori dan Muslim no.1573).

Sebelum menjadi istri Rasulullah, Khadijah sempat mempekerjakan Nabi Muhammad di tempat usaha miliknya. Setelah itu, Khadjah pun memutuskan diri ingin menjadi istri dari Nabi Muhammad.

 Setelah yakin dengan keinginan hatinya, Khadijah pun menjadikan Nafisah binti Munyah untuk menjadi perantaranya dan menyampaikan lamarannya pada Rasulullah.

Masyarakat Qurays mengenal Khadjah memiliki sikap jujur, berilmu, memiliki budi yang luhur, dan memiliki kepribadian yang baik. Ia juga dikenal sebagai orang yang menyukai kemajuan dan selalu berinovasi.

Ia sangat berperan penting dalam perjalanan dakwah Rasulullah, menyumbangkan seluruh hartanya dan menjadi golongan pertama yang masuk islam.

Abu Hurairah RA berkata, “Malaikat Jibril mendatangi Nabi SAW lalu berkata, wahai Rasulullah ini Khadijah datang membawa bejana berisi lauk pauk atau makanan atau minuman. Bila nanti ia telah menjumpaimu, sampaikan salam dari Rabb-Nya dan dari ku dan berilah kabar gembira kepadanya dengan rumah di surga yang terbuat dari bambu mutiara yang didalamnya tidak ada suara hiruk-pikuk dan kelelahan.” (HR Bukhori dan Muslim No. 1575).

2.       Fatimah binti Muhammad

Wanita Hebat Zaman Rasulullah

Fatimah merupakan anak perempuan nabi Muhammad dengan Khadijah. Beliau memiliki sikap yang lemah lembut, penyayang, dan baik hati seperti ibunya. Kemudian kecerdasannya dalam berpikir menurun dari ayahnya, Rasulullah.

Sejak kecil ia didik dan diajarkan tentang realitas dalam agama islam. Oleh sebab itu, putri Rasulullah ini sangat cerdas dan juga beriman. Ia pun dikenal masyarakat sebagai Sahdah, Sang Penulis.

3.       Aisyah RA

Selanjutnya Aisyah binti Abu Bakar. Ia merupakan istri nabi yang paling muda usianya kala itu. Tidak hanya itu, ia dikenal sebagai ummul mukmin atau ibunya dari orang-orang mukmin. Ia dinikahi oleh Rasulullah atas petunjuk dari Allah.

“Aku melihat dirimu dalam mimpi dua kali, yaitu aku melihat (rupa) mu di sehelai sutra, dan seseorang berkata: Inilah istrimu, maka bukalah (wajah)nya. Ternyata dia adalah dirimu. Maka aku berkata: Jika ini adalah (pemberian) dari sisi Allah, maka Dia akan melaksanakannya.” (HR. Bukhori No.3706)

 Betapa mulia kedudukannya di sisi Allah dan Rasulullah. Pada masanya, Aisyah juga mampu menguasai 3 keilmuan sekaligus, seperti ilmu kedokteran, ilmu fiqh dan ilmu syair. Aisyah juga mampu menghafal banyak hadits-hadits yang disampaikan oleh Rasulullah.

4.       Nusyaba binti Ka’ab Al-Mazney

Ia juga merupakan wanita hebat yang ada pada zaman Rasulullah. Ia bahkan meminta kepada Nabi untuk ikut ke medan perang, untuk memberikan layanan medisnya selama perang Uhud berlangsung.

Tidak hanya mengobati para tentara yang terluka, ia juga menyediakan air untuk meredakan rasa haus ketika perang berlangsung.

Wanita-wanita hebat zaman nabi terbilang banyak. Sobat Cahaya Islam,  sebagai muslimah kita patut memilih idola atau panutan yang tepat. Misalnya dengan mengidolakan beberapa wanita hebat zaman Rasulullah di atas. Wallahu’alam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY